
KEPERAWATAN DASAR II
Mata kuliah ini membahas tentang prosedur keperawatan yang menjadi dasar ilmiah dalam praktik keperawatan yang mencakup pengukuran tanda vital, pengkajian keperawatan dan pemeriksaan fisik, pengendalian infeksi dan prosedur pemberian medikasi. Pengalaman belajar meliputi pembelajaran di kelas, laboratorium keperawatan, dan klinik.

KOMUNIKASI KEPERAWATAN 1
Mata Kuliah ini mempelajari tentang prinsip-prinsip komunikasi umumbeserta aplikasinya dalam konteks pelayanan kesehatan secara umum dan secara khusus dalam memberikan asuhan keperawatan yang diperuntukkan bagi individu, kelompok, keluarga dan masyarakat, serta dalam tim kesehatan untuk berbagai tatanan baik praktik klinis maupun komunitas. Selain itu, dibahas pula trend dan issue yg berkaitan dengan perkembangan komunikasi dalam bidang kesehatan.

KEPERAWATAN DASAR II
mata kuliah keperawatan dasar merupakan mata kuliah yang mempelajari dasar-dasar kebutuhan dasar manusia dari berbagai sistem

Keperawatan Kesehatan Jiwa 1
Mata Kuliah : Keperawatan Kesehatan Jiwa I
Kode Mata Kuliah : IK346
Beban Studi : 3 (T:2, P:1, PL:0)
Prasyarat : Komunikasi terapeutik
Dosen : 1. Nilam Fitriani Dai, S.Kep.Ns.,M,Kes
2. Nursyamsiah, S.Kep.Ns.,M.Kes
Deskripsi Mata Kuliah:
Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep–konsep dan prinsip – prinsip serta trend dan isu kesehatan dan keperawatan jiwa. Dalam mata kuliah ini juga dibahas tentang klien sebagai sistem yang adaptif dalam rentang respons sehat jiwa sampai ganggua jiwa, psikodinamika, terjadinya masalah kesehatan/keperawatan jiwa yang umum di Indonesia. Upaya keperawatan dalam pencegahan primer, sekunder dan tertier terhadap klien dengan masalah psikososial dan spiritual merupakan focus dalam mata kuliah ini, termasuk hubungan terapeutik secara individu dan dalam koteks keluarga. Pengalaman belajar ini akan berguna dalam memberikan pelayanan/asuhan keperawatan jiwa dan integrasi keperawatan jiwa pada area keperawatan lainnya
Capaian Pembelajaran Mata kuliah:
Bila diberi data atau kasus mahasiswamampu :
1. Menganalisis sejarah keperawatan jiwa dan Trend serta isu dalam keperawatan jiwa global
2. Menganalisis Konseptual model dalam keperawatan jiwa termasuk prevensi primer, sekunder dan tertier
3. Menganalisis proses terjadinya gangguan jiwa dalam perspektif keperawatan jiwa
4. Menganalisis peran dan fungsi perawat jiwa dan kolaborasi interdisiplin dalam kesehatan dan keperawatan jiwa
5. Menerapkan proses keperawatan jiwa, prinsip-prinsip legal etis dan lintas budaya dalam asuhan keperawatan keperawatan jiwa
6. Menganalisa pelayanan keperawatan jiwa pada situasi bencana
7. Melakukan simulasi askep Sehat Jiwa sepanjang rentang kehidupan: ibu hamil, bayi, todler, prasekolah, usia sekolah, remaja, dewasa, lansia
8. Melakukan simulasi asuhan keperawatan klien dengan masalah psikososial: Kecemasan, gangguan konsep diri, kehilangan, ketidakberdayaan, keputusasan dan distres spiritual

KEPERAWATAN ANAK I
Nama Mata Kuliah : Keperawatan Anak I
Kode Mata Kuliah : IK445
Beban Studi : 4 (T:2, P:1, PL:1)
Dosen : 1. Nilam Fitriani Dai, S.Kep.Ns.,M.Kes
2. Fadliyah, S.Kep.Ns.,M.Kes
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini adalah mata kuliah keahlian keperawatan yang berfokus kepada respon anak dan keluarganya pada setiap tahap perkembangan mulai lahir sampai akhir masa remaja baik dalam keadaan sehat ataupun sakit akut, di masyarakat ataupun dirawat di rumah sakit, serta intervensi keperawatannya baik yang bersifat mandiri maupun kolaboratif.
Mata kuliah ini juga merupakan integrasi dan penerapan ilmu keperawatan dasar dan ilmu dasar keperawatan yang membantu mengantarkan mahasiswa untuk mendalami tentang bagaimana melakukan asuhan keperawatan profesional (holistik), memberikan pendidikan kesehatan, menjalankan fungsi advokasi bagi klien/keluarganya dengan menerapkan komunikasi efektif, serta membuat keputusan dengan mempertimbangkan aspek legal dan etik.
Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep dengan pendekatan proses keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah serta mengembangkan sikap profesional (pengembangan soft sklills) melalui beberapa model belajar yang relevan.
Capaian Pembelajaran :
Bila diberi kasus, mahasiswa mampu:
1. Melakukan simulasi asuhan keperawatan kepada anak sehat /keluarganya dengan mengembangkan pola pikir kritis, logis dan etis, menggunakan komunikasi terapeutik dan memperhatikan aspek budaya, menghargai sumber-sumber etnik, agama atau faktor lain dari setiap pasien yang unik
2. Melakukan simulasi asuhan keperawatan kepada anak sakit akut, kronis/terminal serta keluarganya dengan mengembangkan pola pikir kritis, logis dan etis, menggunakan komunikasi terapeutik dan memperhatikan aspek budaya dan menghargai sumber-sumber etnik, agama atau faktor lain dari setiap pasien yang unik
3. Mampu mendemonstrasikan intervensi keperawatan baik mandiri maupun kolaborasi pada sehat/sakit akut dengan menerapkan konsep ilmu dasar keperawatan dan ilmu keperawatan dasar sesuai SOP serta menerapkan prinsip atrauma care, legal dan etis.
4. Mampu memberikan simulasi pendidikan kesehatan kepada anak/keluaga sebagai upaya pencegahan primer, sekunder dan tersier.
5. Mampu menjalankan fungsi advokasi bagi anak/keluarga berbagai yang mengalami untuk mempertahankan hak klien agar dapat mengambil keputusan untuk dirinya

ILMU DASAR KEPERAWATAN II
Mata Kuliah : Ilmu Dasar Keperawatan II
Kode Mata Kuliah : IPN42601
Beban Studi : 4 (T:2, P:1, PL:1)
Dosen : Nilam Fitriani Dai, S.Kep.NS.,M.Kes
Asmahul Husna, S.Kep.Ns.,M.Kes
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas tentang konsep patologi, patofisiologi, mikrobiologi dan parasitologi, serta farmakologi pada berbagai kondisi sebagai landasan dalam mempelajari ilmu-ilmu lanjutan/ keahlian.
Capaian Pembelajaran:
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran IDK II, bila diberi data kasus, mahasiswa mampu :
1. Menjelaskan konsep patologi dan patofisiologi yang terjadi pada masalah yang diberikan.
2. Menjelaskan perbedaan proses infeksi berbagai agen infeksius berdasarkan struktur, siklus hidup, dan mekanisme menyebabkan kerusakan sel pejamu.
3. Menjelaskan konsep dasar farmakologi yang mendasari pemberian terapi sesuai dengan masalah yang diberikan.
4. Menjelaskan konsep dasar penatalaksanaan spesimen dan pemeriksaan data penunjang lain sesuai dengan masalah yang diberikan