KONSEP DASAR KEPERAWATAN 1
NILAM FITRIANI DAI -

KONSEP DASAR KEPERAWATAN 1

 Nama Mata Kuliah   :    Konsep Dasar Keperawatan (KDK) I

Kode Mata Kuliah    :   IK317

Beban Studi               :   3 (T:2, P:1, PL:0)

Dosen                          :  

1.       Nilam  Fitriani Dai, S.Kep.Ns.,M.Kes

2.      Nur Syamsiah, S.Kep.Ns.,M.Kes

3.      Jumrana, S.Kep.Ns.,M.Kes

Deskripsi Mata Kuliah:

Mata kuliah ini membahas tentang konsep caring sepanjang daur kehidupan manusia, konsep pertumbuhan dan perkembangan manusia, standar profesional dalam praktik keperawatan termasuk  etika keperawatan dan aspek legal dalam praktik keperawatan dan pendokumentasian asuhan keperawatan.Pengalaman belajar meliputi pembelajaran di kelas dan di laboratorium keperawatan.

 

Capaian Pembelajaran

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran IKD I mahasiswa mampu :

  1. Menerapkan konsep ‘caringdalam kehidupan sehari-hari
  2. Menerapkan standar profesional dalam pelayanan keperawatan yang merupakan bagian integral dalam sistem pelayanan kesehatan
  3. Menerapkan prinsip-prinsip legal etis pada pengambilan keputusan dalam konteks keperawatan

 

No

Capaian Pembelajaran

Pokok Bahasan

Metoda

1

Menerapkan konsep ‘caringdalam kehidupan sehari-hari

 

1.   Pengertian caring

2.   Teori keperawatan tentang caring

3. Aplikasi caring dalam kehidupan sehari-hari dan praktik keperawatan

4.   Perbedaan caring dan curing

Case study

Role play

Lab skills

 

2

Menerapkan standar profesional dalam pelayanan keperawatan yang merupakan bagian integral dalam sistem pelayanan kesehatan

 

1.   Pelayanan Keperawatan dalam Sistem Pelayanan Kesehatan:

a.       Sistem Klien

b.      Tingkatan  pelayanan kesehatan

2.   Keperawatan sebagai suatu profesi

a.       Peran perawat profesional

b.      Standar praktik keperawatan profesional

3. Interprofessional education dan  interprofessional collaboration

Mini lecture

Collaborative learning

3

Menerapkan prinsip-prinsip legal etis pada pengambilan keputusan dalam konteks   keperawatan

 

 

 

 

1.    Prinsip moral dan etika

2.    Ethic of care

3.    Kode etik keperawatan

4.    Isue etik  dalam praktik        keperawatan

5.    Prinsip-prinsip legal dalam praktik

6.    Aspek hukum dalam keperawatan

7.    Pelindungan hukum dalam praktik keperawatan

8.    Nursing advocacy

9.    Pengambilan keputusan legal etis

Mini lecture, Case study, Small Group Discussion (SGD)

Discovery Learning (DL)

 

Daftar Referensi:

 

Aiken, T.D. (2004). Legal, Ethical, and Political Issues in Nursing. 2nd Ed. Philadelphia: F.A.        Davis Company.

Bertens, K. (2002). Etika. Jakarta. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Beauchamp T.L.,& Childress J.F. (1994). Principles of Biomedical Ethics. New York :      Oxford University Press.

Daniels. (2010). Nursing Fundamental: Caring & Clinical Decision Making. New York.    Delmar Cengage Learning

Franz Magniz S. (2002). Etika Dasar, Yogyakarta: Penerbit Kanisius

Potter, P.A. &Perry ,A.G. (2010). Fundamental Keperawatan (3-vol set).EdisiBahasa        Indonesia 7 Edition.Elsevier (Singapore) Pte.Ltd.

Kozier, B., Erb, G.,Berwan, A.J., & Burke,K. (2008). Fundamentals of Nursing:Concepts,            Process, and Practice. New Jersey: Prentice Hall Health.

Kode Etik Perawat Indonesia

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 72 tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Nasional

Sistem Kesehatan Nasional dan Pelayanan Keperawatan, Kemenkes RI

Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 tahun 2014 tentang Keperawatan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


SISTEM IMUN DAN HEMATOLOGI
NILAM FITRIANI DAI -

SISTEM IMUN DAN HEMATOLOGI

Nama Mata Kuliah                :  Sistem Imun dan Hematologi

 SKS                                           :  4 ( 3SKS kuliah dan 1 SKS praktikum)

Prodi                                        : Ilmu Keperawatan

 Fakultas                                  : Keperawatan

Dosen/Pengampu Mata Kuliah          

1.    Risnawati, S.Kep.Ns.,M.Kes

2.    Nilam Fitriani Dai, S.Kep.Ns.,M.Kes

3.    Indrawahyuni Mardi,S.Kep.Ns.,M.Kes

 

 

 

DESKRIPSI MATA KULIAH

 

Mata kuliah ini akan membahas tentang prinsip-prinsip teoritis dan keterampilan klinis keperawatan tentang sistem imun dan hematologi sesuai tingkat usia manusia mulai dari pembentukan dalam rahim sampai dengan lansia. Fokus mata kuliah ini meliputi berbagai aspek yang terkait dengan fungsi imun dan hematologi yaitu mekanisme pertahanan tubuh, sel-sel darah dan mekanisme pembekuan darah. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis, komprehensit dan kritis dalam mengaplikasikan konsep sistem imun dan hematologi dengan pendekatan asuhan keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah dengan memperhatikan aspek legal dan etis.

 

 

 

 

KOMPETENSI MATA KULIAH

 

Setelah menyelesaikan perkuliahan ini, mahasiswa Prodi S1 Keperawatan akan mampu:

 

1.    Melakukan simulasi asuhan keperawatan dengan kasus gangguan sistem imun dan hematologi pada berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etis.

2.    Melakukan simulasi pendidikan kesehatan dengan kasus gangguan sistem imun dan hematologi pada berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etis


3.    Mengidentifikasi masalah-masalah penelitian  yang berhubungan dengan sistem imun dan hematologi dan menggunakan hasil penelitian dalam mengatasi masalah imun dan hematologi

4.    Melakukan simulasi pengelolaan asuhan pada sekelompok klien dengan gangguan sistem imun dan hematologi pada berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etis

5.    Melaksanakan fungsi advokasi pada kasus dengan gangguan sistem imun dan hematologic pada berbagai tingkat usia

6.    Mendemonstrasikan intervensi keperawatan pada kasus dengan gangguan system imun dan hematologic pada berbagai tingkat usia sesuai standar yang berlaku dengan berpikir kritis,kreatif dan inovatif sehingga menghasilkan pelayanan yang efisien dan efektif.

 

 

 

 

SOFT SKILLS: Daya juang, Daya Tarik Komunikasi: Kreativitas,berpikir kritis,kerjasama,sikap kerja,pengalaman,percaya diri,berani mengambil keputusan


 

 

 

 

 

 

Matriks Pembelajaran :

 

 

Minggu

 

Kemampuan akhir yang diharapkan

 

Materi/Pokok Bahasan

 

Strategi Pembelajaran

 

Latihan yang dilakukan

Kriteria

Penilaian (Indikator)

 

Bobot

 

 

 

1

Mengenal tujuan mata

kuliah

Ice breaking Membangun  atmosfer

pembelajaran

 

Membuat survey

kelas

Mengolah survey kelas

Berkenalan

 

 

 

 

2 - 7

Melakukan simulasi asuhan keperawatan dengan kasus

gangguan system imun dan hematologic

pada berbagai tingkat usia dengan

memperhatikan aspek

legal dan etis

 

SOFT SKILLS:

Komunikasi Kreatifitas

1.  Anatomi,fisiologi,kimia,fisik a dan biokimia system imun dan hematologic

2.  Patofisiologi pada system imun dan hematologic

yang sering terjadi pada Dewasa : imunodefesiensi :

AIDS,leukemia,

Autoimun: SLE,miastenia gravis,GBS Alergi/hipersensitifitas: reaksi

tranfusi,asma,rhinitis

Anak-anak : Leukemia,thalasemia,hemofili

,idiopatik trombositopenia

purpura (ITP),anemia,ikterus neonatorum,hiperbilirubin Lansia :

Arthritis rematoid

 

3.  Pengkajian system imun dan hematologic

Mini lecture,Case study, SGD, Cooperative

Learning,

-   Membuat rangkuman patofis dan askep secara berkelompok

-   Mengajarkan pada anggota kelompok lain

-   Menyajikan di depan kelas

(presentasi)

-       Ketepatan penjelasan

-       Daya Tarik Komunikasi

-       Kreatifitas

 

15%


 

 

 

 

4.  Diagnose keperawatan

pada gangguan sitem imun dan hematologic

5.  Dokumentasi askep

6.  System layanan kesehatan untuk pasien gangguan imun dan hematologic (rujukan,gakin,jamkesmas)

 

 

 

 

 

8-9

Melakukan simulasi pendidikan kesehatan

dengan kasus

gangguan system imun dan hematologic pada berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etis

 

SOFT SKILLS:

Kreativitas Komunikasi

 

Pencegahan primer,sekunder dan tersier pada masalah imun dan hematologi

 

Contextual learning simulasi

-       Merangkum berbagai bentuk pencegahan pada gangguan imun dan hematologi dalam satu bentuk buku saku

maksimal 10 halaman (bolak- balik) – LK1

-       Membuat SAP penyuluhan & media penyuluhan

-       Mempraktekkan cara pemberian penkes

-       Ketepatan penjelasan

-       Kelengkapan konsep

-       Kreativitas

-       Daya tarik

komunikasi

 

10%

 

10

Mengidentifikasi

masalah-masalah penelitian  yang berhubungan dengan system imun dan hematologic dan menggunakan hasil penelitian dalam

 

Hasil-hasil penelitian terkait system imun dan hematologi

 

Discovery learning

-    Mencari,mengump ulkan jurnal – jurnal penelitian

terkait serta merangkumnya

-    Menyajikan hasil di depan kelas

-       Ketajaman analisis

-       kreatifitas

-       Daya tarik

komunikasi

 

5%


 

 

 

mengatasi masalah

system imun dan hematologic SOFT SKILLS:

Komunikasi; kreativitas

 

 

 

 

 

 

 

 

11-13

Melakukan simulasi pengelolaan asuhan

pada sekelompok klien dengan

gangguan system

imun dan hematologic pada berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etis

SOFT SKILLS:

Komunikasi; Kerja sama Berfikir kritis Kreatif Berargumentasi Percaya diri Sikap kerja pengalaman

Manajemen kasus pada system imun dan

hematologic (klasifikasi kasus dan prioritas

masalah system imum

dan hematologic)

Case study,SGD simulasi

-   Menjawab persoalan yang dituangkan dalam

LK1

-    Menyajikan didepan kelas

-   mempelajari dan menjalankan suatu peran yang ditugaskan

kepadanya

-       Ketepatan penjelasan

-       Kreativitas

-       Daya tarik

komunikasi

-       Ketrampilan sesuai peran

 

10%

 

14

Melaksanakan fungsi advokasi pada kasus dengan gangguan

system imun dan hematologic pada

berbagai tingkat usia

SOFT SKILLS:

Komunikasi;

1.    Prinsip-prinsip etika keperawatan : otonomi,beneficeinse,justi

ce,nonmaleficience,moral right,nilai dan norma

masyarakat

2.    Nursing advocacy

Problem base learning

-  Belajar dengan menggali/ mencari informasi (inquiry) serta memanfaatkan informasi tersebut untuk

memecahkan

1.    Ketepatan penjelasan

2.    Daya Tarik

Komunikasi

 

5 %


 

 

 

Mengidentifikasi dan

analisis  Belajar mandiri Kerjasama

Keberanian membuat keputusan

Berfikir kritis, bertanggung jawab

 

 

masalah faktual/

yang dirancang

-  oleh dosen LK-2

 

 

Prakti Kum

Mendemonstrasikan intervensi

keperawatan pada

kasus dengan gangguan system imun dan hematologic pada berbagai tingkat usia sesuai standard yang berlaku dengan berpikir kritis,kreatif dan inofatif sehingga menghasilkan pelayanan yang efisien dan efektif

Prosedur keperawatan tentang :

-          Pengkajian pada klien dengan masalah system imun dan

hematologic

-          Analisa gas darah

-          Tourniket test

Lab skills

Setiap individu Mencobakan

semua tindakan

keterampilan

Ketepatan pelaksanaan

prosedur

tindakan

10%

 

UTS dan UAS

40%


 

 

 

 

FORMAT RANCANGAN TUGAS

 

 

Nama Mata Kuliah          : Keperawatan Sistem Imun dan Hematologi                                          SKS                                          : 3 Program Studi                                          : Sarjana Keperawatan                                          Pertemuan ke: 2-7 Fakultas                                          : Keperawatan

 

A.         TUJUAN TUGAS:

Menjelaskan pembuatan WOC dan asuhan keperawatan dengan gangguan imun dan hematologi pada berbagai usia

 

 

B.  URAIAN TUGAS:

a.  Obyek Garapan     :

1.       penjelasan Anatomi,fisiologi,kimia,fisika dan biokimia system imun dan hematologic

2.       Patofisiologi pada system imun dan hematologic yang sering terjadi pada

a.    Dewasa : Imunodefesiensi : Leukemia,

Autoimun                    : SLE,miastenia gravis,GBS, Alergi/hipersensitifitas: reaksi tranfusi,asma,rhinitis

b.    Anak-anak                                 : Leukemia,thalasemia,hemofili,idiopatik trombositopenia purpura (ITP), anemia, ikterus neonatorum, hiperbilirubin

c.    Lansia                                         : Arthritis rematoid

3.         Pengkajian pada Sistem Imun dan Hematologi

4.         Diagnose keperawatan pada gangguan sitem imun dan hematologi

5.         Perencananan asuhan keperawatan dengan gangguan sitem imun dan hematologi

6.         Implementasi asuhan keperawatan dengan gangguan sitem imun dan hematologi

7.         Evaluasi asuhan keperawatan dengan gangguan sitem imun dan hematologi

8.         System layanan kesehatan untuk pasien gangguan imun dan hematologi (rujukan,gakin,jamkesmas)

 

 

b.  Metode/Cara Pengerjaan (acuan cara pengerjaan):

-          Objek 1 dikerjakan dengan tutorial

-          Objek 2-7 dikerjakan dengan dibagi membentuk 13 kelompok untuk membuat patofis dan askep dengan gangguan imun,hematologi


 

-          Mengajarkan hasil pembahasan persoalan pada anggota kelompok lain hingga kelompok lain dapat memahaminya

-          Mempersentasikan hasil diskusi kelompok

 

 

 

 

c.  Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan:

buku Rangkuman 13 kasus gangguan imun dan hematologi  yang telah dibahas dalam satu tulisan, maksimal 5 lembar bolak balik. Diketik dengan komputer dengan font: Arial (11) atau Calibri (12) atau Times New Roman (12), dengan spasi 1.5

 

C.         KRITERIA PENILAIAN

1.    Ketepatan penjelasan

2.    Daya Tarik Komunikasi

3.    Kreatifitas

4.    Daya tarik buku


 

 

 

 

FORMAT RANCANGAN TUGAS

 

 

Nama Mata Kuliah: Keperawatan Sistem Imun dan Hematologi                              SKS    : 3

Program Studi     : Sarjana Keperawatan                              Pertemuan ke: 8-9 Fakultas                              : Keperawatan

 

 

 

A.TUJUAN TUGAS:

Melakukan simulasi pendidikan kesehatan dengan kasus gangguan system imun dan hematologic pada berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etis

 

 

 

B.  URAIAN TUGAS:

a.  Obyek Garapan     :

pendidikan kesehatan yang harus disampaikan berisi tentang : Pencegahan primer,sekunder dan tersier pada masalah                                                                                                                                                                                   imun dan hematologi

 

b.  Metode/Cara Pengerjaan (acuan cara pengerjaan):

-       Merangkum berbagai bentuk pencegahan pada gangguan imun dan hematologi

-       Membuat SAP penyuluhan dan media penyuluhan

-       Mempraktekkan cara pemberian penkes (role play)

 

 

c.  Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan:

-          Rangkuman SAP penyuluhan pada klien dengan gangguan imun dan hematologi yang dibuat dengan maksimal 10 hal. Dijilid dan diketik dengan komputer dengan font: Arial (11) atau Calibri (12) atau Times New Roman (12), dengan spasi 1.5

-          Media penyuluhan


 

RITERIA PENILAIAN

1.    Ketepatan penjelasan

2.    Daya tarik komunikasi

3.    Kreativitas


 

FORMAT RANCANGAN TUGAS

Nama Mata Kuliah          : sistem imun dan hematologi                                                                     sks        3

Program Studi     : Sarjana Keperawatan                              Pertemuan ke: 10 Fakultas                              : Keperawatan

 

A.TUJUAN TUGAS:

Mengidentifikasi masalah-masalah penelitian  yang berhubungan dengan system imun dan hematologic dan menggunakan                                                                                                                                                                        hasil penelitian dalam mengatasi masalah system imun dan hematologic

 

B.  URAIAN TUGAS:

a.  Obyek Garapan     :

menganalisa dan merangkum hasil-hasil penelitian (jurnal) terkait system imun dan hematologi

 

 

b.  Metode/Cara Pengerjaan (acuan cara pengerjaan):

Mencari,mengumpulkan jurnal – jurnal penelitian terkait  serta merangkumnya

Menyajikan hasil di depan kelas Dalam sebuah proposal penelitan yang mengikuti standard APA

 

 

c.  Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan:

Paper hasil analisis yang berasal dari berbagai sumber hasil penelitian yang kemudian disajikan dalam bentuk powerpoint pada presentasi kasus didalam kelas selama kurang lebih 30 menit tiap kelompok

 

 

 

RITERIA PENILAIAN

1.    Ketajaman analisis

2.    kreatifitas

3.    Daya tarik komunikasi


 

 

 

FORMAT RANCANGAN TUGAS

 

 

Nama Mata Kuliah          : Keperawatan Sistem Imun dan Hematologi                                SKS    : 3

Program Studi                 : Sarjana Keperawatan                                          Pertemuan ke: 11-13 Fakultas                                          : Keperawatan

 

A.TUJUAN TUGAS:

Melakukan simulasi pengelolaan asuhan pada sekelompok klien dengan gangguan system imun dan hematologic pada berbagai tingkat usia dengan memperhatikan aspek legal dan etis

 

B.  URAIAN TUGAS:

a.  Obyek Garapan     :

 

 

Pada sesi pembelajaran ini, mahasiswa diminta untuk melakukan manajemen kasus pada system imun dan hematologic (klasifikasi kasus dan prioritas masalah system imum dan hematologic)

 

b.  Metode/Cara Pengerjaan (acuan cara pengerjaan):

-   Menjawab persoalan yang dituangkan dalam LK1

-    Menyajikan didepan kelas

-   Membuat scenario & mempelajari dan menjalankan suatu peran yang ditugaskan kepadanya

 

 

c.  Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan:

Paper hasil analisis yang berasal dari berbagai sumber yang kemudian dijilid dan dikumpulkan dengan ketentuan penulisan : paling minimal 10 halaman dengan spasi 1,5, font arial 12

 

RITERIA PENILAIAN

1.    Ketepatan penjelasan

2.    Daya tarik komunikasi

3.    Ketrampilan sesuai peran


 

FORMAT RANCANGAN TUGAS

 

 

Nama Mata Kuliah          : Keperawatan Sistem Imun dan Hematologi                                          SKS                                          : 3 Program Studi                                          : Sarjana Keperawatan                                          Pertemuan ke: 14 Fakultas                                          : Keperawatan

 

 

 

A.TUJUAN TUGAS:

Melaksanakan fungsi advokasi pada kasus dengan gangguan system imun dan hematologic pada berbagai tingkat usia

 

 

B.  URAIAN TUGAS:

a.  Obyek Garapan     :

1.    mahasiswa diminta mencari konsep tentang Prinsip-prinsip etika keperawatan otonomi,beneficeinse,justice,nonmaleficience,moral right,nilai dan norma masyarakat

2.    Nursing advocacy

 

 

b.  Metode/Cara Pengerjaan (acuan cara pengerjaan):

-    Mencari referensi

-    Belajar dengan menggali/ mencari informasi (inquiry) serta memanfaatkan informasi tersebut untuk memecahkan masalah faktual/ yang dirancang oleh dosen LK-2 (kasus pencetus)

 

 

c.  Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan:

rangkuman diskusi tentang kasus yang diberikan sebanyak 10 lembar diketik komputer  dengan spasi 1,5, font arial 12

 

 

 

RITERIA PENILAIAN

1.    Ketepatan penjelasan

2.    Daya Tarik Komunikasi


 

 

 

 

POLA PENILAIAN KOMPETENSI/ RUBRIK PENILAIAN KRITERIA 1: KETEPATAN PENJELASAN

 

DIMENSI

Sangat Memuaskan

Memuaskan

Batas

Kurang Memuaskan

Di bawah standard

SKOR

KELENGKAPAN

KONSEP

Lengkap dan

integratif

Lengkap

Masih kurang 2

aspek yang belum terungkap

Hanya

menunjukkan sebagian konsep saja

Tidak ada konsep

 

KEBENARAN KONSEP

Diungkapkan dengan tepat,

sesuai dengan konsep aslinya

bahkan analisis dan sintetis nya

membantu

memahami konsep

Diungkap dengan tepat, namun

deskriptif

Sebagian besar konsep sudah

terungkap, namun masih ada yang

terlewatkan

Kurang dapat mengungkapkan

aspek penting, melebihi halaman,

tidak ada proses merangkum

hanya mencontoh

Tidak ada konsep yang disajikan

 

 

KRITERIA 2a: CARA PENJELASAN

 

DIMENSI

Sangat

Memuaskan

Memuaskan

Batas

Kurang

Memuaskan

Di bawah

standard

SKOR

PEMILIHAN

STRATEGI PENJELASAN

Strategi yang

dipilih, selain tepat juga mampu menyederhanakan kompleksitas menjadi hal yang dapat diterima

Strategi yang

dipilih sesuai dengan konsep yang dijelaskan. Misalnya, menjelaskan tentang prosedur,

Mampu

menjelaskan, walaupun dengan strategi yang standard, seperti memberi ceramah pada anggota

Strategi yang

dipilih kurang sesuai dengan konsep yang dijelaskan, sehingga anggota malah

Tidak mampu

menjelaskan apapun

 


 

 

 

anggota lain

dengan mudah

maka dipilih

penjelasan dengan bagan dll

temannya

kebingungan dan

harus menambah pengetahuan sendiri

 

 

 

KRITERIA 2b: KOMUNIKASI LISAN

 

DIMENSI

Sangat

Memuaskan

Memuaskan

Batas

Kurang

Memuaskan

Di bawah

standard

SKOR

ISI

Memberi inspirasi pendengar untuk

mencari lebih

dalam

Menambah wawasan

Pembaca masih harus menambah

lagi informasi dari

beberapa sumber

Informasi yang disampaikan tidak

menambah

wawasan bagi pendengarnya

Informasi yang disampaikan

menyesatkan atau

salah

 

ORGANISASI

Sangat runtut dan integratif sehingga pendengar dapat

mengkompilasi isi dengan baik

Cukup runtut dan memberi data pendukung fakta

yang disampaikan

Tidak didukung data, namun menyampaikan

informasi yang benar

Informasi yang disampaikan tidak ada dasarnya

Tidak mau presentasi

 

GAYA

PRESENTASI

Menggugah semangat

pendengar

Membuat pendengar

paham, hanya sesekali saja memandang

catatan

Lebih banyak membaca catatan

Selalu membaca catatan

(tergantung pada catatan)

Tidak berbunyi

 

 

 

 

KRITERIA 3: KREATIVITAS

 

DIMENSI

Sangat Memuaskan

Memuaskan

Batas

Kurang Memuaskan

Di bawah standard

SKOR

KREATIVITAS

Media penyuluhan

Model media yang dibuat menarik,isi mudah

Penampilan media yang unik dan menarik

Penampilan media telah banyak ditemui di

Penampilan media yang sangat standard,

Tidak membuat media penyuluhan

 


 

 

 

dipahami,gambar

menarik dan representatif dengan apa yang disampaikan, media  belum pernah ataupun jarang ditemui

 

khalayak

isi kurang menarik

audiens

 

 

 

 

 

 

KRITERIA 3: KETEPATAN PROSEDUR TINDAKAN

 

DIMENSI

Sangat Memuaskan

Memuaskan

Batas

Kurang Memuaskan

Di bawah standard

SKOR

Keterampilan

tindakan

Poin     pengkajian

terisi           semua, Peralatan  tersedia lengkap,Semua prosedur dilakukan  dengan tepat,               berurutan dan                            tidak

terlewatkan, komunikasi interaktif        dan terapeutik.      Poin utama          seperti prinsip      sterilitas terjaga,           poin bertanda   bintang dilakukan semua

Semua poin

dilakukan namun kurang sempurna. Perlu banyak latihan

Peralatan                         ada

yang                      tidak tersedia,Semua prosedur dilakukan           namun tidak              berurutan dan           komunikasi kurang                interaktif dan terapeutik

Prosedur ada yang

terlewatkan,ada poin utama yang terlewatkan

Banyak poin yang

tidak dilakukan atau Tidak dilakukan sama sekali

 


 

 

 

 

LAMPIRAN – LAMPIRAN:

 

1.      Lecture Notes: power point

2.      Lembar Kerja

3.      Selected Reading Material (daftar alamat web; buku; print out artikel; fotocopy)


KESELAMATAN PASIEN DAN KESELAMATAN KESEHATAN KERJA DALAM KEPERAWATAN
NILAM FITRIANI DAI -

KESELAMATAN PASIEN DAN KESELAMATAN KESEHATAN KERJA DALAM KEPERAWATAN

MATA KULIAH : KESELAMATAN PASIEN DAN KESELAMATAN KESEHATAN KERJA DALAM KEPERAWATAN

BEBAN STUDI : 2 SKS

DOSEN PENGAMPU :

NILAM FITRIANI DAI, S.KEP.NS.,M.KES

JUMRANA,S.KEP.NS.,M.KES

DESKRIPSI MATA KULIAH 

Capaian pembelajaran akhir (Kompetensi) yang ingin dicapai adalah mahasiswa mampu merencanakan upaya meningkatkan kesehatan dan keselamatan perawat dalam setiap tahap proses keperawatan sesuai standar kesehatan dan keselamatan kerja serta keselamatan pasien. Sedangkan Capaian pembelajaran penunjang (Sub-Kompetensi) adalah mahasiswa mampu:

1. Membedakan berbagai resiko dan hazard K3 dalam setiap tahap pemberian asuhan keperawatan

2. Mengidentifikasi manajemen risiko K3 dalam keperawatan

3. Mengidentifikasi upaya pencegahan penyakit akibat kerja dalam keperawatan

4. Menentukan upaya pencegahan resiko dan hazard pada setiap tahap asuhan keperawatan meliputi tahap pengkajian, perencanaan, implementasi dan evaluasi.

5. Menunjukkan praktek K3 individu selama proses pembelajaran seperti upaya memutus rantai infeksi, pencegahan bahaya fisik, radiasi, kimia, ergonomik, dan psikososial.

6. Menganalisis konsep dan prinsip patient safety serta faktor-faktor yang yang mempengaruhinya



KOMUNIKASI DALAM KEPERAWATAN II
NILAM FITRIANI DAI -

KOMUNIKASI DALAM KEPERAWATAN II

Mata kuliah : Komunikasi Dalam Keperawatan II
Beban Studi : 3 SKS

Dosen Pengampu :

Nilam Fitriani Dai, S.Kep.Ns.,M.Kes

Jumrana, S.Kep.Ns.,M.Kes

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini mempelajari tentang prinsip-prinsip komunikasi terapeutik beserta aplikasinya dalam konteks pelayanan kesehatan secara umum dan secara khusus dalam memberikan asuhan keperawatan yang diperuntukkan bagi individu, kelompok, keluarga dan masyarakat untuk berbagi tatanan baik praktik klinis maupun komunitas.

 Capaian Pembelajaran :

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran komunikasi keperawatan II, jika diberi kasus, mahasiswa mampu melakukan komunikasi terapeutik dengan klien, keluarga, kelompok khusus, atau tenaga kesehatan lainnya dengan tahap-tahap komunikasi, menghadirkan diri dan tehnik-tehnik komunikasi yang tepat.

ILMU DASAR KEPERAWATAN I
NILAM FITRIANI DAI -

ILMU DASAR KEPERAWATAN I

Mata kuliah : ILMU DASAR KEPERAWATAN I
Beban Studi : 4 SKS

Deskripsi Mata Kuliah 
 
Mata kuliah ini membahas tentang berbagai mekanisme didalam tubuh manusia mulai dari tingkat sel sampai tingkat organisme untuk mempertahankan kehidupannya yang mencakup berbagai konsep dan prinsip biologi, anatomi, fisiologi, biokimia dan fiisika yang terjadi dalam tubuh manusia sesuai tumbuh kembang.

Dosen Pengampu :

Nilam Fitriani Dai, S.Kep.Ns.,M.kes

Nur Syamsiah, S.Kep.Ns.,M.Kes

Jumrana, S.Kep.Ns.,M.Kes