Fakultas Keperawatan

KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH I
NILAM FITRIANI DAI -

KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH I

Nama Mata Kuliah   :   Keperawatan Medikal Bedah I

Kode Mata Kuliah    :   IK437

Beban Studi               :   4 (T:3, P:1, PL:0)

Dosen                          :  

1.      Nur qamaraiah, S.Kep.Ns.,M.Kes

2.      Nilam Fitriani Dai, S.Kep.Ns.,M.Kes

Deskripsi Mata Kuliah :

Fokus mata ajar ini adalah pada pemenuhan kebutuhan klien dewasa dengan gangguan pemenuhan kebutuhan oksigenasi, sirkulasi dan hematologi.  Pemberian asuhan keperawatan pada kasus gangguan pernapasan, kardiovaskuler,dan hematologi berdasarkan proses keperawatan dengan mengaplikasikan ilmu biomedik seperti biologi, histologi, biokimia,anatomi, fisiologi, patofisiologi, ilmu keperawatan medikal bedah, ilmu penyakit dalam, farmakologi, nutrisi, bedah dan rehabilitasi. Gangguan system tersebut meliputi  gangguan peradangan, kelainan degenerative, keganasan dan  trauma, yang termasuk dalam 10 kasus terbesar baik  lokal, regional, nasional dan internasional. Lingkup bahasan mulai dari pengkajian sampai dengan evaluasi asuhan terhadap klien.  Intervensi keperawatan  meliputi terapi Modalitas Keperawatan pada berbagai kondisi termasuk terapi komplementer. Proses pembelajaran dilakukan melalui kuliah pakar, collaborative learning  (CL) dan  Belajar Berdasarkan Masalah (BDM),dan praktik laboratorium.

CapaianPembelajaran:

Bila diberi data/kasus/artikel mahasiswa mampu :

1.        Melakukan simulasi asuhan keperawatan dengan kasus gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa dengan memperhatikan aspek legal dan etis.

2.        Melakukan simulasi pendidikan kesehatan dengan kasus gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa dengan memperhatikan aspek legal dan etis.

3.        Mengintegrasikan hasil-hasil penelitian kedalam asuhan keperawatan dalam mengatasi masalah sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi

4.        Melakukan simulasi pengelolaan asuhan keperawatan pada sekelompok klien dengan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa dengan memperhatikan aspek legal dan etis

5.        Melaksanakan fungsi advokasipada  kasus dengan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologipada klien dewasa

6.        Mendemonstrasikan intervensi keperawatan pada  kasus dengan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa sesuai dengan standar yang berlaku dengan berfikir kreatif dan inovatif sehingga menghasilkan pelayanan yang efisien dan efektif.


No

CapaianPembelajaran Mata Kuliah

Pokok Bahasan

Metoda

1

Melakukan simulasi asuhan keperawatan dengan kasus gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa dengan memperhatikan aspek legal dan etis.

Anatomi, fisiologi, fisika dan biokimia terkait sistem pernafasan, sistem kardiovaskular, sistem hematologi.

Patofisiologi, farmakologi dan terapi diet  pada  gangguan  sistem pernafasan (TB Paru, kanker paru, asma, PPOK); gangguan  sistem kardiovaskuler (hipertensi, penyakit jantung coroner, gagal jantung);  gangguan  sistem hematologi (anemia, leukemia).

Asuhan keperawatan (pengkajian, analisa data, diagnosis  keperawatan, intervensi, implementasi dan  evaluasi secara komprehensif meliputi bio-psiko-sosio-spiritual) sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi

Case study, SGD, Project Based learning (PjBL),Discovery learning (DL)

2

Melakukan simulasi pendidikan kesehatan dengan kasus gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa dengan memperhatikan aspek legal dan etis

 

Pendidikan kesehatanpada masalah gangguan sistem pernafasan kardiovaskular dan hematologi

Pencegahan primer, sekunder dan tersier pada masalah gangguan sistem pernafasan, kardiovaskular dan hematologi

Persiapan, pelaksanaan dan paska pemeriksaan diagnostik dan laboratoriumpada masalah gangguan sistem pernafasan, kardiovaskular dan hematologi

SGD, Project Based learning (PjBL), Lab skills

3

Mengintegrasikan hasil-hasil penelitian kedalam asuhan keperawatan dalam mengatasi masalah sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi

Hasil-hasil penelitian tentang penatalaksnaan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi

Trend dan issue terkait gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi

SGD, Discovery learning (DL), Telaah jurnal,

4

Melakukan simulasi pengelolaan asuhan keperawatan pada sekelompok klien dengan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa dengan memperhatikan aspek legal dan etis

Manajemen kasus pada gangguan sistem pernafasan

Manajemen kasus pada gangguan sistem kardiovaskuler

Manajemen kasus pada gangguan sistem hematologi

Case study, SGD

5

Melaksanakan fungsi advokasipada  kasus dengan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologipada klien dewasa

Peran dan fungsi perawat

Fungsi advokasiperawat pada  kasus dengan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologipada klien dewasa

 

Case study,

Discovery Learning (DL), SGD,

6

Mendemonstrasikan intervensi keperawatan pada  kasus dengan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa sesuai dengan standar yang berlaku dengan berfikir kreatif dan inovatif sehingga menghasilkan pelayanan yang efisien dan efektif.

 

Intervensi keperawatan pada sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi

Pemasangan infuse

Terapi  intra vena

Perekaman dan interpretasi EKG

Nebulisasi/terapi inhalasi

Teknik Fisioterapi dada

Teknik postural drainage

Prosedur Suctioning

Terapi O2

Perawatan WSD,

Teknik pengambilan darah arteri dan interpretasi Analisa Gas Darah

Perawatan Trakheostomi

Tourniquet test

Transfusi

Case study,

Discovery Learning (DL) Demontrasi, Lab skills

 

Daftar Rujukan:

Ackley, B. J. & Ladwig, G. B. (2013). Nursing Diagnosis Handbook: An Evidence-Based Guide to Planning Care, 10th edition. Mosby: Elsevier Inc.

Barber B, Robertson D, (2012).Essential of Pharmacology for Nurses, 2nd edition, Belland Bain Ltd, Glasgow

Black J.M., Hawks J.H. (2014). Keperawatan Medikal Bedah: Manajemen Klinis untuk Hasil yang Diharapkan  (3-vol set). Edisi Bahasa Indonesia 8. Singapore: Elsevier (S) Pte Ltd.

Bulechek, G. M. & Butcher, H. K.  McCloskey Dochterman, J. M. & Wagner, C. (2012). Nursing Interventions Classification (NIC), 6e.Mosby: ElsevierInc.

Dudek,S. G. (2013). Nutrition Essentials for Nursing Practice, 7th. Lippincott: William Wilkins

Grodner M., Escott-Stump S., Dorner S. (2016) Nutritional Foundations and Clinical Applications: A Nursing Approach. 6th edition. St. Louis: Mosby Elsevier

Johnson, M., Moorhead, S., Bulechek, G. M., Butcher, H. K., Maas, M. L. & Swanson, S.  (2012).NOC and NIC Linkages to NANDA-I and Clinical Conditions: Supporting Critical Reasoning and Quality Care, 3rd edition.Mosby:ElsevierInc.

Huether S.E. and McCance K.L. (2016) Understanding Pathophysiology. 6th edition. Mosby: Elsevier Inc.

Lewis S. L., Dirksen S. R., Heitkemper M. M., Bucher L. (2014). Medical Surgical Nursing, Assessment and Management of Clinical Problems.. 9th edition. Mosby: Elsevier Inc.

Lynn P. (2011). Taylor's Handbook of Clinical Nursing Skill, China: Wolter Kluwer Health

Madara B, Denino VP, (2008). Pathophysiology; Quick Look Nursing, 2nd ed. Jones and Barklet Publisher, Sudbury

McCance, K.L. & Huether, S. E. (2013). Pathophysiology: The Biologic Basis for Disease in Adults and Children, 7th edition. Mosby:Elsevier Inc.

McCuistion L.E., Kee, J.L. and Hayes, E.R. (2014). Pharmacology: A Patient-Centered Nursing process approach. 8th ed. Saunders: Elsevier Inc

Moorehead, S., Johnson, M., Maas, M.L. & Swanson, E. (2012). Nursing Outcomes Classification (NOC): Measurement of Health Outcomes. 5th edition. Mosby: Elsevier Inc.

Nanda International. (2014). Nursing Diagnoses 2015-17: Definitions and Classification (Nanda International). Philladelphia: Wiley Blackwell

Silverthorn, D. U. (2012). Human Physiology: An Integrated Approach (6th Edition) 

Skidmore-Roth, Linda (2009). Mosby's 2009 nursing drug reference Toronto : Mosby

Waugh A., Grant A., Nurachmah E., Angriani R. (2011). Dasar-dasar Anatomi dan Fisiologi Ross dan    Wilson. Edisi Indonesia 10. Elsevier (Singapore) Pte Ltd.

Waugh A., Grant A. (2014). Buku Kerja Anatomi dan Fisiologi Ross and Wilson. Edisi Bahasa     Indonesia 3. Churchill Livingstone: Elsevier (Singapore) Pte.Ltd.

 

 

 

 

 

 


Promosi Kesehatan dan Pendidikan Kesehatan
MARHTYNI -

Promosi Kesehatan dan Pendidikan Kesehatan

Mata kuliah ini membahas tentang konsep teoritis pendidikan dan promosi kesehatan bagi klien, konsep dan teori belajar mengajar, konsep dan teori promosi kesehatan, pengembangan program pendidikan kesehatan bagi klien.