
PENGANTAR AKUNTANSI II
Mata kuliah ini membahas pengendalian intern atas kas dan prinsip-prinsip kas, laporan rekonsiliasi bank, akuntansi atas piutang, akuntansi aktiva berwujud dan aktiva tidak berwujud, akuntasi untuk hutang lancar dan pelaporannya.
Dosen PJ: Irmah Halimah Bachtiar, SE.,M.Si
No. Hp : 085299979809
Dosen Mitra: Nursyam Ar, SE.,M.Si
No. Hp: 08124170510

MANAJEMEN PERBANKAN SYARIAH
Ekonomi dalam Islam adalah ilmu yang mempelajari segala prilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dengan tujuan memperoleh falah (kedamaian & kesejahteraan dunia-akhirat).
Prilaku manusia disini berkaitan dengan landasan-landasan syariat sebagai rujukan berprilaku dan kecenderungan-kecenderungan dari fitrah manusia. Dan dalam ekonomi Islam, kedua hal tersebut berinteraksi dengan porsinya masing-masing hingga terbentuklah sebuah mekanisme ekonomi yang khas dengan dasar-dasar nilai Ilahiyah.
Jenis Aktifitas Ekonomi Islam
Jual-beli merupakan aktifitas pertukaran barang dalam rangka saling memenuhi kebutuhan, selain transaksi jual beli langsung, Islam memiliki bentuk-bentuk jual beli; murabahah, ijarah, rahn istisna dan salam.
Investasi merupakan usaha bersama (dua pihak atau lebih) dalam aktifitas produksi, bentuk investasi dalam Islam; mudharabah & musyarakah.
Aktifitas sosial adalah aktifitas yang menjamin berlangsungnya perputaran harta khususnya pemberian kesempatan pada para individu yang tidak memiliki akses ekonomi menggunakan meknisme sukarela (voluntary). Instrumen yang digunakan seperti infaq, shadaqah, wakaf, hibah dan hadiah.
Regulasi merupakan aktifitas penjaminan perputaran harta yang bersifat mengikat yang dijalankan oleh negara menggunakan kewenangan hukumnya. Instrumen yang digunakan yaitu zakat, kharaj, ushr, khums, dan jizyah
Sistem Perbankan di Indonesia diatur dalam UU No.7 Tahun 1992 (diubah dengan UU No.10 Tahun 1998), bahwa perbankan di Indonesia terdiri dari 2 jenis:
1. Bank Umum (BU)/ BUS
2. Bank Perkreditan Rakyat (BPR)/ BPRS
Kedua jenis bank tersebut melaksanakan kegiatan konvensional atau syariah.

Pengantar Akuntansi II
Mata kuliah ini membahas pengendalian intern atas kas dan prinsip-prinsip kas, laporan rekonsiliasi bank, akuntansi atas piutang, akuntansi aktiva berwujud dan aktiva tidak berwujud, akuntasi untuk hutang lancar dan pelaporannya.
Dosen PJ: Irmah Halimah Bachtiar, SE.,M.Si
No. Hp : 085299979809
Dosen Mitra: Nursyam Ar, SE.,M.Si
No. Hp: 08124170510

Kewirausahaan
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang Konsep Ruang Lingkup Kewirausahaan, Ide Kreatifitas dan inovasi dalam kewirausahaan, Membedakan UMKM & Profile Perusahaan di Indonesia. Mengenal fungsi dan tujuan merek, Branding, tahapan Recruitment, penyusunan Proposal Produk, Pengembangan SDM dengan beberapa metode, Produk Inovatif dan kreatif, Kurasi Produk, Kurasi Packaging, menentukan harga jual dan perhitungan Hpp Produk, menentukan respon pasar,minat dan ketertarikan pangsa pasar melalui Pameran Produksi.

PEREKONOMIAN INDONESIA
Mata kuliah ini mempelajari berbagai konsep dasar dan ruang lingkup Perekonomian Indonesia dan aspek terpenting dalam perkembangan makro ekonomi Indonesia. Pembahasannya didasarkan pada data dan perkembangan variabel makro ekonomi Indonesia dar masa lalu hingga paling mutakhir, yang meliputi Sejarah Perkembangan Perekonomian, Sistem Perekonomian, Pendapatan Nasional, Struktur Ekonomi, Indeks Pembangunan MAnusia, Investasi dan Konsumsi, Perdagangan LN & Neraca pembayaran, Perkembangan sektor Industri dan Pertanian, Perkembangan Usaha kecil dan Koperasi, Demokrasi dan Globalisasi Ekonomi.

Manajemen Koperasi
Manajemen Koperasi merupakan mata kuliah yang membekali pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dengan mengedepankan penguasaan topik utama yaitu, 1. Konsep, Aliran dan Sejarah Koperasi; 2. Pengertian dan Prinsip Koperasi; 3. Organisasi dan Manejemen; 4. Tujuan dan Fungsi Koperasi; 5.Sisa Hasil Usaha; 6. Pola Manajemen Koperasi; 7. Jenis dan Bentuk Koperasi ;8. Permodalan Koperasi ; 9. Evaluasi Keberhasilan Koperasi Dilihat Dari Sisi Anggota; 10. Evaluasi Keberhasilan Koperasi Dilihat dari Sisi Perusahaan ;11. Produktivitas dan Analisis Laporan Keuangan Koperasi ; 12. Peranan Koperasi ; 13. Pembangunan Koperasi.

DASAR-DASAR PEMASARAN
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang Konsep
Dasar Pemasaran, Lingkungan Pemasaran, Mengalisis Peluang Pasar, Memahami
Perilaku Konsumen, Segmentasi, Targeting, Positioning, bagaimana tentang
Kebijakan Produk, Kebijakan Harga, Kebijakan Promosi, Kebijakan Distribusi,
serta pemahaman tentang Pemasaran Internasional.

MANAJEMEN RESIKO
Risiko berkaitan dengan kondisi terjadinya deviasi yang menyebabkan kerugian. Dalam dunia
usaha, kondisi ini senantiasa ada dan menuntut perhatian manajemen untuk mengelolanya
dengan tepat. Inti pembahasan Manajemen risiko meliputi identifikasi atas risiko yang ada,
mengukur beratnya risiko, dan menanganinya dengan pendekatan / strategi tertentu. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep risiko
dan manajemen risiko, mengidentifikasi, mengukur, dan mengendalikan risiko baik ditangani
sendiri maupun dialihkan pada pihak lain

MANAJEMEN PEMASARAN

PENGANTAR MANAJEMEN
Mata Kuliah ini memperkenalkan tentang konsep dasar manajemen, perencanaan, pengorganisasian, motivasi dan kepemimpinan serta sistem informasi manajemen yang fungsinya untuk pencapaian tujuan.

Manajemen Keuangan
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswa untuk pengelolaan keuangan perusahaan (corporate finance) dalam rangka mencapai tujuan utama manajemen keuangan yaitu memaksimalkan nilai perusahaan. Materi yang dibahas dalam matakuliah ini terdiri bagian. Bagian pertama berfokus pada konsep dan manajemen keuangan, konsep yang mencakup nilai waktu uang, arus kas dan laporan serta rasio keuangan, konsep pasar dan institusi keuangan serta memahami tingkat bunga. Bagian selanjutnya berisi analisis surat berharga berupa penilaian obligasi, tingkat pengembalian dan resiko saham serta penilaian saham, menghitung biaya modal perusahaan serta menganalisis penganggaran modal.

Manajemen Keuangan
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswa untuk pengelolaan keuangan perusahaan (corporate finance) dalam rangka mencapai tujuan utama manajemen keuangan yaitu memaksimalkan nilai perusahaan. Materi yang dibahas dalam matakuliah ini terdiri bagian. Bagian pertama berfokus pada konsep dan manajemen keuangan, konsep yang mencakup nilai waktu uang, arus kas dan laporan serta rasio keuangan, konsep pasar dan institusi keuangan serta memahami tingkat bunga. Bagian selanjutnya berisi analisis surat berharga berupa penilaian obligasi, tingkat pengembalian dan resiko saham serta penilaian saham, menghitung biaya modal perusahaan serta menganalisis penganggaran modal.

Ilmu Alamiah Dasar
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar menjadi peletak dasar-dasar Ilmu Pengetahuan Alam sehingga mahasiswa memiliki wawasan yang luas dan matang tentang metode ilmiah dan ilmu pengetahuan secara umum. Mata kuliah ini mencakup:
1) Latar belakang konsep IAD dalam kehidupan,
2) Alam pikiran manusia dan perkembangannya,
3) Perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam,
4) Pengetahuan tentang bumi dan alam semesta,
5) Keanekaragaman makhluk hidup dan persebarannya,
6) Wawasan tentang makhluk hidup dan dan ekosistem,
7) Sumber daya alam dan lingkungan, dan
8) Hubungan antara ilmu pengetahuan dan teknologi dan kehidupan manusia.

Manajemen Keuangan
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswa untuk pengelolaan keuangan perusahaan (corporate finance) dalam rangka mencapai tujuan utama manajemen keuangan yaitu memaksimalkan nilai perusahaan. Materi yang dibahas dalam matakuliah ini terdiri bagian. Bagian pertama berfokus pada konsep dan manajemen keuangan, konsep yang mencakup nilai waktu uang, arus kas dan laporan serta rasio keuangan, konsep pasar dan institusi keuangan serta memahami tingkat bunga. Bagian selanjutnya berisi analisis surat berharga berupa penilaian obligasi, tingkat pengembalian dan resiko saham serta penilaian saham, menghitung biaya modal perusahaan serta menganalisis penganggaran modal.