
KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH I
Nama Mata Kuliah : Keperawatan Medikal Bedah I
Kode Mata Kuliah : IK437
Beban Studi : 4 (T:3, P:1, PL:0)
Dosen :
1. Nur qamaraiah, S.Kep.Ns.,M.Kes
2. Nilam Fitriani Dai, S.Kep.Ns.,M.Kes
Deskripsi Mata Kuliah :
Fokus mata ajar ini adalah pada pemenuhan kebutuhan klien dewasa dengan gangguan pemenuhan kebutuhan oksigenasi, sirkulasi dan hematologi. Pemberian asuhan keperawatan pada kasus gangguan pernapasan, kardiovaskuler,dan hematologi berdasarkan proses keperawatan dengan mengaplikasikan ilmu biomedik seperti biologi, histologi, biokimia,anatomi, fisiologi, patofisiologi, ilmu keperawatan medikal bedah, ilmu penyakit dalam, farmakologi, nutrisi, bedah dan rehabilitasi. Gangguan system tersebut meliputi gangguan peradangan, kelainan degenerative, keganasan dan trauma, yang termasuk dalam 10 kasus terbesar baik lokal, regional, nasional dan internasional. Lingkup bahasan mulai dari pengkajian sampai dengan evaluasi asuhan terhadap klien. Intervensi keperawatan meliputi terapi Modalitas Keperawatan pada berbagai kondisi termasuk terapi komplementer. Proses pembelajaran dilakukan melalui kuliah pakar, collaborative learning (CL) dan Belajar Berdasarkan Masalah (BDM),dan praktik laboratorium.
CapaianPembelajaran:
Bila diberi data/kasus/artikel mahasiswa mampu :
1. Melakukan simulasi asuhan keperawatan dengan kasus gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa dengan memperhatikan aspek legal dan etis.
2. Melakukan simulasi pendidikan kesehatan dengan kasus gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa dengan memperhatikan aspek legal dan etis.
3. Mengintegrasikan hasil-hasil penelitian kedalam asuhan keperawatan dalam mengatasi masalah sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi
4. Melakukan simulasi pengelolaan asuhan keperawatan pada sekelompok klien dengan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa dengan memperhatikan aspek legal dan etis
5. Melaksanakan fungsi advokasipada kasus dengan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologipada klien dewasa
6. Mendemonstrasikan intervensi keperawatan pada kasus dengan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa sesuai dengan standar yang berlaku dengan berfikir kreatif dan inovatif sehingga menghasilkan pelayanan yang efisien dan efektif.
No |
CapaianPembelajaran Mata Kuliah |
Pokok Bahasan |
Metoda |
1 |
Melakukan simulasi asuhan keperawatan dengan kasus gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa dengan memperhatikan aspek legal dan etis. |
Anatomi, fisiologi, fisika dan biokimia terkait sistem pernafasan, sistem kardiovaskular, sistem hematologi. Patofisiologi, farmakologi dan terapi diet pada gangguan sistem pernafasan (TB Paru, kanker paru, asma, PPOK); gangguan sistem kardiovaskuler (hipertensi, penyakit jantung coroner, gagal jantung); gangguan sistem hematologi (anemia, leukemia). Asuhan keperawatan (pengkajian, analisa data, diagnosis keperawatan, intervensi, implementasi dan evaluasi secara komprehensif meliputi bio-psiko-sosio-spiritual) sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi |
Case study, SGD, Project Based learning (PjBL),Discovery learning (DL) |
2 |
Melakukan simulasi pendidikan kesehatan dengan kasus gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa dengan memperhatikan aspek legal dan etis
|
Pendidikan kesehatanpada masalah gangguan sistem pernafasan kardiovaskular dan hematologi Pencegahan primer, sekunder dan tersier pada masalah gangguan sistem pernafasan, kardiovaskular dan hematologi Persiapan, pelaksanaan dan paska pemeriksaan diagnostik dan laboratoriumpada masalah gangguan sistem pernafasan, kardiovaskular dan hematologi |
SGD, Project Based learning (PjBL), Lab skills |
3 |
Mengintegrasikan hasil-hasil penelitian kedalam asuhan keperawatan dalam mengatasi masalah sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi |
Hasil-hasil penelitian tentang penatalaksnaan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi Trend dan issue terkait gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi |
SGD, Discovery learning (DL), Telaah jurnal, |
4 |
Melakukan simulasi pengelolaan asuhan keperawatan pada sekelompok klien dengan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa dengan memperhatikan aspek legal dan etis |
Manajemen kasus pada gangguan sistem pernafasan Manajemen kasus pada gangguan sistem kardiovaskuler Manajemen kasus pada gangguan sistem hematologi |
Case study, SGD |
5 |
Melaksanakan fungsi advokasipada kasus dengan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologipada klien dewasa |
Peran dan fungsi perawat Fungsi advokasiperawat pada kasus dengan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologipada klien dewasa
|
Case study, Discovery Learning (DL), SGD, |
6 |
Mendemonstrasikan intervensi keperawatan pada kasus dengan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa sesuai dengan standar yang berlaku dengan berfikir kreatif dan inovatif sehingga menghasilkan pelayanan yang efisien dan efektif.
|
Intervensi keperawatan pada sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi Pemasangan infuse Terapi intra vena Perekaman dan interpretasi EKG Nebulisasi/terapi inhalasi Teknik Fisioterapi dada Teknik postural drainage Prosedur Suctioning Terapi O2 Perawatan WSD, Teknik pengambilan darah arteri dan interpretasi Analisa Gas Darah Perawatan Trakheostomi Tourniquet test Transfusi |
Case study, Discovery Learning (DL) Demontrasi, Lab skills |
Daftar Rujukan:
Barber B, Robertson D, (2012).Essential of Pharmacology for Nurses, 2nd edition, Belland Bain Ltd, Glasgow
Black J.M., Hawks J.H. (2014). Keperawatan Medikal Bedah: Manajemen Klinis untuk Hasil yang Diharapkan (3-vol set). Edisi Bahasa Indonesia 8. Singapore: Elsevier (S) Pte Ltd.
Bulechek, G. M. & Butcher, H. K. McCloskey Dochterman, J. M. & Wagner, C. (2012). Nursing Interventions Classification (NIC), 6e.Mosby: ElsevierInc.
Dudek,S. G. (2013). Nutrition Essentials for Nursing Practice, 7th. Lippincott: William Wilkins
Grodner M., Escott-Stump S., Dorner S. (2016) Nutritional Foundations and Clinical Applications: A Nursing Approach. 6th edition. St. Louis: Mosby Elsevier
Huether S.E. and McCance K.L. (2016) Understanding Pathophysiology. 6th edition. Mosby: Elsevier Inc.
Lewis S. L., Dirksen S. R., Heitkemper M. M., Bucher L. (2014). Medical Surgical Nursing, Assessment and Management of Clinical Problems.. 9th edition. Mosby: Elsevier Inc.
Lynn P. (2011). Taylor's Handbook of Clinical Nursing Skill, China: Wolter Kluwer Health
Madara B, Denino VP, (2008). Pathophysiology; Quick Look Nursing, 2nd ed. Jones and Barklet Publisher, Sudbury
McCance, K.L. & Huether, S. E. (2013). Pathophysiology: The Biologic Basis for Disease in Adults and Children, 7th edition. Mosby:Elsevier Inc.
McCuistion L.E., Kee, J.L. and Hayes, E.R. (2014). Pharmacology: A Patient-Centered Nursing process approach. 8th ed. Saunders: Elsevier Inc
Moorehead, S., Johnson, M., Maas, M.L. & Swanson, E. (2012). Nursing Outcomes Classification (NOC): Measurement of Health Outcomes. 5th edition. Mosby: Elsevier Inc.
Nanda International. (2014). Nursing Diagnoses 2015-17: Definitions and Classification (Nanda International). Philladelphia: Wiley Blackwell
Silverthorn, D. U. (2012). Human Physiology: An Integrated Approach (6th Edition)
Skidmore-Roth, Linda (2009). Mosby's 2009 nursing drug reference Toronto : Mosby
Waugh A., Grant A., Nurachmah E., Angriani R. (2011). Dasar-dasar Anatomi dan Fisiologi Ross dan Wilson. Edisi Indonesia 10. Elsevier (Singapore) Pte Ltd.
Waugh A., Grant A. (2014). Buku Kerja Anatomi dan Fisiologi Ross and Wilson. Edisi Bahasa Indonesia 3. Churchill Livingstone: Elsevier (Singapore) Pte.Ltd.

Promosi Kesehatan dan Pendidikan Kesehatan
Mata kuliah ini membahas tentang konsep teoritis pendidikan dan promosi kesehatan bagi klien, konsep dan teori belajar mengajar, konsep dan teori promosi kesehatan, pengembangan program pendidikan kesehatan bagi klien.