Manajemen

Sistem Informasi Manajemen
Ardiansyah Ali

Sistem Informasi Manajemen

Mata kuliah ini menekankan bagaimana IT dan  sebuah data informasi saling terintegrasi, yang meliputi: "sistem informasi pemasaran, sistem informasi manufaktur, sistem informasi keuangan dan sistem informasi SDM" sehingga menghasilkan data yang relevan dan terverifikasi sebagai langkah dalam pengambilan setiap keputusan. Sehingga dalam prosesnya perusahaan dapat merancang, memilih, menerapkan, dan mengelola sumber daya secara efektif dan efesien guna meningkatkan performa atau produktivitas perusahaan.

Pengantar Aplikasi Komputer
Ardiansyah Ali

Pengantar Aplikasi Komputer

Mata kuliah ini mengkaji serta memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai konsep dasar dalam aplikasi komputer. Dimana pembahasan meliputi:  pengenalan perangkat keras dan perangkat lunak pada komputer, Konfigurasi & sistem komputer, Interkonektivitas didalam jaringan computer, melakukan perhitungan dan membuat grafik pada lembar kerja (worksheet), penyusunan materi presentasi, serta melakukan kegiatan secara online (internet) dalam dunia kerja dan pendidikan pada khususnya.

ILMU ALAMIAH DASAR
NURHAEDAH -

ILMU ALAMIAH DASAR

Setelah mempelajari konsep-konsep ilmu alamiah dasar dan perkembangan penalaran manusia tentang gejala alam secara interdisipliner, sehingga mahasiswa diharapkan  mampu mengembangkan wawasan dan kepekaan terhadap lingkungan.

Dosen Pengampu Mata Kuliah IAD:

1. Drs. Ady Kurnia, MM. 

Dosen Pengampuh Mata Kuliah

2. Nurhaedah, S.E., M. Si.

Dosen Pengampuh Mata Kuliah

PERILAKU KEORGANISASIAN
JUMIATI NURDIN

PERILAKU KEORGANISASIAN

Tantangan  utama yang dihadapi oleh setiap pimpinan organisasi baik organisasi pemerintah maupun organisasi swasta adalah persoalan-persoalan dalam organisasi  yang cenderung semakin kompleks sejalan dengan berbagai karakter dan perilaku manusia  berlanjut menjadi . Oleh sebab itu seorang pimpinan sangat dituntut peranannya untuk bagaimana memahami perilaku organisasi. Perilaku organisasi hakikatnya berdasarkan pada ilmu perilaku itu sendiri yang dikembangkan dengan pusat perhatiannya pada tingkah laku manusia dalam suatu organisasi. Kerangka dasar bidang pengetahuan ini didukung paling sedikit dua komponen, yakni individu-individu yang berperilaku dan organisasi formal sebagai wadah dari perilaku tersebut. Mata Kuliah ini menyajikan tentang pengantar, sejarah dan latar belakang perilaku organisasi, kedudukan manusia dalam organisasi, prilaku individu dalam organisasi, prilaku kelompok dalam organisasi, persepsi dan komunikasi, kepemimipinan dan kekuasaan, nilai, sikap dan kepuasan kerja, motivasi dalam organisasi, budaya organisasi, dan perubahan serta pengembangan organisasi.


METODE PENELITIAN KEUANGAN
ABDUL HAFID S.Pd., M.Pd

METODE PENELITIAN KEUANGAN

Mata kuliah ini membahas berbagai aspek tentang penelitian ilmiah. Cakupan bahasan dalam metode penelitian mencakup Sifat Metode Ilmiah, Jenis-Jenis Penelitian, Proses dan Masalah Penelitian, Telaah Pustaka, Teori dan Konsep dalam Penelitian, Data, Variabel dan Pengukuran Variabel, Hipotesis Penelitian,  Populasi, Sampel, dan Metode Sampling serta cara melakuan pengolahan data penelitian dan penyajian data penelitian.

 


Manajemen Keuangan
Dr. NISMA IRIANI SE., M.Si.

Manajemen Keuangan

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswa untuk pengelolaan keuangan perusahaan (corporate finance) dalam rangka mencapai tujuan utama manajemen keuangan yaitu memaksimalkan nilai perusahaan. Materi yang dibahas dalam matakuliah ini terdiri bagian. Bagian pertama berfokus pada konsep dan manajemen keuangan, konsep yang mencakup nilai waktu uang, arus kas dan laporan serta rasio keuangan, konsep pasar dan institusi keuangan serta memahami tingkat bunga. Bagian selanjutnya berisi analisis surat berharga berupa penilaian obligasi, tingkat pengembalian dan resiko saham serta penilaian saham, menghitung biaya modal perusahaan serta menganalisis penganggaran modal.


Manajemen Koperasi
supiati SE.,MM.

Manajemen Koperasi

Manajemen Koperasi  merupakan mata kuliah yang diharapkan mampu meningkatkan kompetensi dan pengetahuan mahasiswa mengenai peraturan dan perkembangan koperasi di Indonesia. Mahasiswa mampu memahami mekanisme kerja koperasi, sumber-sumber modal koperasi, efek-efek ekonomis dari koperasi, peranan koperasi di dalam pasar dan pembangunan koperasi di Indonesia. Mahasiswa diberikan pembekalan agar memiliki kemampuan praktis serta wawasan yang luas mengenai perekonomian Koperasi Indonesia.

 


BAHASA INGGRIS EKONOMI
Suci Ayu Kurniah P

BAHASA INGGRIS EKONOMI

Mata kuliah ini merupakan pengantar Bahasa Inggris dasar untuk berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan, dan untuk memahami teks-teks yang berkaitan khusus dengan perekonomian dan bisnis. Materi difokuskan pada peningkatan keterampilan berbahasa lisan dan tulisan, serta penguasaan language knowledge, seperti grammar, kosakata, dan pronunciation. Dalam mata kuliah ini, siswa diharapkan mampu memberikan presentasi mengenai satu topik yang diminati, menganalisis aspek bahasa dalam sebuah teks, memahami teks bacaan, membuat sebuah tulisan (cover letter, email, memo, laporan, dan sebagainya), dan menggunakan kosakata dengan tepat.

Capaian Pembelajaran yaitu kemampuan komunikasi baik secara lisan maupun tulisan, dan untuk memahami teks-teks yang berkaitan khusus dengan perekonomian dan bisnis dalam bahasa Inggris

PERTEMUANPEMBAHASAN
1UNIT 1: INTRODUCTION
2UNIT 2: DESCRIBING COLLEAGUES
3UNIT 3: WORK AND LEISURE
4UNIT 4: BUSINESS PEOPLE
5UNIT 5: JOBS
6UNIT 6: COVER LETTER
7UNIT 7 : CV
8MIDTERM TEST
9UNIT 8: COMPANY
10UNIT 9: PRODUCT
11UNIT 10: MARKETING
12UNIT 11: PRESENTATION SKILL
13UNIT 12: PRACTICE
14UNIT 13: STATISTICS AND TRENDS
15UNIT 14: REVIEW
16FINAL TEST


Matematika Ekonomi Dan Bisnis
Rosdiana, SE., MM.

Matematika Ekonomi Dan Bisnis

Matakuliah ini mendalami, memperluas, memperlancar dan melahirkan penggunaan matematika sebagai  dasar untuk analisis dalam manajemen   dan akuntansi dengan pokok bahasan mengenai deret, fungsi, diferensial, nilai exterim,  integral, matrik  dan detrminan dalam  bidang bisnis. Selanjutnya  mata kuliah ini  akan  menganalisis  penggunaan matematika  dalam  ilmu ekonomi  dengan melibatkan variabel-variabel     ekonomi mikro.  Digunakan untuk menjelaskan hubungan  fungsional  secara matematis,  kemudian dalam aplikasinya, misalnya menggunakan   fungsi keuntungan,  investasi dan pengembangan usaha. Pembahasan dalam  mata  kuliah  ini selalu dimulai dengan matematika  murni  kemudian penerapannya.