Semester Ganjil 2022/2023

ILMU DASAR KEPERAWATAN 1
NILAM FITRIANI DAI -

ILMU DASAR KEPERAWATAN 1

Mata kuliah ini merupakan bagian dari kelompok ilmu alam dasar yang membahas tentang konsep biologi, fisika, biokimia, gizi dengan memperhatikan lingkungan dan etika keilmuan, serta konsep-konsep anatomi dan fisiologi manusia dalam mempertahankan homeostasis tubuh.

 

Capaian Pembelajaran:

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran IDK I, bila diberi data kasus, mahasiswa mampu:

1.     Menerapkan konsep biologi sel dan genetika sebagai suatu pendekatan dalam menyelesaikan masalah keperawatan

2.     Menganalisis masalah keperawatan dengan menggunakan prinsip-prinsip biokimia dan gizi sebagai bagian pendekatan holistik keperawatan

3.     Menjelaskan konsep-konsepanatomi dan fisiologi manusia sebagai suatu pendekatan dalam menyelesaikan masalah keperawatan

4.     Menjelaskan mekanisme fisiologi tubuh manusia dalam berbagai aktifitas.

5.     Menjelaskan mekanisme fisiologi tubuh manusia dalam mempertahankan homeostasis tubuh.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH SISTEM
NILAM FITRIANI DAI -

KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH SISTEM

DOSEN : Astuti, S.Kep.Ns.M.Kes

               Nilam Fitriani Dai, S.Kep.Ns.,M.Kes

Blok Kardiovaskuler mempelajari tentang kondisi normal sistem kardiovaskuler, koordinasi regulasi fungsi ante organ atau sistem kardiovaskuler, serta penatalaksanaan kasus-kasus sistem kardiovaskuler secara holistik komprehensif


SISTEM INFORMASI DALAM KEPERAWATAN
NILAM FITRIANI DAI -

SISTEM INFORMASI DALAM KEPERAWATAN

Dosen : Nilam Fitriani Dai

Mata kuliah Sistem Informasi merupakan mata ajar dengan bebasn studi 2 SKS, yang terdiri dari 1 SKS teori dan 1 SKS pratikum. Mata ajaran ini menjelaskan dan meningkatkan kemampuan dan praktek mahasiswa Keperawatan terhadap konsep dan ruang lingkup sistem informasi keperawatan. Pada mata ajar ini mahasiswa akan mendapat pemahaman dan praktik yang lebih mendalam terkait sistem informasi dalam keperawatan.

 

Capaian Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, mahasiswa mampu menggunakan sistem informasi yang relevan dengan keperawatan.

1.      Mahasiswa memahami teori dan konsep teknologi dan informasi, sistem informasi secara umum dan untuk keperawatan.

2.      Mahasiswa memahami trend dan issue sistem informasi dan teknologi informasi secara umum dan teknologi informasi bagi keperawatan.


ILMU DASAR KEPERAWATAN 1
NILAM FITRIANI DAI -

ILMU DASAR KEPERAWATAN 1

Nama Mata Kuliah   :    Ilmu Dasar Keperawatan (IDK) I

Kode Mata Kuliah      :    IPN415

Beban Studi                :    4 (T:2, P:1, PL:1)

Dosen Pengampu        :    1. Nilam Fitriani Dai, S.Kep.Ns.,M.Kes

                                         2. DR. Harniati, S.Kep.Ns.,M.Kes

 

Deskripsi Mata Kuliah:

Mata kuliah ini merupakan bagian dari kelompok ilmu alam dasar yang membahas tentang konsep biologi, fisika, biokimia, gizi dengan memperhatikan lingkungan dan etika keilmuan, serta konsep-konsep anatomi dan fisiologi manusia dalam mempertahankan homeostasis tubuh.

 

Capaian Pembelajaran:

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran IDK I, bila diberi data kasus, mahasiswa mampu:

1.      Menerapkan konsep biologi sel dan genetika sebagai suatu pendekatan dalam menyelesaikan masalah keperawatan

2.      Menganalisis masalah keperawatan dengan menggunakan prinsip-prinsip biokimia dan gizi sebagai bagian pendekatan holistik keperawatan

3.      Menjelaskan konsep-konsepanatomi dan fisiologi manusia sebagai suatu pendekatan dalam menyelesaikan masalah keperawatan

4.      Menjelaskan mekanisme fisiologi tubuh manusia dalam berbagai aktifitas.

5.      Menjelaskan mekanisme fisiologi tubuh manusia dalam mempertahankan homeostasis tubuh.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


KEPERAWATAN ANAK II
NILAM FITRIANI DAI -

KEPERAWATAN ANAK II

Nama Mata Kuliah   :    Keperawatan Anak II

Kode Mata Kuliah      :    IK352

Beban Studi                :    3 (T:2, P:0, PL:1)

Dosen                          :   1. Nilam Fitriani Dai,S.Kep.Ns.,M.Kes

                                        2. Fadliyah, S.Kep.Ns.,M.Kes

Deskripsi Mata Kuliah:

Mata kuliah ini adalah mata kuliah keahlian keperawatan yang berfokus kepada respon anak dan keluarganya pada setiap tahap perkembangan mulai lahir sampai akhir masa remaja baik dalam keadaan sakit kronis dan kondisi terminal serta berkebutuhan khusus, di masyarakat ataupun dirawat di rumah sakit, serta intervensi keperawatannya baik yang bersifat mandiri maupun kolaboratif.

Mata kuliah ini juga merupakan integrasi dan penerapan ilmu keperawatan dasar dan ilmu dasar keperawatan yang membantu mengantarkan mahasiswa untuk mendalami tentang bagaimana melakukan asuhan keperawatan profesional (holistik), memberikan pendidikan kesehatan, menjalankan fungsi advokasi bagi klien/keluarganya dengan menerapkan komunikasi efektif, serta membuat keputusan dengan mempertimbangkan aspek legal dan etik.

Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep dengan pendekatan proses keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah serta mengembangkan sikap profesional (pengembangan soft sklills) melalui beberapa model belajar yang relevan.

 

Capaian Pembelajaran:

Bila diberi kasus, mahasiswa mampu:

1.      Melakukan simulasi asuhan keperawatan kepada anak sehat /keluarganya dengan mengembangkan pola pikir kritis, logis dan etis, menggunakan komunikasi terapeutik dan memperhatikan aspek budaya, menghargai sumber- sumber etnik, agama atau faktor lain dari setiap pasien yang unik

2.      Melakukan simulasi asuhan keperawatan kepada anak sakit kronis/terminal serta keluarganya dengan mengembangkan pola pikir kritis, logis dan etis, menggunakan komunikasi terapeutik dan memperhatikan aspek budaya dan menghargai sumber-sumber etnik, agama atau faktor lain dari setiap pasien yang unik

3.      Mampu mendemonstrasikan intervensi keperawatan baik mandiri maupun kolaborasi pada sehat sakit kronis/terminal dengan menerapkan konsep ilmu dasar keperawatan dan ilmu keperawatan dasar sesuai SOP serta menerapkan prinsip atrauma care, legal dan etis.

4.      Mampu memberikan simulasi pendidikan kesehatan kepada anak/keluaga sebagai upaya pencegahan primer, sekunder dan tersier.

5.      Mampu menjalankan fungsi advokasi bagi anak/keluarga berbagai yang mengalami untuk mempertahankan hak klien agar dapat  mengambil keputusan untuk dirinya.


KEPERAWATAN DASAR
ASTUTI S. Kep., Ns., M. Kes

KEPERAWATAN DASAR

Mata kuliah ini akan memberikan pengetahuan tentang konsep kebutuhan dasar yang meliputi kebutuhan   bio, psiko, sosio,

spiritual termasuk kebutuhan oksigen, cairan, nutrisi, eliminasi, aktifitas, istirahat dan tidur, keseimbangan suhu tubuh, seksualitas,

rasa aman dan nyaman, memiliki dan dimiliki, harga diri, aktualisasi diri.

Mata  kuliah  ini  juga  menguraikan  tentang  kondisi  gangguan  serta  upaya  untuk  memenuhinya  dalam  penerapan  asuhan

keperawatan dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan.

Asuhan keperawatan yang dipelajari pada mata kuliah ini adalah asuhan keperawatan pada klien dengan gangguan kebutuhan

oksigen, cairan dan elektrolit, nutrisi, eliminasi, aman nyaman, aktivitas/ mobilisasi, spiritual, perawatan luka dan pemberian obat-

obatan.


FALSAFAH DAN TEORI KEPERAWATAN
ASTUTI S. Kep., Ns., M. Kes

FALSAFAH DAN TEORI KEPERAWATAN

Mata kuliah ini membahas tentang falsafah, paradigma dan konseptual model dan teori keperawatan, serta prinsip- prinsip pendekatan holistik dalam konteks keperawatan

Pendidikan Agama
Kasman yunus

Pendidikan Agama

Mata Kuliah Pendidikan Agama merupakan salah  satu mata kuliah umum yang diajarkan pada Fakultas Keperawatan  Universitas Indonesia Timur Makassar. Pendidikan Agama berperan penting sebagai pengendali sikap dan perilaku kehidupan manusia, khususnya mahasiswa maupun sebagai landasan etika, moral dan akhlak dalam melaksanakan pembangunan nasional Indonesia.  Mata kuliah pendidikan agama ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang ajaran agama, memperkuat keimanan dan ketakwaan  kepada Tuhan Yang Maha Esa, mengembangkan akhlak yang mulia, serta memiliki tanggung jawab dan dedikasi tinggi terhadap kemajuan masyarakat, bangsa dan Negara. Dengan demikian, materi Pendidikan Agama ini diharapkan dapat mencetak generasi Indonesia yang unggul berdasarkan dengan ilmu, iman, dan amal.