KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH BID KARDIOVASKULER
ASTUTI S. Kep., Ns., M. Kes

KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH BID KARDIOVASKULER

FOKUS MATA AJAR INI ADALAH PADA PEMENUHAN KEBUTUHAN KLIEN DEWASA DENGAN GANGGUAN SISTEM ENDOKRIN ,IMUNOLOGI,PENCERNAAN DAN PERKEMIHAN,PEMBERIAN ASUHAN KEPERAWATAN PADA KASUS SISTEM ENDOKRIN ,IMUNOLOGI,PENCERNAAN DAN PERKEMIHAN BERDASARKAN PROSES KEPERAWATAN DENGAN MENGAPLIKASIKAN ILMU BIOMEDIK SEPERTI BIOLOGI, HISTOLOGI, BIOKIMIA,ANATOMI,FISIOLOGI,PATOFISIOLOGI,ILMU KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH ,ILMU PENYAKIT DALAM,FARMAKOLOGI,NUTRISI,BEDAH DAN REHABILITASI.GANGGUAN SISTEM TERSEBUT MELIPUTI GANGGUAN PERADANGAN ,KELAIANAN DEGENERATIVE,KEGANASAN DAN TRAUMA,YANG TERMASUK 10 KASUS TERBESAR BAIK LOKAL,REGIONAL,NASIONAL DAN INTERNATIONAL.LINGKUP BAHASAN MULAI DARI PENGKAJIAN SAMPAI DENGAN EVALUASIASUHAN TERHADAP KLIEN.PROSES PEMBELAJARAN DILAKUKAN MELALUI KULIAH PAKAR,COLLABORATIVE LEARNING (CL),DAN BELAJAR BERDASARKAN MASALAH (BDM) DAN PRAKTIK LABORATORIUM.

KEPERAWATAN MATERNITAS II
ASTUTI S. Kep., Ns., M. Kes

KEPERAWATAN MATERNITAS II

MATA KULIAH INI MEMBAHAS TENTANGUPAYA MENINGKATKAN KESEHATAN REPRODUKSI PEREMPUAN USIA SUBUR,IBU HAMIL,MELAHIRKAN NIFAS DIANTARA DUA MASA KEHAMILAN DAN BAYI BARU LAHIR DALAM KONDISI BERESIKO DAN MASALAH-MASALAH YANG BERHUBUNGAN DENGAN REPRODUKSI DENGAN PENEKANAN PADA UPAYA PREVENTIF DAN PROMOTIF YANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROSES KEPERAWATAN SERTA MEMPERHATIKAN ASPEK LEGAL DAN ETIS DITATANAN KLINIK MAUPUN KOMUNITAS.

KEPERAWATAN ANAK 1
NILAM FITRIANI DAI -

KEPERAWATAN ANAK 1

Nama Mata Kuliah   :   Keperawatan Anak I

Kode Mata Kuliah      :   IK445

Beban Studi                :   4 (T:2, P:1, PL:1)

Prasyarat                     :   -

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini adalah mata kuliah keahlian keperawatan yang berfokus kepada respon anak dan keluarganya pada setiap tahap perkembangan mulai lahir sampai akhir masa remaja baik dalam keadaan sehat ataupun sakit akut, di masyarakat ataupun dirawat di rumah sakit, serta intervensi keperawatannya baik yang bersifat mandiri maupun kolaboratif.

 

Mata kuliah ini juga  merupakan integrasi dan penerapan ilmu keperawatan dasar dan ilmu dasar keperawatan yang membantu mengantarkan mahasiswa untuk mendalami tentang bagaimana melakukan asuhan keperawatan profesional (holistik), memberikan pendidikan kesehatan, menjalankan fungsi advokasi bagi klien/keluarganya dengan menerapkan komunikasi efektif, serta membuat keputusan dengan mempertimbangkan aspek  legal dan etik.

 

Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep dengan pendekatan proses keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah serta mengembangkan sikap profesional (pengembangan soft sklills) melalui beberapa model belajar yang relevan.

 

Capaian Pembelajaran :

Bila diberi kasus, mahasiswa mampu:

1.     Melakukan simulasi asuhan keperawatan kepada anak sehat /keluarganya   dengan mengembangkan pola pikir kritis, logis dan etis, menggunakan komunikasi terapeutik dan memperhatikan aspek budaya, menghargai sumber-sumber etnik, agama atau faktor lain dari setiap pasien  yang unik

2.     Melakukan simulasi asuhan keperawatan kepada anak sakit akut, kronis/terminal serta keluarganya dengan mengembangkan pola pikir kritis, logis dan etis, menggunakan komunikasi terapeutik dan memperhatikan aspek budaya  dan menghargai sumber-sumber etnik, agama atau faktor lain dari setiap pasien  yang unik

3.     Mampu mendemonstrasikan intervensi keperawatan baik mandiri maupun kolaborasi pada sehat/sakit akut dengan menerapkan konsep ilmu dasar keperawatan dan ilmu keperawatan dasar sesuai SOP serta  menerapkan prinsip atrauma care, legal dan  etis.

4.     Mampu memberikan simulasi pendidikan kesehatan kepada anak/keluaga sebagai upaya pencegahan primer, sekunder dan tersier.

5.     Mampu menjalankan fungsi advokasi bagi anak/keluarga berbagai  yang mengalami  untuk mempertahankan hak klien agar dapat mengambil keputusan untuk dirinya


ILMU DASAR KEPERAWATAN II
NILAM FITRIANI DAI -

ILMU DASAR KEPERAWATAN II

Mata kuliah ini membahas tentang konsep patologi, patofisiologi, mikrobiologi dan parasitologi, serta farmakologi pada berbagai kondisi sebagai landasan dalam mempelajari ilmu-ilmu lanjutan/ keahlian.

 

Capaian Pembelajaran:

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran IDK II, bila diberi data kasus, mahasiswa mampu :

1.     Menjelaskan konsep patologi dan patofisiologi yang terjadi pada masalah yang diberikan.

2.     Menjelaskan perbedaan proses infeksi berbagai agen infeksius berdasarkan struktur, siklus hidup, dan mekanisme menyebabkan kerusakan sel pejamu.

3.     Menjelaskan konsep dasar farmakologi yang mendasari pemberian terapi sesuai dengan masalah yang diberikan.

4.     Menjelaskan konsep dasar penatalaksanaan spesimen dan pemeriksaan data penunjang lain sesuai dengan masalah yang diberikan