Mata Kuliah Yang Tesedia

PENDIDIKAN AGAMA
Kasman yunus

PENDIDIKAN AGAMA

Mata Kuliah Pendidikan Agama merupakan salah  satu mata kuliah umum yang diajarkan pada Fakultas Keperawatan  Universitas Malikussaleh Lhokseumawe. Pendidikan Agama berperan penting sebagai mengendalikan sikap dan perilaku kehidupan manusia khususnya mahasiswa maupun sebagai landasan etika, moral dan akhlak dalam melaksanakan pembangunan nasional. Mata kuliah Pendidikan Agama diajarkan pada  semester 1 (satu) berbobot 3 SKS, yang selalu berupaya memberikan gambaran tentang konsep dan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pendidikan tinggi Pendidikan  Agama masuk dalam kelompok Mata Kuliah Umum (MKU) yaitu mata kuliah yang wajib diikuti oleh  semua mahasiswa, yang mendukung pembentukan  struktur dan kompetensi lulusan perguruan tinggi. Dengan demikian, Pendidikan Agama Islam diarahkan untuk meningkatkan keimanan, ketakwaan dan kecerdasan lulusan perguruan tinggi sebagai manusia terdidik di Indonesia.

Dosen Pengema

HP: 085230704589

Pendidikan Pancasila
ZULKARNAIN HAMSON

Pendidikan Pancasila

MATA KULIAH Pendidikan Pancasila merupakan kurikulum wajib nasional yang masuk dalam kelompok Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU), terdiri dari; a) Mata kuliah Pendidikan Agama; b) Pendidikan Pancasila; c) Pendidikan Kewarganegaraan; dan d) Bahasa Indonesia. Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi, diharapkan dapat menjadi wahana pembelajaran bagi mahasiswa untuk mengkaji Pancasila secara akademik, dan menjadikan Pancasila sebagai perspektif untuk mengkaji, menganalisis, memecahkan masalah-masalah bangsa dan negara.

Tutorial Spada
Risma HarisGafur Jamada, S.Kom, MT.Rahmawati Lakahenni zainal

Tutorial Spada

Tutorial Spada dengan platform moodle untuk para dosen/pengajar UIT

FILSAFAT
Lutfi -

FILSAFAT

Mata kuliah ini bertujuan untuk ada pemahaman mahasiswa tentang (1) memahami berbagai cara memperoleh pengetahuan, kemampuan dan keterampilan ilmiah dengan menerapkan penalaran filosofis dan kritis-logis;(2) tidak mengabaikan keterbatasan ilmu dan metode-metode ilmiah dan batasan batasan moral dan sosialnya dalam memperoleh dan memanfaatkan pengetahuan. Mata Kuliah Filsafat Ilmu mencakup pembahasan tentang ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu dalam konstelasi berbagai pengetahuan lainnya, serta perkembangan pengetahuan ilmiah. Pembahasan tentang ontologi ilmu difokuskan pada unsur realitas empirik (empiricism) seperti fakta, data, dan informasi tanpa melepaskannya dari realitas rasional (rationalism), serta kedudukannya dalam kegiatan ilmiah. Epistemologi ilmu difokuskan pada metode ilmiah dan operasionalisasinya dalam metodologi penelitian. Aksiologi ilmu membahas nilai-nilai yang terkait dengan kegiatan keilmuan baik secara internal, eksternal, maupun sosial.

Biopsikologi I
ANDI RESVI

Biopsikologi I

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian dasar tentang konsep biologi, faal sel, pertukaran energi, daya tahan dan daya tanggap tubuh, prinsi pevolusi dan adaptasi, genetika dan penyimpangannya serta membahas bagaimana peran biologi dalam psikologi agar mahasiswa mengetahui dan memahami fungsi manusia secara utuh terutama kaitan antara aspek biologi, psikologi dan sosial.

Pendidikan Kewarganegaraan
ZULKARNAIN HAMSON

Pendidikan Kewarganegaraan

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mendapatkan arti pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan dikarenakan sebagai kelompok Mata kuliah Institusional berfungsi sebagai: 

  1. Orientasi mahasiswa dalam memantapkan wawasan dan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi, kesadaran hukum, penghargaan atas keragamaan dan partisipasinya membangun bangsa berdasar Pancasila. 
  2. Sesuai dengan fungsinya, Pendidikan Kewarganegaraan menyelenggarakan pendidikan kebangsaan, demokrasi, hukum, multikulural dan kewarganegaraan bagi mahasiswa guna mendukung terwujudnya warga negara yang sadar akan hak dan kewajiban, serta cerdas, terampil dan berkarakter sehingga dapat diandalkan untuk membangun bangsa.

Kewirausahaan
Gazali -

Kewirausahaan

Kewirausahaan adalah sebuah proses menciptakan sesuatu agar bisa bernilai tambah dalam ekonomi. Kewirausahaan adalah serapan dari dua frasa, wira yang artinya laki-laki atau mandiri dan usaha yang berarti sebuah kegiatan dengan mengerahkan tenaga dan pikiran untuk mencapai suatu maksud.
Kewirausahaan adalah sebuah perilaku, sikap, dan kemampuan untuk mengatur atau memanajemen sebuah usaha dan memiliki daya cipta guna memberikan pelayanan kepada konsumen, serta mendapatkan keuntungan dari aktivitas berniaga.