
KONSEP DASAR KEPERAWATAN 1
Nama Mata Kuliah : Konsep Dasar Keperawatan (KDK) I
Kode Mata Kuliah : IK317
Beban Studi : 3 (T:2, P:1, PL:0)
Dosen :
1. Nilam Fitriani Dai, S.Kep.Ns.,M.Kes
2. Nur Syamsiah, S.Kep.Ns.,M.Kes
3. Jumrana, S.Kep.Ns.,M.Kes
Deskripsi Mata Kuliah:
Mata kuliah ini membahas tentang konsep caring sepanjang daur kehidupan manusia, konsep pertumbuhan dan perkembangan manusia, standar profesional dalam praktik keperawatan termasuk etika keperawatan dan aspek legal dalam praktik keperawatan dan pendokumentasian asuhan keperawatan.Pengalaman belajar meliputi pembelajaran di kelas dan di laboratorium keperawatan.
Capaian Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran IKD I mahasiswa mampu :
- Menerapkan konsep ‘caring’ dalam kehidupan sehari-hari
- Menerapkan standar profesional dalam pelayanan keperawatan yang merupakan bagian integral dalam sistem pelayanan kesehatan
- Menerapkan prinsip-prinsip legal etis pada pengambilan keputusan dalam konteks keperawatan
No |
Capaian Pembelajaran |
Pokok Bahasan |
Metoda |
1 |
Menerapkan konsep ‘caring’ dalam kehidupan sehari-hari
|
1. Pengertian caring 2. Teori keperawatan tentang caring 3. Aplikasi caring dalam kehidupan sehari-hari dan praktik keperawatan 4. Perbedaan caring dan curing |
Case study Role play Lab skills
|
2 |
Menerapkan standar profesional dalam pelayanan keperawatan yang merupakan bagian integral dalam sistem pelayanan kesehatan
|
1. Pelayanan Keperawatan dalam Sistem Pelayanan Kesehatan: a. Sistem Klien b. Tingkatan pelayanan kesehatan 2. Keperawatan sebagai suatu profesi a. Peran perawat profesional b. Standar praktik keperawatan profesional 3. Interprofessional education dan interprofessional collaboration |
Mini lecture Collaborative learning |
3 |
Menerapkan prinsip-prinsip legal etis pada pengambilan keputusan dalam konteks keperawatan
|
1. Prinsip moral dan etika 2. Ethic of care 3. Kode etik keperawatan 4. Isue etik dalam praktik keperawatan 5. Prinsip-prinsip legal dalam praktik 6. Aspek hukum dalam keperawatan 7. Pelindungan hukum dalam praktik keperawatan 8. Nursing advocacy 9. Pengambilan keputusan legal etis |
Mini lecture, Case study, Small Group Discussion (SGD) Discovery Learning (DL) |
Daftar Referensi:
Aiken, T.D. (2004). Legal, Ethical, and Political Issues in Nursing. 2nd Ed. Philadelphia: F.A. Davis Company.
Bertens, K. (2002). Etika. Jakarta. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.
Beauchamp T.L.,& Childress J.F. (1994). Principles of Biomedical Ethics. New York : Oxford University Press.
Daniels. (2010). Nursing Fundamental: Caring & Clinical Decision Making. New York. Delmar Cengage Learning
Franz Magniz S. (2002). Etika Dasar, Yogyakarta: Penerbit Kanisius
Potter, P.A. &Perry ,A.G. (2010). Fundamental Keperawatan (3-vol set).EdisiBahasa Indonesia 7 Edition.Elsevier (Singapore) Pte.Ltd.
Kozier, B., Erb, G.,Berwan, A.J., & Burke,K. (2008). Fundamentals of Nursing:Concepts, Process, and Practice. New Jersey: Prentice Hall Health.
Kode Etik Perawat Indonesia
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 72 tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Nasional
Sistem Kesehatan Nasional dan Pelayanan Keperawatan, Kemenkes RI
Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 tahun 2014 tentang Keperawatan.

SISTEM IMUN DAN HEMATOLOGI
Nama Mata Kuliah : Sistem Imun dan Hematologi
SKS : 4 ( 3SKS kuliah dan 1 SKS praktikum)
Prodi : Ilmu Keperawatan
Fakultas : Keperawatan
Dosen/Pengampu Mata Kuliah
1. Risnawati, S.Kep.Ns.,M.Kes
2. Nilam Fitriani Dai, S.Kep.Ns.,M.Kes
3. Indrawahyuni Mardi,S.Kep.Ns.,M.Kes
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini akan membahas tentang prinsip-prinsip teoritis dan keterampilan klinis keperawatan tentang sistem imun dan hematologi sesuai tingkat usia manusia mulai dari pembentukan dalam rahim sampai dengan lansia. Fokus mata kuliah ini meliputi berbagai aspek yang terkait dengan fungsi imun dan hematologi yaitu mekanisme pertahanan tubuh, sel-sel darah dan mekanisme pembekuan darah. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis, komprehensit dan kritis dalam mengaplikasikan konsep sistem imun dan hematologi dengan pendekatan asuhan keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah dengan memperhatikan aspek legal dan etis.
KOMPETENSI MATA KULIAH
Setelah menyelesaikan perkuliahan ini, mahasiswa Prodi S1 Keperawatan akan mampu:
1. Melakukan simulasi asuhan keperawatan dengan kasus gangguan sistem imun dan hematologi pada berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etis.
2. Melakukan simulasi pendidikan kesehatan dengan kasus gangguan sistem imun dan hematologi pada berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etis
3. Mengidentifikasi masalah-masalah penelitian yang berhubungan dengan sistem imun dan hematologi dan menggunakan hasil penelitian dalam mengatasi masalah imun dan hematologi
4. Melakukan simulasi pengelolaan asuhan pada sekelompok klien dengan gangguan sistem imun dan hematologi pada berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etis
5. Melaksanakan fungsi advokasi pada kasus dengan gangguan sistem imun dan hematologic pada berbagai tingkat usia
6. Mendemonstrasikan intervensi keperawatan pada kasus dengan gangguan system imun dan hematologic pada berbagai tingkat usia sesuai standar yang berlaku dengan berpikir kritis,kreatif dan inovatif sehingga menghasilkan pelayanan yang efisien dan efektif.
SOFT SKILLS: Daya juang, Daya Tarik Komunikasi: Kreativitas,berpikir kritis,kerjasama,sikap kerja,pengalaman,percaya diri,berani mengambil keputusan
Matriks Pembelajaran :
Minggu |
Kemampuan akhir yang diharapkan |
Materi/Pokok Bahasan |
Strategi Pembelajaran |
Latihan yang dilakukan |
Kriteria Penilaian (Indikator) |
Bobot |
1 |
Mengenal tujuan mata kuliah Ice breaking Membangun atmosfer pembelajaran |
|
Membuat survey kelas Mengolah survey kelas Berkenalan |
|
|
|
2 - 7 |
Melakukan simulasi asuhan keperawatan dengan kasus gangguan system imun dan hematologic pada berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etis
SOFT SKILLS: Komunikasi Kreatifitas |
1. Anatomi,fisiologi,kimia,fisik a dan biokimia system imun dan hematologic 2. Patofisiologi pada system imun dan hematologic yang sering terjadi pada Dewasa : imunodefesiensi : AIDS,leukemia, Autoimun: SLE,miastenia gravis,GBS Alergi/hipersensitifitas: reaksi tranfusi,asma,rhinitis Anak-anak : Leukemia,thalasemia,hemofili ,idiopatik trombositopenia purpura (ITP),anemia,ikterus neonatorum,hiperbilirubin Lansia : Arthritis rematoid
3. Pengkajian system imun dan hematologic |
Mini lecture,Case study, SGD, Cooperative Learning, |
- Membuat rangkuman patofis dan askep secara berkelompok - Mengajarkan pada anggota kelompok lain - Menyajikan di depan kelas (presentasi) |
- Ketepatan penjelasan - Daya Tarik Komunikasi - Kreatifitas |
15% |
|
|
4. Diagnose keperawatan pada gangguan sitem imun dan hematologic 5. Dokumentasi askep 6. System layanan kesehatan untuk pasien gangguan imun dan hematologic (rujukan,gakin,jamkesmas) |
|
|
|
|
8-9 |
Melakukan simulasi pendidikan kesehatan dengan kasus gangguan system imun dan hematologic pada berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etis
SOFT SKILLS: Kreativitas Komunikasi |
Pencegahan primer,sekunder dan tersier pada masalah imun dan hematologi |
Contextual learning simulasi |
- Merangkum berbagai bentuk pencegahan pada gangguan imun dan hematologi dalam satu bentuk buku saku maksimal 10 halaman (bolak- balik) – LK1 - Membuat SAP penyuluhan & media penyuluhan - Mempraktekkan cara pemberian penkes |
- Ketepatan penjelasan - Kelengkapan konsep - Kreativitas - Daya tarik komunikasi |
10% |
10 |
Mengidentifikasi masalah-masalah penelitian yang berhubungan dengan system imun dan hematologic dan menggunakan hasil penelitian dalam |
Hasil-hasil penelitian terkait system imun dan hematologi |
Discovery learning |
- Mencari,mengump ulkan jurnal – jurnal penelitian terkait serta merangkumnya - Menyajikan hasil di depan kelas |
- Ketajaman analisis - kreatifitas - Daya tarik komunikasi |
5% |
|
mengatasi masalah system imun dan hematologic SOFT SKILLS: Komunikasi; kreativitas |
|
|
|
|
|
11-13 |
Melakukan simulasi pengelolaan asuhan pada sekelompok klien dengan gangguan system imun dan hematologic pada berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etis SOFT SKILLS: Komunikasi; Kerja sama Berfikir kritis Kreatif Berargumentasi Percaya diri Sikap kerja pengalaman |
Manajemen kasus pada system imun dan hematologic (klasifikasi kasus dan prioritas masalah system imum dan hematologic) |
Case study,SGD simulasi |
- Menjawab persoalan yang dituangkan dalam LK1 - Menyajikan didepan kelas - mempelajari dan menjalankan suatu peran yang ditugaskan kepadanya |
- Ketepatan penjelasan - Kreativitas - Daya tarik komunikasi - Ketrampilan sesuai peran |
10% |
14 |
Melaksanakan fungsi advokasi pada kasus dengan gangguan system imun dan hematologic pada berbagai tingkat usia SOFT SKILLS: Komunikasi; |
1. Prinsip-prinsip etika keperawatan : otonomi,beneficeinse,justi ce,nonmaleficience,moral right,nilai dan norma masyarakat 2. Nursing advocacy |
Problem base learning |
- Belajar dengan menggali/ mencari informasi (inquiry) serta memanfaatkan informasi tersebut untuk memecahkan |
1. Ketepatan penjelasan 2. Daya Tarik Komunikasi |
5 % |
|
Mengidentifikasi dan analisis Belajar mandiri Kerjasama Keberanian membuat keputusan Berfikir kritis, bertanggung jawab |
|
|
masalah faktual/ yang dirancang - oleh dosen LK-2 |
|
|
Prakti Kum |
Mendemonstrasikan intervensi keperawatan pada kasus dengan gangguan system imun dan hematologic pada berbagai tingkat usia sesuai standard yang berlaku dengan berpikir kritis,kreatif dan inofatif sehingga menghasilkan pelayanan yang efisien dan efektif |
Prosedur keperawatan tentang : - Pengkajian pada klien dengan masalah system imun dan hematologic - Analisa gas darah - Tourniket test |
Lab skills |
Setiap individu Mencobakan semua tindakan keterampilan |
Ketepatan pelaksanaan prosedur tindakan |
10% |
UTS dan UAS |
40% |
FORMAT RANCANGAN TUGAS
Nama Mata Kuliah : Keperawatan Sistem Imun dan Hematologi SKS : 3 Program Studi : Sarjana Keperawatan Pertemuan ke: 2-7 Fakultas : Keperawatan
A. TUJUAN TUGAS:
Menjelaskan pembuatan WOC dan asuhan keperawatan dengan gangguan imun dan hematologi pada berbagai usia
B. URAIAN TUGAS:
a. Obyek Garapan :
1. penjelasan Anatomi,fisiologi,kimia,fisika dan biokimia system imun dan hematologic
2. Patofisiologi pada system imun dan hematologic yang sering terjadi pada
a. Dewasa : Imunodefesiensi : Leukemia,
Autoimun : SLE,miastenia gravis,GBS, Alergi/hipersensitifitas: reaksi tranfusi,asma,rhinitis
b. Anak-anak : Leukemia,thalasemia,hemofili,idiopatik trombositopenia purpura (ITP), anemia, ikterus neonatorum, hiperbilirubin
c. Lansia : Arthritis rematoid
3. Pengkajian pada Sistem Imun dan Hematologi
4. Diagnose keperawatan pada gangguan sitem imun dan hematologi
5. Perencananan asuhan keperawatan dengan gangguan sitem imun dan hematologi
6. Implementasi asuhan keperawatan dengan gangguan sitem imun dan hematologi
7. Evaluasi asuhan keperawatan dengan gangguan sitem imun dan hematologi
8. System layanan kesehatan untuk pasien gangguan imun dan hematologi (rujukan,gakin,jamkesmas)
b. Metode/Cara Pengerjaan (acuan cara pengerjaan):
- Objek 1 dikerjakan dengan tutorial
- Objek 2-7 dikerjakan dengan dibagi membentuk 13 kelompok untuk membuat patofis dan askep dengan gangguan imun,hematologi
- Mengajarkan hasil pembahasan persoalan pada anggota kelompok lain hingga kelompok lain dapat memahaminya
- Mempersentasikan hasil diskusi kelompok
c. Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan:
buku Rangkuman 13 kasus gangguan imun dan hematologi yang telah dibahas dalam satu tulisan, maksimal 5 lembar bolak balik. Diketik dengan komputer dengan font: Arial (11) atau Calibri (12) atau Times New Roman (12), dengan spasi 1.5
C. KRITERIA PENILAIAN
1. Ketepatan penjelasan
2. Daya Tarik Komunikasi
3. Kreatifitas
4. Daya tarik buku
FORMAT RANCANGAN TUGAS
Nama Mata Kuliah: Keperawatan Sistem Imun dan Hematologi SKS : 3
Program Studi : Sarjana Keperawatan Pertemuan ke: 8-9 Fakultas : Keperawatan
A.TUJUAN TUGAS:
Melakukan simulasi pendidikan kesehatan dengan kasus gangguan system imun dan hematologic pada berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etis
B. URAIAN TUGAS:
a. Obyek Garapan :
pendidikan kesehatan yang harus disampaikan berisi tentang : Pencegahan primer,sekunder dan tersier pada masalah imun dan hematologi
b. Metode/Cara Pengerjaan (acuan cara pengerjaan):
- Merangkum berbagai bentuk pencegahan pada gangguan imun dan hematologi
- Membuat SAP penyuluhan dan media penyuluhan
- Mempraktekkan cara pemberian penkes (role play)
c. Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan:
- Rangkuman SAP penyuluhan pada klien dengan gangguan imun dan hematologi yang dibuat dengan maksimal 10 hal. Dijilid dan diketik dengan komputer dengan font: Arial (11) atau Calibri (12) atau Times New Roman (12), dengan spasi 1.5
- Media penyuluhan
RITERIA PENILAIAN
1. Ketepatan penjelasan
2. Daya tarik komunikasi
3. Kreativitas
FORMAT RANCANGAN TUGAS
Nama Mata Kuliah : sistem imun dan hematologi sks 3
Program Studi : Sarjana Keperawatan Pertemuan ke: 10 Fakultas : Keperawatan
A.TUJUAN TUGAS:
Mengidentifikasi masalah-masalah penelitian yang berhubungan dengan system imun dan hematologic dan menggunakan hasil penelitian dalam mengatasi masalah system imun dan hematologic
B. URAIAN TUGAS:
a. Obyek Garapan :
menganalisa dan merangkum hasil-hasil penelitian (jurnal) terkait system imun dan hematologi
b. Metode/Cara Pengerjaan (acuan cara pengerjaan):
Mencari,mengumpulkan jurnal – jurnal penelitian terkait serta merangkumnya
Menyajikan hasil di depan kelas Dalam sebuah proposal penelitan yang mengikuti standard APA
c. Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan:
Paper hasil analisis yang berasal dari berbagai sumber hasil penelitian yang kemudian disajikan dalam bentuk powerpoint pada presentasi kasus didalam kelas selama kurang lebih 30 menit tiap kelompok
RITERIA PENILAIAN
1. Ketajaman analisis
2. kreatifitas
3. Daya tarik komunikasi
FORMAT RANCANGAN TUGAS
Nama Mata Kuliah : Keperawatan Sistem Imun dan Hematologi SKS : 3
Program Studi : Sarjana Keperawatan Pertemuan ke: 11-13 Fakultas : Keperawatan
A.TUJUAN TUGAS:
Melakukan simulasi pengelolaan asuhan pada sekelompok klien dengan gangguan system imun dan hematologic pada berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etis
B. URAIAN TUGAS:
a. Obyek Garapan :
Pada sesi pembelajaran ini, mahasiswa diminta untuk melakukan manajemen kasus pada system imun dan hematologic (klasifikasi kasus dan prioritas masalah system imum dan hematologic)
b. Metode/Cara Pengerjaan (acuan cara pengerjaan):
- Menjawab persoalan yang dituangkan dalam LK1
- Menyajikan didepan kelas
- Membuat scenario & mempelajari dan menjalankan suatu peran yang ditugaskan kepadanya
c. Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan:
Paper hasil analisis yang berasal dari berbagai sumber yang kemudian dijilid dan dikumpulkan dengan ketentuan penulisan : paling minimal 10 halaman dengan spasi 1,5, font arial 12
RITERIA PENILAIAN
1. Ketepatan penjelasan
2. Daya tarik komunikasi
3. Ketrampilan sesuai peran
FORMAT RANCANGAN TUGAS
Nama Mata Kuliah : Keperawatan Sistem Imun dan Hematologi SKS : 3 Program Studi : Sarjana Keperawatan Pertemuan ke: 14 Fakultas : Keperawatan
A.TUJUAN TUGAS:
Melaksanakan fungsi advokasi pada kasus dengan gangguan system imun dan hematologic pada berbagai tingkat usia
B. URAIAN TUGAS:
a. Obyek Garapan :
1. mahasiswa diminta mencari konsep tentang Prinsip-prinsip etika keperawatan otonomi,beneficeinse,justice,nonmaleficience,moral right,nilai dan norma masyarakat
2. Nursing advocacy
b. Metode/Cara Pengerjaan (acuan cara pengerjaan):
- Mencari referensi
- Belajar dengan menggali/ mencari informasi (inquiry) serta memanfaatkan informasi tersebut untuk memecahkan masalah faktual/ yang dirancang oleh dosen LK-2 (kasus pencetus)
c. Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan:
rangkuman diskusi tentang kasus yang diberikan sebanyak 10 lembar diketik komputer dengan spasi 1,5, font arial 12
RITERIA PENILAIAN
1. Ketepatan penjelasan
2. Daya Tarik Komunikasi
POLA PENILAIAN KOMPETENSI/ RUBRIK PENILAIAN KRITERIA 1: KETEPATAN PENJELASAN
DIMENSI |
Sangat Memuaskan |
Memuaskan |
Batas |
Kurang Memuaskan |
Di bawah standard |
SKOR |
KELENGKAPAN KONSEP |
Lengkap dan integratif |
Lengkap |
Masih kurang 2 aspek yang belum terungkap |
Hanya menunjukkan sebagian konsep saja |
Tidak ada konsep |
|
KEBENARAN KONSEP |
Diungkapkan dengan tepat, sesuai dengan konsep aslinya bahkan analisis dan sintetis nya membantu memahami konsep |
Diungkap dengan tepat, namun deskriptif |
Sebagian besar konsep sudah terungkap, namun masih ada yang terlewatkan |
Kurang dapat mengungkapkan aspek penting, melebihi halaman, tidak ada proses merangkum hanya mencontoh |
Tidak ada konsep yang disajikan |
|
KRITERIA 2a: CARA PENJELASAN
DIMENSI |
Sangat Memuaskan |
Memuaskan |
Batas |
Kurang Memuaskan |
Di bawah standard |
SKOR |
PEMILIHAN STRATEGI PENJELASAN |
Strategi yang dipilih, selain tepat juga mampu menyederhanakan kompleksitas menjadi hal yang dapat diterima |
Strategi yang dipilih sesuai dengan konsep yang dijelaskan. Misalnya, menjelaskan tentang prosedur, |
Mampu menjelaskan, walaupun dengan strategi yang standard, seperti memberi ceramah pada anggota |
Strategi yang dipilih kurang sesuai dengan konsep yang dijelaskan, sehingga anggota malah |
Tidak mampu menjelaskan apapun |
|
|
anggota lain dengan mudah |
maka dipilih penjelasan dengan bagan dll |
temannya |
kebingungan dan harus menambah pengetahuan sendiri |
|
|
KRITERIA 2b: KOMUNIKASI LISAN
DIMENSI |
Sangat Memuaskan |
Memuaskan |
Batas |
Kurang Memuaskan |
Di bawah standard |
SKOR |
ISI |
Memberi inspirasi pendengar untuk mencari lebih dalam |
Menambah wawasan |
Pembaca masih harus menambah lagi informasi dari beberapa sumber |
Informasi yang disampaikan tidak menambah wawasan bagi pendengarnya |
Informasi yang disampaikan menyesatkan atau salah |
|
ORGANISASI |
Sangat runtut dan integratif sehingga pendengar dapat mengkompilasi isi dengan baik |
Cukup runtut dan memberi data pendukung fakta yang disampaikan |
Tidak didukung data, namun menyampaikan informasi yang benar |
Informasi yang disampaikan tidak ada dasarnya |
Tidak mau presentasi |
|
GAYA PRESENTASI |
Menggugah semangat pendengar |
Membuat pendengar paham, hanya sesekali saja memandang catatan |
Lebih banyak membaca catatan |
Selalu membaca catatan (tergantung pada catatan) |
Tidak berbunyi |
|
KRITERIA 3: KREATIVITAS
DIMENSI |
Sangat Memuaskan |
Memuaskan |
Batas |
Kurang Memuaskan |
Di bawah standard |
SKOR |
KREATIVITAS Media penyuluhan |
Model media yang dibuat menarik,isi mudah |
Penampilan media yang unik dan menarik |
Penampilan media telah banyak ditemui di |
Penampilan media yang sangat standard, |
Tidak membuat media penyuluhan |
|
|
dipahami,gambar menarik dan representatif dengan apa yang disampaikan, media belum pernah ataupun jarang ditemui |
|
khalayak |
isi kurang menarik audiens |
|
|
KRITERIA 3: KETEPATAN PROSEDUR TINDAKAN
DIMENSI |
Sangat Memuaskan |
Memuaskan |
Batas |
Kurang Memuaskan |
Di bawah standard |
SKOR |
Keterampilan tindakan |
Poin pengkajian terisi semua, Peralatan tersedia lengkap,Semua prosedur dilakukan dengan tepat, berurutan dan tidak terlewatkan, komunikasi interaktif dan terapeutik. Poin utama seperti prinsip sterilitas terjaga, poin bertanda bintang dilakukan semua |
Semua poin dilakukan namun kurang sempurna. Perlu banyak latihan |
Peralatan ada yang tidak tersedia,Semua prosedur dilakukan namun tidak berurutan dan komunikasi kurang interaktif dan terapeutik |
Prosedur ada yang terlewatkan,ada poin utama yang terlewatkan |
Banyak poin yang tidak dilakukan atau Tidak dilakukan sama sekali |
|
LAMPIRAN – LAMPIRAN:
1. Lecture Notes: power point
2. Lembar Kerja
3. Selected Reading Material (daftar alamat web; buku; print out artikel; fotocopy)

KESELAMATAN PASIEN DAN KESELAMATAN KESEHATAN KERJA DALAM KEPERAWATAN
MATA KULIAH : KESELAMATAN PASIEN DAN KESELAMATAN KESEHATAN KERJA DALAM KEPERAWATAN
BEBAN STUDI : 2 SKS
DOSEN PENGAMPU :
NILAM FITRIANI DAI, S.KEP.NS.,M.KES
JUMRANA,S.KEP.NS.,M.KES
DESKRIPSI MATA KULIAH
Capaian pembelajaran akhir (Kompetensi) yang ingin dicapai adalah mahasiswa mampu merencanakan upaya meningkatkan kesehatan dan keselamatan perawat dalam setiap tahap proses keperawatan sesuai standar kesehatan dan keselamatan kerja serta keselamatan pasien. Sedangkan Capaian pembelajaran penunjang (Sub-Kompetensi) adalah mahasiswa mampu:
1. Membedakan berbagai resiko dan hazard K3 dalam setiap tahap pemberian asuhan keperawatan
2. Mengidentifikasi manajemen risiko K3 dalam keperawatan
3. Mengidentifikasi upaya pencegahan penyakit akibat kerja dalam keperawatan
4. Menentukan upaya pencegahan resiko dan hazard pada setiap tahap asuhan keperawatan meliputi tahap pengkajian, perencanaan, implementasi dan evaluasi.
5. Menunjukkan praktek K3 individu selama proses pembelajaran seperti upaya memutus rantai infeksi, pencegahan bahaya fisik, radiasi, kimia, ergonomik, dan psikososial.
6. Menganalisis konsep dan prinsip patient safety serta faktor-faktor yang yang mempengaruhinya

KOMUNIKASI DALAM KEPERAWATAN II
Mata kuliah : Komunikasi Dalam Keperawatan II
Beban Studi : 3 SKS
Dosen Pengampu :
Nilam Fitriani Dai, S.Kep.Ns.,M.Kes
Jumrana, S.Kep.Ns.,M.Kes
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini mempelajari tentang prinsip-prinsip komunikasi terapeutik beserta aplikasinya dalam konteks pelayanan kesehatan secara umum dan secara khusus dalam memberikan asuhan keperawatan yang diperuntukkan bagi individu, kelompok, keluarga dan masyarakat untuk berbagi tatanan baik praktik klinis maupun komunitas.
Capaian Pembelajaran :
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran komunikasi keperawatan II, jika diberi kasus, mahasiswa mampu melakukan komunikasi terapeutik dengan klien, keluarga, kelompok khusus, atau tenaga kesehatan lainnya dengan tahap-tahap komunikasi, menghadirkan diri dan tehnik-tehnik komunikasi yang tepat.

ILMU DASAR KEPERAWATAN I
Mata kuliah : ILMU DASAR KEPERAWATAN I
Beban Studi : 4 SKS
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas tentang berbagai mekanisme didalam tubuh manusia mulai dari tingkat sel sampai tingkat organisme untuk mempertahankan kehidupannya yang mencakup berbagai konsep dan prinsip biologi, anatomi, fisiologi, biokimia dan fiisika yang terjadi dalam tubuh manusia sesuai tumbuh kembang.
Dosen Pengampu :
Nilam Fitriani Dai, S.Kep.Ns.,M.kes
Nur Syamsiah, S.Kep.Ns.,M.Kes
Jumrana, S.Kep.Ns.,M.Kes