
KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH 1
Nama Mata Kuliah : Keperawatan Medikal Bedah I
Kode Mata Kuliah : IK437
Beban Studi : 4 (T:3, P:1, PL:0)
Dosen :
1. Nur qamaraiah, S.Kep.Ns.,M.Kes
2. Nilam Fitriani Dai, S.Kep.Ns.,M.Kes
Deskripsi Mata Kuliah :
Fokus mata ajar ini adalah pada pemenuhan kebutuhan klien dewasa dengan gangguan pemenuhan kebutuhan oksigenasi, sirkulasi dan hematologi. Pemberian asuhan keperawatan pada kasus gangguan pernapasan, kardiovaskuler,dan hematologi berdasarkan proses keperawatan dengan mengaplikasikan ilmu biomedik seperti biologi, histologi, biokimia,anatomi, fisiologi, patofisiologi, ilmu keperawatan medikal bedah, ilmu penyakit dalam, farmakologi, nutrisi, bedah dan rehabilitasi. Gangguan system tersebut meliputi gangguan peradangan, kelainan degenerative, keganasan dan trauma, yang termasuk dalam 10 kasus terbesar baik lokal, regional, nasional dan internasional. Lingkup bahasan mulai dari pengkajian sampai dengan evaluasi asuhan terhadap klien. Intervensi keperawatan meliputi terapi Modalitas Keperawatan pada berbagai kondisi termasuk terapi komplementer. Proses pembelajaran dilakukan melalui kuliah pakar, collaborative learning (CL) dan Belajar Berdasarkan Masalah (BDM),dan praktik laboratorium.
CapaianPembelajaran:
Bila diberi data/kasus/artikel mahasiswa mampu :
1. Melakukan simulasi asuhan keperawatan dengan kasus gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa dengan memperhatikan aspek legal dan etis.
2. Melakukan simulasi pendidikan kesehatan dengan kasus gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa dengan memperhatikan aspek legal dan etis.
3. Mengintegrasikan hasil-hasil penelitian kedalam asuhan keperawatan dalam mengatasi masalah sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi
4. Melakukan simulasi pengelolaan asuhan keperawatan pada sekelompok klien dengan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa dengan memperhatikan aspek legal dan etis
5. Melaksanakan fungsi advokasipada kasus dengan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologipada klien dewasa
6. Mendemonstrasikan intervensi keperawatan pada kasus dengan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa sesuai dengan standar yang berlaku dengan berfikir kreatif dan inovatif sehingga menghasilkan pelayanan yang efisien dan efektif.
No |
CapaianPembelajaran Mata Kuliah |
Pokok Bahasan |
Metoda |
1 |
Melakukan simulasi asuhan keperawatan dengan kasus gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa dengan memperhatikan aspek legal dan etis. |
Anatomi, fisiologi, fisika dan biokimia terkait sistem pernafasan, sistem kardiovaskular, sistem hematologi. Patofisiologi, farmakologi dan terapi diet pada gangguan sistem pernafasan (TB Paru, kanker paru, asma, PPOK); gangguan sistem kardiovaskuler (hipertensi, penyakit jantung coroner, gagal jantung); gangguan sistem hematologi (anemia, leukemia). Asuhan keperawatan (pengkajian, analisa data, diagnosis keperawatan, intervensi, implementasi dan evaluasi secara komprehensif meliputi bio-psiko-sosio-spiritual) sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi |
Case study, SGD, Project Based learning (PjBL),Discovery learning (DL) |
2 |
Melakukan simulasi pendidikan kesehatan dengan kasus gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa dengan memperhatikan aspek legal dan etis
|
Pendidikan kesehatanpada masalah gangguan sistem pernafasan kardiovaskular dan hematologi Pencegahan primer, sekunder dan tersier pada masalah gangguan sistem pernafasan, kardiovaskular dan hematologi Persiapan, pelaksanaan dan paska pemeriksaan diagnostik dan laboratoriumpada masalah gangguan sistem pernafasan, kardiovaskular dan hematologi |
SGD, Project Based learning (PjBL), Lab skills |
3 |
Mengintegrasikan hasil-hasil penelitian kedalam asuhan keperawatan dalam mengatasi masalah sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi |
Hasil-hasil penelitian tentang penatalaksnaan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi Trend dan issue terkait gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi |
SGD, Discovery learning (DL), Telaah jurnal, |
4 |
Melakukan simulasi pengelolaan asuhan keperawatan pada sekelompok klien dengan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa dengan memperhatikan aspek legal dan etis |
Manajemen kasus pada gangguan sistem pernafasan Manajemen kasus pada gangguan sistem kardiovaskuler Manajemen kasus pada gangguan sistem hematologi |
Case study, SGD |
5 |
Melaksanakan fungsi advokasipada kasus dengan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologipada klien dewasa |
Peran dan fungsi perawat Fungsi advokasiperawat pada kasus dengan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologipada klien dewasa
|
Case study, Discovery Learning (DL), SGD, |
6 |
Mendemonstrasikan intervensi keperawatan pada kasus dengan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa sesuai dengan standar yang berlaku dengan berfikir kreatif dan inovatif sehingga menghasilkan pelayanan yang efisien dan efektif.
|
Intervensi keperawatan pada sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi Pemasangan infuse Terapi intra vena Perekaman dan interpretasi EKG Nebulisasi/terapi inhalasi Teknik Fisioterapi dada Teknik postural drainage Prosedur Suctioning Terapi O2 Perawatan WSD, Teknik pengambilan darah arteri dan interpretasi Analisa Gas Darah Perawatan Trakheostomi Tourniquet test Transfusi |
Case study, Discovery Learning (DL) Demontrasi, Lab skills |
Daftar Rujukan:
Barber B, Robertson D, (2012).Essential of Pharmacology for Nurses, 2nd edition, Belland Bain Ltd, Glasgow
Black J.M., Hawks J.H. (2014). Keperawatan Medikal Bedah: Manajemen Klinis untuk Hasil yang Diharapkan (3-vol set). Edisi Bahasa Indonesia 8. Singapore: Elsevier (S) Pte Ltd.
Bulechek, G. M. & Butcher, H. K. McCloskey Dochterman, J. M. & Wagner, C. (2012). Nursing Interventions Classification (NIC), 6e.Mosby: ElsevierInc.
Dudek,S. G. (2013). Nutrition Essentials for Nursing Practice, 7th. Lippincott: William Wilkins
Grodner M., Escott-Stump S., Dorner S. (2016) Nutritional Foundations and Clinical Applications: A Nursing Approach. 6th edition. St. Louis: Mosby Elsevier
Huether S.E. and McCance K.L. (2016) Understanding Pathophysiology. 6th edition. Mosby: Elsevier Inc.
Lewis S. L., Dirksen S. R., Heitkemper M. M., Bucher L. (2014). Medical Surgical Nursing, Assessment and Management of Clinical Problems.. 9th edition. Mosby: Elsevier Inc.
Lynn P. (2011). Taylor's Handbook of Clinical Nursing Skill, China: Wolter Kluwer Health
Madara B, Denino VP, (2008). Pathophysiology; Quick Look Nursing, 2nd ed. Jones and Barklet Publisher, Sudbury
McCance, K.L. & Huether, S. E. (2013). Pathophysiology: The Biologic Basis for Disease in Adults and Children, 7th edition. Mosby:Elsevier Inc.
McCuistion L.E., Kee, J.L. and Hayes, E.R. (2014). Pharmacology: A Patient-Centered Nursing process approach. 8th ed. Saunders: Elsevier Inc
Moorehead, S., Johnson, M., Maas, M.L. & Swanson, E. (2012). Nursing Outcomes Classification (NOC): Measurement of Health Outcomes. 5th edition. Mosby: Elsevier Inc.
Nanda International. (2014). Nursing Diagnoses 2015-17: Definitions and Classification (Nanda International). Philladelphia: Wiley Blackwell
Silverthorn, D. U. (2012). Human Physiology: An Integrated Approach (6th Edition)
Skidmore-Roth, Linda (2009). Mosby's 2009 nursing drug reference Toronto : Mosby
Waugh A., Grant A., Nurachmah E., Angriani R. (2011). Dasar-dasar Anatomi dan Fisiologi Ross dan Wilson. Edisi Indonesia 10. Elsevier (Singapore) Pte Ltd.
Waugh A., Grant A. (2014). Buku Kerja Anatomi dan Fisiologi Ross and Wilson. Edisi Bahasa Indonesia 3. Churchill Livingstone: Elsevier (Singapore) Pte.Ltd.

KONSEP DASAR KEPERAWATAN I
Nama Mata Kuliah : Konsep Dasar Keperawatan (KDK) I
Kode Mata Kuliah : IK317
Beban Studi : 3 (T:2, P:1, PL:0)
Dosen :
1. Dartiana, S.Kep.Ns.,M.Kep
2. Nilam Fitriani Dai, S.Kep.Ns.,M.Kes
3. Risnawati, S.Kep.Ns.,M.Kes
Deskripsi Mata Kuliah:
Mata kuliah ini membahas tentang konsep caring sepanjang daur kehidupan manusia, konsep pertumbuhan dan perkembangan manusia, standar profesional dalam praktik keperawatan termasuk etika keperawatan dan aspek legal dalam praktik keperawatan dan pendokumentasian asuhan keperawatan.Pengalaman belajar meliputi pembelajaran di kelas dan di laboratorium keperawatan.
Capaian Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran IKD I mahasiswa mampu :
- Menerapkan konsep ‘caring’ dalam kehidupan sehari-hari
- Menerapkan standar profesional dalam pelayanan keperawatan yang merupakan bagian integral dalam sistem pelayanan kesehatan
- Menerapkan prinsip-prinsip legal etis pada pengambilan keputusan dalam konteks keperawatan
No |
Capaian Pembelajaran |
Pokok Bahasan |
Metoda |
1 |
Menerapkan konsep ‘caring’ dalam kehidupan sehari-hari
|
1. Pengertian caring 2. Teori keperawatan tentang caring 3. Aplikasi caring dalam kehidupan sehari-hari dan praktik keperawatan 4. Perbedaan caring dan curing |
Case study Role play Lab skills
|
2 |
Menerapkan standar profesional dalam pelayanan keperawatan yang merupakan bagian integral dalam sistem pelayanan kesehatan
|
1. Pelayanan Keperawatan dalam Sistem Pelayanan Kesehatan: a. Sistem Klien b. Tingkatan pelayanan kesehatan 2. Keperawatan sebagai suatu profesi a. Peran perawat profesional b. Standar praktik keperawatan profesional 3. Interprofessional education dan interprofessional collaboration |
Mini lecture Collaborative learning |
3 |
Menerapkan prinsip-prinsip legal etis pada pengambilan keputusan dalam konteks keperawatan
|
1. Prinsip moral dan etika 2. Ethic of care 3. Kode etik keperawatan 4. Isue etik dalam praktik keperawatan 5. Prinsip-prinsip legal dalam praktik 6. Aspek hukum dalam keperawatan 7. Pelindungan hukum dalam praktik keperawatan 8. Nursing advocacy 9. Pengambilan keputusan legal etis |
Mini lecture, Case study, Small Group Discussion (SGD) Discovery Learning (DL) |
Daftar Referensi:
Aiken, T.D. (2004). Legal, Ethical, and Political Issues in Nursing. 2nd Ed. Philadelphia: F.A. Davis Company.
Bertens, K. (2002). Etika. Jakarta. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.
Beauchamp T.L.,& Childress J.F. (1994). Principles of Biomedical Ethics. New York : Oxford University Press.
Daniels. (2010). Nursing Fundamental: Caring & Clinical Decision Making. New York. Delmar Cengage Learning
Franz Magniz S. (2002). Etika Dasar, Yogyakarta: Penerbit Kanisius
Potter, P.A. &Perry ,A.G. (2010). Fundamental Keperawatan (3-vol set).EdisiBahasa Indonesia 7 Edition.Elsevier (Singapore) Pte.Ltd.
Kozier, B., Erb, G.,Berwan, A.J., & Burke,K. (2008). Fundamentals of Nursing:Concepts, Process, and Practice. New Jersey: Prentice Hall Health.
Kode Etik Perawat Indonesia
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 72 tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Nasional
Sistem Kesehatan Nasional dan Pelayanan Keperawatan, Kemenkes RI
Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 tahun 2014 tentang Keperawatan.

ILMU DASAR KEPERAWATAN 1
RANCANGAN PEMBELAJARAN
Nama mata ajar : Ilmu Dasar Keperawatan I
Fakultas : Keperawatan
SKS : 4 SKS (3 SKS Teori, 1 SKS Praktikum)
DOSEN PENGAMPU :
1. Nilam Fitriani Dai, S.Kep.Ns.,M.Kes
2. Nursyamsiah, S.Kep.Ns.,M.Kes
3. Jumarana, S.Kep.,Ns.,M.Kes
DESKRIPSI MATA AJAR
Mata kuliah ini membahas tentang berbagai mekanisme didalam tubuh manusia mulai dari tingkat sel sampai dengan tingkat organisme untuk mempertahankan kehidupannya yang mencakup berbagai konsep dan prinsip biologi, anatomi, fisiologi, biokimia dan fisika yang terjadi dalam tubuh manusia sesuai tumbuh kembang.
KOMPETENSI MATA AJAR
Setelah menyelesaikan mata ajar ini, mahasiswa fakultas keperawatan akan mampu:
1. Mengidentifikasi kehidupan sel sebagai unit fungsional terkecil dari organisme
2. Mengenali proses pemenuhan oksigenasi didalam sel dan indikator pemenuhankebutuhan oksigenasisesuai tumbuh kembang
3. Mengenali proses pemenuhan kebutuhancairan dan elektrolit didalam sel dan indikator pemenuhan kebutuhan cairan dan elektrolit sesuai tumbuh kembang
4. Mengenali proses pemenuhan kebutuhan nutrisididalam sel dan indikator pemenuhan kebutuhan nutrisi sesuai tumbuh kembang
5. Mengenali proses pemenuhan kebutuhan eliminasi tingkat sel dan organ serta indikator pemenuhan kebutuhan eliminasi sesuai tumbuh kembang
Matriks Pembelajaran
No |
Kompetensi blok 2 |
Bahan kajian |
Metode |
1 |
Mengidentifikasi kehidupan sel sebagai unit fungsional terkecil dari organisme |
1. Introduksi sel 2. Ultra struktur sel 3. Jenis-jenis sel 4. Fungsi spesifik sel 5. Transport trans membrane 6. Reproduksi sel 7. Genetika 8. Homeostasis |
Mini lecture, case studi, SGD, project based learning (PjBL) |
2 |
Mampu mengenali proses pemenuhan oksigenasi didalam sel dan indikator pemenuhan kebutuhan oksigenasi sesuai tumbuh kembang |
1. proses oksigenasi 2. anatomi sistem kardiovaskuler 3. fisiologi sistem kardiovaskuler 4. anatomi sistem pernafasan 5. fisiologi sistem pernafasan 6. listrik dan magnet dalam sistem tubuh 7. benda cair, cairan dan gas dalam tubuh manusia 8. tanda dan gejala kecukupan oksigen |
Mini lecture, case studi, SGD, project based learning (PjBL) |
3 |
Mampu mengenali proses pemenuhan kebutuhan cairan dan elektrolit didalam sel dan indikator pemenuhan kebutuhan cairan dan elektrolit sesuai tumbuh kembang |
1. benda cair, cairan dan gas dalam tubuh manusia 2. keseimbangan cairan dan elektrolit 3. hormon-hormon terkait dengan keseimbangan cairan dan elektrolit 4. keseimbangan asam basah 5. tanda dan gejala kecukupan cairan dan elektolit |
Mini lecture, case studi, SGD, project based learning (PjBL), laboratorium activity |
4 |
Mampu mengenali proses pemenuhan kebutuhan nutrisi didalam sel dan indikator pemenuhan kebutuhan nutrisi sesuai tumbuh kembang |
1. anatomi sistem pencernaan 2. fisiologi sistem pencernaan 3. proses pemenuhan 4. kebutuhan nutrisi sel 5. hormon-hormon terkait dengan kebutuhan nutrisi makro dan mikro nutrien 6. metobolisme karbo hidrat, lemak dan protein 7. metabolisme purin, pirimidin, porfirin 8. pembentukan urea 9. keadaan kenyang dan puasa 10. tanda dan gejala kecukupan nutrisi |
Mini lecture, case studi, SGD, project based learning (PjBL), laboratorium activities |
5 |
Mampu mengenali proses pemenuhan kebutuhan eliminasi kebutuhan tingkat sel dan organ serta indikator pemenuhan kebutuhan eliminasi sesuai tumbuh kembang |
1. anatomi sistem urinari 2. fisiologi ginjal 3. anatomi sistem kardiovaskuler 4. fisiologi sistem kardiovaskuler 5. anatomi sistem pernafasan 6. fisiologi sistem pernafasan 7. anatomi fisiologi kulit 8. proses eliminasi sisa metabolisme 9. proses eliminasi sisa pencernaan 10. hormon-hormon terkait dengan eliminasi 11. tanda dan gejala masalah eliminasi sisa metabolisme dan sisa pencernaan |
Mini lecture, case studi, SGD, project based learning (PjBL), laboratorium activity |
Jumlah Jam Dan Pembagiannya ( @50’/Jam )
3 SKS teori : 150’/jam X 16 pertemuan
1 SKS Praktikum : 50”/ jam X 16 Pertemuan
SISTEM EVALUASI
Penilaian akhir pada mata ajar ini adalah:
Ujian : 50 %
Praktikum : 15%
Makalah dan presentasi : 30 %
Kehadiran : 5 %
DAFTAR PUSTAKA
Sherwood. ( 2012). Fisiologi Manusia dari sel ke siste,. EGC: Jakarta
Potter, P.A. & Perry, A.G. (2009). Fundamentals of nursing. (7th edition). St. Louis: Mosby Elsevier.
Potter, P.A., Perry, A.G., Stockert, P.A. & Hall, A. (2011). Basic nursing. (7th edition). St. Louis: Mosby Elsevier.
.
Dan sumber-sumber terkait lainnya.
JADWAL TENTATIF ILMU DASAR KEPERAWATAN 1
SEMESTER GANJIL 2020/2021
Pert |
Hari/tanggal/jam |
Materi |
Pengajar |
Metode |
1 |
Selasa/17/Nov/20 |
Penjelasan silabus |
Koordinator |
C/D |
2 |
|
Konsep Dasar Anatomi Pada Manusia, Komposisid dan Komponen Tubuh Manussia |
Nilam Fitriani Dai, S.Kep.Ns,M.Kes |
Mini Lecture |
3 |
|
Anatomi Sistem Muskuloskelet, |
Nur Syamsiah., S.Kep.Ns., M.Kes |
Mini Lecture |
4 |
|
Anatomi Sistem Persarafan, endokrin,Integumen,dan reproduksi |
Nur Syamsiah, S.Kep.Ns.,M.Kes |
Mini lecture |
5 |
|
Anatomi Sisterm Pencernaan dan perkemihan |
Jumarana, S.Kep.Ns.,M.Kes |
Mini lecture |
6 |
|
Praktikum Anatomi |
Nilam Fitriani Dai , S.Kep.Ns.,M.Kes |
Praktik |
7 |
|
Fisiologi Sel dan HOmeostatis |
Nur Syamsiah, S.Kep.,M.Kes |
Mini lecture |
8 |
|
Konsep Keseimbangan cairan dan elektrolit dan Asam Basa |
Ns. Jumarana, M. Kes |
Mini lecture |
9 |
|
Fisiologi Sistem Pernapasan dan Kardiovaskular |
Nilam Fitriani Dai, S.Kep., M,Kes |
Mini lecture |
|
|
Proses Pemenuhan kebutuhan Oksigenasi dalam sel dan Oksigenasi sesuai dengan Tumbang. |
Ns. Nilam Fitriani Dai., M.kes |
Mini lecture |
10 |
|
Fisiologi Sistem Kardiovaskular |
Ns, Nilam Fitriani Dai, M.Kes |
Mini lecture |
11 |
|
Fisiologi Sistem pencernaan |
Ns. Jumrana, M. Kes |
Mini lecture |
12 |
|
Konsep Proses Pencernaan : kebutuhan Nutrisi Di dalam Sel dan Nutrisi Sesuai Tumbang |
Ns. Jumrana., M.Kes |
Mini lecture |
13 |
|
Fisiologi Urinari |
Ns. Nur Syamsiah., M.Kes. |
Mini lecture |
14 |
|
Konsep Proses Eliminasi tingkat sel dan Kebutuhan eliminasi Sesuai TUmbang |
Ns. Jumrana., M.Kes. |
Mini lecture |
15 |
|
Praktikum Fisiologi |
Tim Faal |
Praktik |
16 |
|
UIjian Akhir |
Koordinator |
|
Keterangan :
Penuntun Praktikum Anatomi dan Faal terlampir
FORMAT RANCANGAN TUGAS
Mata Kuliah : Ilmu Dasar keperawatan 1
Fakultas : Keperawatan
SKS : 4SKS (3 SKS Teori, 1 SKS Praktikum)
Pertemuan : 2-3
A. Tujuan tugas
Membuat Satu Makalah Tentang Konsep Pemenuhan Kebutuhan Cairan dan elektrolit, Eliminasi, Dan Nutrisi
B. Uraian tugas
1. Objek garapan : Konsep Kebutuhan Dasar manusia
2. Batasan yang harus dikerjakan: Menggunakan textbook “Fundamental of Nursing” dan “Basic Nursing” , karangan Potter & Perry (2009, 2011), “Nursing care plans” dan buku NANDA, NIC, NOC dan sumber –sumber terkait
3. Metode/Cara Pengerjaan (acuan cara pengerjaan):
§ Menjawab pertanyaan yang ada di Lembar Kerja 1 (LK1)
§ Menuliskan dalam model makalah
§ Mempresentasikan hasi makalah ke depan kelas
4. Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan:
Makalah mengenai summary semua model konseptual keperawatan maksimal 15 halaman. Dijilid dan diketik dengan komputer dengan font: Arial (11) atau Calibri (12) atau Times New Roman (12), dengan spasi 1.5
C. Kriteria Penilaian (20%)
1. Ketepatan penjelasan
2. Daya Tarik Komunikasi
a. komunikasi tertulis
b. Komunikasi lisan
GRADING SCHEME COMPETENCE
KRITERIA 1: KETEPATAN PENJELASAN
DIMENSI |
Sangat Memuaskan |
Memuaskan |
Batas |
Kurang Memuaskan |
Di bawah standard |
SKOR |
|
A |
A- |
||||||
KELENGKAPAN KONSEP |
Lengkap dan integratif |
|
Lengkap |
Masih kurang 2 aspek yang belum terungkap |
Hanya menunjukkan sebagian konsep saja |
Tidak ada konsep |
|
KEBENARAN KONSEP |
Diungkapkan dengan tepat, aspek penting tidak dilewatkan, bahkan analisis dan sintetis nya membantu memahami konsep |
Diungkap dengan tepat, namun deskriptif |
Sebagian besar konsep sudah terungkap, namun masih ada yang terlewatkan |
Kurang dapat mengungkapkan aspek penting, melebihi halaman, tidak ada proses merangkum hanya mencontoh |
Tidak ada konsep yang disajikan |
|
KRITERIA 2a: KOMUNIKASI TERTULIS
DIMENSI |
Sangat Memuaskan |
Memuaskan |
Batas |
Kurang Memuaskan |
Di bawah standard |
SKOR |
BAHASA PAPER |
Bahasa menggugah pembaca untuk mencari tahu konsep lebih dalam |
Bahasa menambah informasi pembaca |
Bahasa deskriptif, tidak terlalu menambah pengetahuan |
Informasi dan data yang disampaikan tidak menarik dan membingungkan |
Tidak ada hasil |
|
KERAPIAN PAPER |
Paper dibuat dengan sangat menarik dan menggugah semangat membaca |
Paper cukup menarik, walau tidak terlalu mengundang |
Dijilid biasa |
Dijilid namun kurang rapi |
Tidak ada hasil |
|
KRITERIA 2b: KOMUNIKASI LISAN
DIMENSI |
Sangat Memuaskan |
Memuaskan |
Batas |
Kurang Memuaskan |
Di bawah standard |
SKOR |
ISI |
Memberi inspirasi pendengar untuk mencari lebih dalam |
Menambah wawasan |
Pembaca masih harus menambah lagi informasi dari beberapa sumber |
Informasi yang disampaikan tidak menambah wawasan bagi pendengarnya |
Informasi yang disampaikan menyesatkan atau salah |
|
ORGANISASI |
Sangat runtut dan integratif sehingga pendengar dapat mengkompilasi isi dengan baik |
Cukup runtut dan memberi data pendukung fakta yang disampaikan |
Tidak didukung data, namun menyampaikan informasi yang benar |
Informasi yang disampaikan tidak ada dasarnya |
Tidak mau presentasi |
|
GAYA PRESENTASI |
Menggugah semangat pendengar |
Membuat pendengar paham, hanya sesekali saja memandang catatan |
Lebih banyak membaca catatan
|
Selalu membaca catatan (tergantung pada catatan) |
Tidak berbunyi |
|
LEMBAR KERJA 1:
Petunjuk Pelaksanaan tugas:
1. Kumpulkan beberapa konsep yang terkait dengan Proses Pemenuhan Kebutuhan manusia
2. Sintesakan konsep tersebut dengan menggunakan bahasa anda sendiri secara sederhana dan operasional
3. Rangkum hasil sintesa kelompok dan diketik dengan font Calibri 12/Times New Roman 12/Arial 14 dengan spasi 1.5 pada kertas ukuran kuarto seberat 80gram. Hasil review tidak boleh melebihi 15 halaman. Dijilid rapi dan dikumpulkan pada pertemuan keempat.
4. Siapkan Slide PPT tayangan dari makalah review yang anda buat maksimal 20 slide. Slide dibuat semenarik mungkin sehingga dapat menggambarkan keseluruhan konsep proses keperawatan.

KESELAMATAN PASIEN DAN KESELAMATAN KESEHATAN KERJA DALAM KEPERAWATAN
Mata Kuliah ini membahas tentang kesehatan dan keselamatan perawat dalam setiap tahap proses keperawatan sesuai standar kesehatan dan keselamatan kerja serta keselamatan pasien. Sedangkan Capaian pembelajaran penunjang (Sub-Kompetensi) adalah mahasiswa mampu:
- Membedakan berbagai resiko dan hazard K3 dalam setiap tahap pemberian asuhan keperawatan
- Mengidentifikasi manajemen risiko K3 dalam keperawatan
- Mengidentifikasi upaya pencegahan penyakit akibat kerja dalam keperawatan
- Menentukan upaya pencegahan resiko dan hazard pada setiap tahap asuhan keperawatan meliputi tahap pengkajian, perencanaan, implementasi dan evaluasi.
- Menunjukkan praktek K3 individu selama proses pembelajaran seperti upaya memutus rantai infeksi, pencegahan bahaya fisik, radiasi, kimia, ergonomik, dan psikososial.
- Menganalisis konsep dan prinsip patient safety serta faktor-faktor yang yang mempengaruhinya
Ns,RISNAWATI