KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH 1
NILAM FITRIANI DAI -

KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH 1

Nama Mata Kuliah   :   Keperawatan Medikal Bedah I

Kode Mata Kuliah    :   IK437

Beban Studi               :   4 (T:3, P:1, PL:0)

Dosen                          :  

1.      Nur qamaraiah, S.Kep.Ns.,M.Kes

2.      Nilam Fitriani Dai, S.Kep.Ns.,M.Kes

Deskripsi Mata Kuliah :

Fokus mata ajar ini adalah pada pemenuhan kebutuhan klien dewasa dengan gangguan pemenuhan kebutuhan oksigenasi, sirkulasi dan hematologi.  Pemberian asuhan keperawatan pada kasus gangguan pernapasan, kardiovaskuler,dan hematologi berdasarkan proses keperawatan dengan mengaplikasikan ilmu biomedik seperti biologi, histologi, biokimia,anatomi, fisiologi, patofisiologi, ilmu keperawatan medikal bedah, ilmu penyakit dalam, farmakologi, nutrisi, bedah dan rehabilitasi. Gangguan system tersebut meliputi  gangguan peradangan, kelainan degenerative, keganasan dan  trauma, yang termasuk dalam 10 kasus terbesar baik  lokal, regional, nasional dan internasional. Lingkup bahasan mulai dari pengkajian sampai dengan evaluasi asuhan terhadap klien.  Intervensi keperawatan  meliputi terapi Modalitas Keperawatan pada berbagai kondisi termasuk terapi komplementer. Proses pembelajaran dilakukan melalui kuliah pakar, collaborative learning  (CL) dan  Belajar Berdasarkan Masalah (BDM),dan praktik laboratorium.

CapaianPembelajaran:

Bila diberi data/kasus/artikel mahasiswa mampu :

1.        Melakukan simulasi asuhan keperawatan dengan kasus gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa dengan memperhatikan aspek legal dan etis.

2.        Melakukan simulasi pendidikan kesehatan dengan kasus gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa dengan memperhatikan aspek legal dan etis.

3.        Mengintegrasikan hasil-hasil penelitian kedalam asuhan keperawatan dalam mengatasi masalah sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi

4.        Melakukan simulasi pengelolaan asuhan keperawatan pada sekelompok klien dengan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa dengan memperhatikan aspek legal dan etis

5.        Melaksanakan fungsi advokasipada  kasus dengan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologipada klien dewasa

6.        Mendemonstrasikan intervensi keperawatan pada  kasus dengan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa sesuai dengan standar yang berlaku dengan berfikir kreatif dan inovatif sehingga menghasilkan pelayanan yang efisien dan efektif.


No

CapaianPembelajaran Mata Kuliah

Pokok Bahasan

Metoda

1

Melakukan simulasi asuhan keperawatan dengan kasus gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa dengan memperhatikan aspek legal dan etis.

Anatomi, fisiologi, fisika dan biokimia terkait sistem pernafasan, sistem kardiovaskular, sistem hematologi.

Patofisiologi, farmakologi dan terapi diet  pada  gangguan  sistem pernafasan (TB Paru, kanker paru, asma, PPOK); gangguan  sistem kardiovaskuler (hipertensi, penyakit jantung coroner, gagal jantung);  gangguan  sistem hematologi (anemia, leukemia).

Asuhan keperawatan (pengkajian, analisa data, diagnosis  keperawatan, intervensi, implementasi dan  evaluasi secara komprehensif meliputi bio-psiko-sosio-spiritual) sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi

Case study, SGD, Project Based learning (PjBL),Discovery learning (DL)

2

Melakukan simulasi pendidikan kesehatan dengan kasus gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa dengan memperhatikan aspek legal dan etis

 

Pendidikan kesehatanpada masalah gangguan sistem pernafasan kardiovaskular dan hematologi

Pencegahan primer, sekunder dan tersier pada masalah gangguan sistem pernafasan, kardiovaskular dan hematologi

Persiapan, pelaksanaan dan paska pemeriksaan diagnostik dan laboratoriumpada masalah gangguan sistem pernafasan, kardiovaskular dan hematologi

SGD, Project Based learning (PjBL), Lab skills

3

Mengintegrasikan hasil-hasil penelitian kedalam asuhan keperawatan dalam mengatasi masalah sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi

Hasil-hasil penelitian tentang penatalaksnaan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi

Trend dan issue terkait gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi

SGD, Discovery learning (DL), Telaah jurnal,

4

Melakukan simulasi pengelolaan asuhan keperawatan pada sekelompok klien dengan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa dengan memperhatikan aspek legal dan etis

Manajemen kasus pada gangguan sistem pernafasan

Manajemen kasus pada gangguan sistem kardiovaskuler

Manajemen kasus pada gangguan sistem hematologi

Case study, SGD

5

Melaksanakan fungsi advokasipada  kasus dengan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologipada klien dewasa

Peran dan fungsi perawat

Fungsi advokasiperawat pada  kasus dengan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologipada klien dewasa

 

Case study,

Discovery Learning (DL), SGD,

6

Mendemonstrasikan intervensi keperawatan pada  kasus dengan gangguan sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klien dewasa sesuai dengan standar yang berlaku dengan berfikir kreatif dan inovatif sehingga menghasilkan pelayanan yang efisien dan efektif.

 

Intervensi keperawatan pada sistem pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi

Pemasangan infuse

Terapi  intra vena

Perekaman dan interpretasi EKG

Nebulisasi/terapi inhalasi

Teknik Fisioterapi dada

Teknik postural drainage

Prosedur Suctioning

Terapi O2

Perawatan WSD,

Teknik pengambilan darah arteri dan interpretasi Analisa Gas Darah

Perawatan Trakheostomi

Tourniquet test

Transfusi

Case study,

Discovery Learning (DL) Demontrasi, Lab skills

 

Daftar Rujukan:

Ackley, B. J. & Ladwig, G. B. (2013). Nursing Diagnosis Handbook: An Evidence-Based Guide to Planning Care, 10th edition. Mosby: Elsevier Inc.

Barber B, Robertson D, (2012).Essential of Pharmacology for Nurses, 2nd edition, Belland Bain Ltd, Glasgow

Black J.M., Hawks J.H. (2014). Keperawatan Medikal Bedah: Manajemen Klinis untuk Hasil yang Diharapkan  (3-vol set). Edisi Bahasa Indonesia 8. Singapore: Elsevier (S) Pte Ltd.

Bulechek, G. M. & Butcher, H. K.  McCloskey Dochterman, J. M. & Wagner, C. (2012). Nursing Interventions Classification (NIC), 6e.Mosby: ElsevierInc.

Dudek,S. G. (2013). Nutrition Essentials for Nursing Practice, 7th. Lippincott: William Wilkins

Grodner M., Escott-Stump S., Dorner S. (2016) Nutritional Foundations and Clinical Applications: A Nursing Approach. 6th edition. St. Louis: Mosby Elsevier

Johnson, M., Moorhead, S., Bulechek, G. M., Butcher, H. K., Maas, M. L. & Swanson, S.  (2012).NOC and NIC Linkages to NANDA-I and Clinical Conditions: Supporting Critical Reasoning and Quality Care, 3rd edition.Mosby:ElsevierInc.

Huether S.E. and McCance K.L. (2016) Understanding Pathophysiology. 6th edition. Mosby: Elsevier Inc.

Lewis S. L., Dirksen S. R., Heitkemper M. M., Bucher L. (2014). Medical Surgical Nursing, Assessment and Management of Clinical Problems.. 9th edition. Mosby: Elsevier Inc.

Lynn P. (2011). Taylor's Handbook of Clinical Nursing Skill, China: Wolter Kluwer Health

Madara B, Denino VP, (2008). Pathophysiology; Quick Look Nursing, 2nd ed. Jones and Barklet Publisher, Sudbury

McCance, K.L. & Huether, S. E. (2013). Pathophysiology: The Biologic Basis for Disease in Adults and Children, 7th edition. Mosby:Elsevier Inc.

McCuistion L.E., Kee, J.L. and Hayes, E.R. (2014). Pharmacology: A Patient-Centered Nursing process approach. 8th ed. Saunders: Elsevier Inc

Moorehead, S., Johnson, M., Maas, M.L. & Swanson, E. (2012). Nursing Outcomes Classification (NOC): Measurement of Health Outcomes. 5th edition. Mosby: Elsevier Inc.

Nanda International. (2014). Nursing Diagnoses 2015-17: Definitions and Classification (Nanda International). Philladelphia: Wiley Blackwell

Silverthorn, D. U. (2012). Human Physiology: An Integrated Approach (6th Edition) 

Skidmore-Roth, Linda (2009). Mosby's 2009 nursing drug reference Toronto : Mosby

Waugh A., Grant A., Nurachmah E., Angriani R. (2011). Dasar-dasar Anatomi dan Fisiologi Ross dan    Wilson. Edisi Indonesia 10. Elsevier (Singapore) Pte Ltd.

Waugh A., Grant A. (2014). Buku Kerja Anatomi dan Fisiologi Ross and Wilson. Edisi Bahasa     Indonesia 3. Churchill Livingstone: Elsevier (Singapore) Pte.Ltd.

 

 

 

 

 

 


KONSEP DASAR KEPERAWATAN I
NILAM FITRIANI DAI -

KONSEP DASAR KEPERAWATAN I

Nama Mata Kuliah   :    Konsep Dasar Keperawatan (KDK) I

Kode Mata Kuliah    :   IK317

Beban Studi               :   3 (T:2, P:1, PL:0)

Dosen                          :  

1.      Dartiana, S.Kep.Ns.,M.Kep

2.      Nilam  Fitriani Dai, S.Kep.Ns.,M.Kes

3.      Risnawati, S.Kep.Ns.,M.Kes

Deskripsi Mata Kuliah:

Mata kuliah ini membahas tentang konsep caring sepanjang daur kehidupan manusia, konsep pertumbuhan dan perkembangan manusia, standar profesional dalam praktik keperawatan termasuk  etika keperawatan dan aspek legal dalam praktik keperawatan dan pendokumentasian asuhan keperawatan.Pengalaman belajar meliputi pembelajaran di kelas dan di laboratorium keperawatan.

 

Capaian Pembelajaran

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran IKD I mahasiswa mampu :

  1. Menerapkan konsep ‘caringdalam kehidupan sehari-hari
  2. Menerapkan standar profesional dalam pelayanan keperawatan yang merupakan bagian integral dalam sistem pelayanan kesehatan
  3. Menerapkan prinsip-prinsip legal etis pada pengambilan keputusan dalam konteks keperawatan

 

No

Capaian Pembelajaran

Pokok Bahasan

Metoda

1

Menerapkan konsep ‘caringdalam kehidupan sehari-hari

 

1.   Pengertian caring

2.   Teori keperawatan tentang caring

3. Aplikasi caring dalam kehidupan sehari-hari dan praktik keperawatan

4.   Perbedaan caring dan curing

Case study

Role play

Lab skills

 

2

Menerapkan standar profesional dalam pelayanan keperawatan yang merupakan bagian integral dalam sistem pelayanan kesehatan

 

1.   Pelayanan Keperawatan dalam Sistem Pelayanan Kesehatan:

a.       Sistem Klien

b.      Tingkatan  pelayanan kesehatan

2.   Keperawatan sebagai suatu profesi

a.       Peran perawat profesional

b.      Standar praktik keperawatan profesional

3. Interprofessional education dan  interprofessional collaboration

Mini lecture

Collaborative learning

3

Menerapkan prinsip-prinsip legal etis pada pengambilan keputusan dalam konteks   keperawatan

 

 

 

 

1.    Prinsip moral dan etika

2.    Ethic of care

3.    Kode etik keperawatan

4.    Isue etik  dalam praktik        keperawatan

5.    Prinsip-prinsip legal dalam praktik

6.    Aspek hukum dalam keperawatan

7.    Pelindungan hukum dalam praktik keperawatan

8.    Nursing advocacy

9.    Pengambilan keputusan legal etis

Mini lecture, Case study, Small Group Discussion (SGD)

Discovery Learning (DL)

 

Daftar Referensi:

 

Aiken, T.D. (2004). Legal, Ethical, and Political Issues in Nursing. 2nd Ed. Philadelphia: F.A.        Davis Company.

Bertens, K. (2002). Etika. Jakarta. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Beauchamp T.L.,& Childress J.F. (1994). Principles of Biomedical Ethics. New York :      Oxford University Press.

Daniels. (2010). Nursing Fundamental: Caring & Clinical Decision Making. New York.    Delmar Cengage Learning

Franz Magniz S. (2002). Etika Dasar, Yogyakarta: Penerbit Kanisius

Potter, P.A. &Perry ,A.G. (2010). Fundamental Keperawatan (3-vol set).EdisiBahasa        Indonesia 7 Edition.Elsevier (Singapore) Pte.Ltd.

Kozier, B., Erb, G.,Berwan, A.J., & Burke,K. (2008). Fundamentals of Nursing:Concepts,            Process, and Practice. New Jersey: Prentice Hall Health.

Kode Etik Perawat Indonesia

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 72 tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Nasional

Sistem Kesehatan Nasional dan Pelayanan Keperawatan, Kemenkes RI

Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 tahun 2014 tentang Keperawatan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


ILMU DASAR KEPERAWATAN  1
NILAM FITRIANI DAI -

ILMU DASAR KEPERAWATAN 1

RANCANGAN PEMBELAJARAN

 

Nama mata ajar           : Ilmu Dasar Keperawatan I

Fakultas                       : Keperawatan

SKS                             : 4 SKS (3 SKS Teori, 1 SKS Praktikum)

DOSEN PENGAMPU :

1. Nilam Fitriani Dai, S.Kep.Ns.,M.Kes 

2. Nursyamsiah, S.Kep.Ns.,M.Kes

3. Jumarana, S.Kep.,Ns.,M.Kes

 

 

 

DESKRIPSI  MATA  AJAR

Mata kuliah ini membahas tentang berbagai mekanisme didalam tubuh manusia mulai dari tingkat sel sampai dengan tingkat organisme untuk mempertahankan kehidupannya yang mencakup berbagai konsep dan prinsip biologi, anatomi, fisiologi, biokimia dan fisika yang terjadi dalam tubuh manusia sesuai tumbuh kembang.

 

KOMPETENSI MATA AJAR

Setelah menyelesaikan mata ajar ini, mahasiswa fakultas keperawatan akan mampu:

1.      Mengidentifikasi kehidupan sel sebagai unit fungsional terkecil dari organisme

2.      Mengenali proses pemenuhan oksigenasi didalam sel dan indikator pemenuhankebutuhan oksigenasisesuai tumbuh kembang

3.      Mengenali proses pemenuhan kebutuhancairan dan elektrolit didalam sel dan indikator pemenuhan kebutuhan cairan dan elektrolit sesuai tumbuh kembang

4.      Mengenali proses pemenuhan kebutuhan nutrisididalam sel dan indikator pemenuhan kebutuhan nutrisi sesuai tumbuh kembang

5.      Mengenali proses pemenuhan kebutuhan eliminasi tingkat sel dan organ serta indikator pemenuhan kebutuhan eliminasi sesuai tumbuh kembang

Matriks Pembelajaran

No

Kompetensi blok 2

Bahan kajian

Metode

1

Mengidentifikasi kehidupan sel sebagai unit fungsional terkecil dari organisme

1.      Introduksi sel

2.      Ultra struktur sel

3.      Jenis-jenis sel

4.      Fungsi spesifik sel

5.      Transport trans membrane

6.      Reproduksi sel

7.      Genetika

8.      Homeostasis

Mini lecture, case studi, SGD, project based learning (PjBL)

2

Mampu mengenali proses pemenuhan oksigenasi didalam sel dan indikator pemenuhan kebutuhan oksigenasi sesuai tumbuh kembang

1.      proses oksigenasi

2.      anatomi sistem kardiovaskuler

3.      fisiologi sistem kardiovaskuler

4.      anatomi sistem pernafasan

5.      fisiologi sistem pernafasan

6.      listrik dan magnet dalam sistem tubuh

7.      benda cair, cairan dan gas dalam tubuh manusia

8.      tanda dan gejala kecukupan oksigen

Mini lecture, case studi, SGD, project based learning (PjBL)

3

Mampu mengenali proses pemenuhan kebutuhan cairan dan elektrolit didalam sel dan indikator pemenuhan kebutuhan cairan dan elektrolit sesuai tumbuh kembang

1.      benda cair, cairan dan gas dalam tubuh manusia

2.      keseimbangan cairan dan elektrolit

3.      hormon-hormon terkait dengan keseimbangan cairan dan elektrolit

4.      keseimbangan asam basah

5.      tanda dan gejala kecukupan cairan dan elektolit

Mini lecture, case studi, SGD, project based learning (PjBL), laboratorium activity

4

Mampu mengenali proses pemenuhan kebutuhan nutrisi didalam sel dan indikator pemenuhan kebutuhan nutrisi sesuai tumbuh kembang

1.      anatomi sistem pencernaan

2.      fisiologi sistem pencernaan

3.      proses pemenuhan

4.      kebutuhan nutrisi sel

5.      hormon-hormon terkait dengan kebutuhan nutrisi makro dan mikro nutrien

6.      metobolisme karbo hidrat, lemak dan protein

7.      metabolisme purin, pirimidin, porfirin

8.      pembentukan  urea

9.      keadaan kenyang dan puasa

10.  tanda dan gejala kecukupan nutrisi

Mini lecture, case studi, SGD, project based learning (PjBL), laboratorium activities

5

Mampu mengenali proses pemenuhan kebutuhan eliminasi kebutuhan tingkat sel dan organ serta indikator pemenuhan kebutuhan eliminasi sesuai tumbuh kembang

1.      anatomi sistem urinari

2.      fisiologi ginjal

3.      anatomi sistem kardiovaskuler

4.      fisiologi sistem kardiovaskuler

5.      anatomi sistem pernafasan

6.      fisiologi sistem pernafasan

7.      anatomi fisiologi kulit

8.      proses eliminasi sisa metabolisme

9.      proses eliminasi sisa pencernaan

10.  hormon-hormon terkait dengan eliminasi

11.  tanda dan gejala masalah eliminasi sisa metabolisme dan sisa pencernaan

Mini lecture, case studi, SGD, project based learning (PjBL), laboratorium activity

 

Jumlah Jam Dan Pembagiannya ( @50’/Jam )

3 SKS teori                 : 150’/jam X 16 pertemuan

1 SKS Praktikum      : 50”/ jam X 16 Pertemuan

SISTEM EVALUASI

 

Penilaian akhir pada mata ajar ini adalah:

Ujian                                       : 50 %

Praktikum                                : 15%

Makalah dan presentasi           : 30 %

Kehadiran                               : 5 %

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Sherwood. ( 2012). Fisiologi Manusia dari sel ke siste,. EGC: Jakarta

 

Potter, P.A. & Perry, A.G. (2009). Fundamentals of nursing. (7th edition). St. Louis: Mosby Elsevier.

 

Potter, P.A., Perry, A.G., Stockert, P.A. & Hall, A. (2011). Basic nursing. (7th edition). St. Louis: Mosby Elsevier.

.

 

Dan sumber-sumber terkait lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JADWAL TENTATIF ILMU  DASAR KEPERAWATAN 1

SEMESTER GANJIL 2020/2021

 

Pert

Hari/tanggal/jam

Materi

Pengajar

Metode

1

Selasa/17/Nov/20

Penjelasan silabus

Koordinator

C/D

2

 

Konsep Dasar Anatomi Pada Manusia, Komposisid dan Komponen Tubuh Manussia

Nilam Fitriani Dai, S.Kep.Ns,M.Kes

Mini Lecture

3

 

Anatomi Sistem Muskuloskelet,

Nur Syamsiah., S.Kep.Ns., M.Kes

Mini Lecture

4

 

Anatomi Sistem Persarafan, endokrin,Integumen,dan reproduksi

Nur Syamsiah, S.Kep.Ns.,M.Kes

Mini lecture

5

 

Anatomi Sisterm Pencernaan dan perkemihan

Jumarana, S.Kep.Ns.,M.Kes

Mini lecture

6

 

Praktikum Anatomi

Nilam Fitriani Dai , S.Kep.Ns.,M.Kes

Praktik

7

 

Fisiologi Sel dan HOmeostatis

Nur Syamsiah, S.Kep.,M.Kes

Mini lecture

8

 

Konsep Keseimbangan cairan dan elektrolit dan Asam Basa

Ns. Jumarana, M. Kes

Mini lecture

9

 

Fisiologi Sistem Pernapasan dan Kardiovaskular

Nilam Fitriani Dai, S.Kep., M,Kes

Mini lecture

 

 

Proses Pemenuhan kebutuhan Oksigenasi dalam sel dan Oksigenasi sesuai dengan Tumbang.

Ns. Nilam Fitriani Dai., M.kes

Mini lecture

10

 

Fisiologi Sistem Kardiovaskular

Ns, Nilam Fitriani Dai, M.Kes

Mini lecture

11

 

Fisiologi Sistem pencernaan

Ns. Jumrana, M. Kes

Mini lecture

12

 

Konsep Proses Pencernaan  : kebutuhan Nutrisi Di dalam Sel dan Nutrisi Sesuai  Tumbang

Ns. Jumrana., M.Kes

Mini lecture

13

 

Fisiologi Urinari

Ns. Nur Syamsiah., M.Kes.

Mini lecture

14

 

Konsep Proses Eliminasi tingkat sel dan Kebutuhan eliminasi Sesuai TUmbang

Ns. Jumrana., M.Kes.

Mini lecture

15

 

Praktikum Fisiologi

Tim Faal

Praktik

16

 

UIjian Akhir

Koordinator

 

Keterangan :

 

Penuntun Praktikum Anatomi dan Faal terlampir

 

 

 

 

 

 

 

FORMAT RANCANGAN TUGAS

 

Mata Kuliah    : Ilmu Dasar keperawatan 1

Fakultas           : Keperawatan

SKS                 : 4SKS (3 SKS Teori, 1 SKS Praktikum)

Pertemuan       : 2-3

 

 

A.    Tujuan tugas

 

Membuat  Satu Makalah Tentang  Konsep Pemenuhan Kebutuhan Cairan dan elektrolit, Eliminasi, Dan  Nutrisi

 

B.     Uraian tugas

1.      Objek garapan : Konsep Kebutuhan Dasar manusia

2.      Batasan yang harus dikerjakan: Menggunakan textbook “Fundamental of Nursing” dan “Basic Nursing” , karangan Potter & Perry (2009, 2011), “Nursing care plans” dan buku NANDA, NIC, NOC dan sumber –sumber terkait

3.      Metode/Cara Pengerjaan (acuan cara pengerjaan):

§  Menjawab pertanyaan yang ada di Lembar Kerja 1 (LK1)

§  Menuliskan dalam model makalah

§  Mempresentasikan hasi makalah ke depan kelas

4.      Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan:

Makalah mengenai summary semua model konseptual keperawatan maksimal 15 halaman. Dijilid dan diketik dengan komputer dengan font: Arial (11) atau Calibri (12) atau Times New Roman (12), dengan spasi 1.5

 

C. Kriteria Penilaian (20%)

1. Ketepatan penjelasan

2. Daya Tarik Komunikasi

a. komunikasi tertulis

b. Komunikasi lisan

 

 

 

GRADING SCHEME COMPETENCE

 

KRITERIA 1: KETEPATAN PENJELASAN

DIMENSI

Sangat Memuaskan

Memuaskan

Batas

Kurang Memuaskan

Di bawah standard

SKOR

A

A-

KELENGKAPAN KONSEP

Lengkap dan integratif

 

Lengkap

Masih kurang 2 aspek yang belum terungkap

Hanya menunjukkan sebagian konsep saja

Tidak ada konsep

 

KEBENARAN KONSEP

Diungkapkan dengan tepat, aspek penting tidak dilewatkan, bahkan analisis dan sintetis nya membantu memahami konsep

Diungkap dengan tepat, namun deskriptif

Sebagian besar konsep sudah terungkap, namun masih ada yang terlewatkan

Kurang dapat mengungkapkan aspek penting, melebihi halaman, tidak ada proses merangkum hanya mencontoh

Tidak ada konsep yang disajikan

 

 

KRITERIA 2a: KOMUNIKASI TERTULIS

DIMENSI

Sangat Memuaskan

Memuaskan

Batas

Kurang Memuaskan

Di bawah standard

SKOR

BAHASA PAPER

Bahasa menggugah pembaca untuk mencari tahu konsep lebih dalam

Bahasa menambah informasi pembaca

Bahasa deskriptif, tidak terlalu menambah pengetahuan

Informasi dan data yang disampaikan tidak menarik dan membingungkan

Tidak ada hasil

 

KERAPIAN PAPER

Paper dibuat dengan sangat menarik dan menggugah semangat membaca

Paper cukup menarik, walau tidak terlalu mengundang

Dijilid biasa

Dijilid namun kurang rapi

Tidak ada hasil

 

 

 

KRITERIA 2b: KOMUNIKASI LISAN

 

DIMENSI

Sangat Memuaskan

Memuaskan

Batas

Kurang Memuaskan

Di bawah standard

SKOR

ISI

Memberi inspirasi pendengar untuk mencari lebih dalam

Menambah wawasan

Pembaca masih harus menambah lagi informasi dari beberapa sumber

Informasi yang disampaikan tidak menambah wawasan bagi pendengarnya

Informasi yang disampaikan menyesatkan atau salah

 

ORGANISASI

Sangat runtut dan integratif sehingga pendengar dapat mengkompilasi isi dengan baik

Cukup runtut dan memberi data pendukung fakta yang disampaikan

Tidak didukung data, namun menyampaikan informasi yang benar

Informasi yang disampaikan tidak ada dasarnya

Tidak mau presentasi

 

GAYA PRESENTASI

Menggugah semangat pendengar

Membuat pendengar paham, hanya sesekali saja memandang catatan

Lebih banyak membaca catatan

 

 

Selalu membaca catatan (tergantung pada catatan)

Tidak berbunyi

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR KERJA 1:

 

Petunjuk Pelaksanaan tugas:

 

1.      Kumpulkan beberapa konsep yang terkait dengan Proses Pemenuhan Kebutuhan manusia

2.      Sintesakan konsep tersebut dengan menggunakan bahasa anda sendiri secara sederhana dan operasional

3.      Rangkum hasil sintesa kelompok dan diketik dengan font Calibri 12/Times New Roman 12/Arial 14 dengan spasi 1.5 pada kertas ukuran kuarto seberat 80gram. Hasil review tidak boleh melebihi 15 halaman. Dijilid rapi dan dikumpulkan pada pertemuan keempat.

4.      Siapkan Slide PPT tayangan dari makalah review yang anda buat maksimal 20 slide. Slide dibuat semenarik mungkin sehingga dapat menggambarkan keseluruhan konsep proses keperawatan.

 

 

 

 

 

 


KESELAMATAN PASIEN DAN KESELAMATAN KESEHATAN KERJA DALAM KEPERAWATAN
RISNAWATI M.Kes

KESELAMATAN PASIEN DAN KESELAMATAN KESEHATAN KERJA DALAM KEPERAWATAN

Mata Kuliah ini membahas tentang kesehatan dan keselamatan perawat dalam setiap tahap proses keperawatan sesuai standar kesehatan dan keselamatan kerja serta keselamatan pasien. Sedangkan Capaian pembelajaran penunjang (Sub-Kompetensi) adalah mahasiswa mampu:

  1. Membedakan berbagai resiko dan hazard K3 dalam setiap tahap pemberian asuhan keperawatan
  2. Mengidentifikasi manajemen risiko K3 dalam keperawatan
  3. Mengidentifikasi upaya pencegahan penyakit akibat kerja dalam keperawatan
  4. Menentukan upaya pencegahan resiko dan hazard pada setiap tahap asuhan keperawatan meliputi tahap pengkajian, perencanaan, implementasi dan evaluasi.
  5. Menunjukkan praktek K3 individu selama proses pembelajaran seperti upaya memutus rantai infeksi, pencegahan bahaya fisik, radiasi, kimia, ergonomik, dan psikososial.
  6. Menganalisis konsep dan prinsip patient safety serta faktor-faktor yang yang mempengaruhinya
DOSEN PENGAMPUH

Ns,RISNAWATI