
DASAR-DASAR PEMASARAN
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang Konsep Dasar Pemasaran,
Lingkungan Pemasaran, Mengalisis Peluang Pasar, Memahami Perilaku Konsumen,
Segmentasi, Targeting, Positioning, bagaimana tentang Kebijakan Produk,
Kebijakan Harga, Kebijakan Promosi, Kebijakan Distribusi, serta pemahaman
tentang Pemasaran Internasional

MANAJEMEN KOPERASI DAN UMKM
Koperasi dan UMKM mampu menjadi tulang punggung perekonomian yang makin handal; mampu berkembang sebagai badan usaha sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang sehat, tangguh, kuat dan mandiri; serta menjadi wadah yang efektif untuk menggalang kekuatan ekonomi rakyat di semua kegiatan/sektor perekonomian.

MANAJEMEN PEMASARAN
Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai konsep,
teori, prinsip, dan praktik manajemen pemasaran. Pemasaran bukan hanya suatu
fungsi manajemen dalam bisnis, melainkan juga suatu proses. Sebagai sebuah
proses, pemasaran memcakup serangkaian aktivitas yang berkaitan dengan
menciptakan nilai yang superior bagi pelanggan sehingga dapat tercipta hubungan
yang kuat dan keterlibatan pelanggan pada proses pemasaran yang digagas dan
diimplementasikan perusahaan. Dengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa akan
memperoleh pengetahuan mendalam dan pemahaman komprehensif tentang proses
pemasaran, analisis lingkungan pemasaran, pasar konsumen dan perilaku konsumen,
pasar bisnis dan perilaku pembelian bisnis, desain dan strategi bauran
pemasaran, produk, jasa dan merek, pengembangan produk dan siklus hidup produk,
etika dan tanggungjawab sosial. Selain itu, proses pembelajaran mata kuliah ini
juga menyediakan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengasah keterampilan
praktis pemasaran khususnya berhubungan dengan pembuatan marketing plan dan
sales.
Perilaku Organisasi
Mejelaskan Konsep Dasar perilaku organisasi dan sejarah perkembangan ilmu perilaku organisasi disamping itu mata kuliah ini akan menjelaskan mengenai perilaku individu dan kelompok, persepsi, sikap kerja, dan kepuasan kerja para pekerja dalam organisasi, konsep konflik dan stress serta penanganannya dalam organisasi

MANAJEMEN BANK SYARIAH
I. Diskrpsi matakuliah
Mata kuliah manajemen perbankan syariah membahas konsep tata kelola operasional dan aplikasi manajemen perbankan untuk menganalisa dan memecahkan masalah-masalah kondisi manajemen perbankan syariah.
Matakuliah manajemen perbankan syariah menjelaskan sejarah dan perkembangan bank syariah, struktur organisasi bank syariah, peran dewan pengawas syariah (DPS) dan dewan syariah nasional majelis ulama indonesia (DSN-MUI), assets dan liabilities management perbankan syariah, mahasiswa di harapkan mampu meningkatkan pemahaman tentang manajemen perbankan syariah, istilah-istilah yang biasa digunakan dalam perbankan syariah dan dapat mengembangkan dan menganalisa konsep-konsep manajemen didalam perbankan syariah baik secara ilmu maupun aplikasinya.

PENGANTAR EKONOMI MIKRO
Mata kuliah ekonomi mikro ini
diberikan kepada mahasiswa untuk memahami tentang ekonomi yang berkaitan dengan
ekonomi mikro topik yang dibahas meliputi definisi ilmu ekonomi, permintaan dan
penawaran, perilaku konsumen, teori perilaku konsumen, teori produksi, biaya
produksi produksi, keuntungan perusahaan, pasar persaingan sempurna, pasar
monopoli, pasar monopolistik, pasar oligopoli, serta perputaran mesin
perekonomian yang berlangsung dalam masyarakat.

PENGANTAR MANAJEMEN
Pada
mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang pengertian dan pengetahuan serta
pemahaman dalam mengelola organisasi, dari mulai perencanaan,
pengorganisasian, koordinasi, motivasi, kepemimpinan dan pengawasan serta
menangani konflik dalam organisasi dan penggunaan Sistem Informasi Manajemen

Pengantar Ekonomi Mikro
Mata kuliah ekonomi mikro ini diberikan kepada mahasiswa untuk memahami tentang ekonomi yang berkaitan dengan ekonomi mikro topik yang dibahas meliputi konsep dasar ilmu ekonomi, masalah dalam ekonomi, konsep permintaan, konsep penawaran, keseimbangan pasar, elastisitas permintaan, elastisitas penawaran, teori prilaku konsumen, teori perilaku produsen, biaya produksi, pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar oligopoli, pasar monopolistik, kegagalan pasar, serta perputaran mesin perekonomian yang berlangsung dalam masyarakat.

PENGANTAR AKUNTANSI II
Mata kuliah ini menjelaskan tentang pos-pos penting dalam laporan keuangan, prinsip dalam pengendalian intern, pelaporan dan
analisis atas persediaan, pengendalian intern atas kas dan prinsip-prinsip kas,
akuntansi atas piutang, akuntansi aktiva berwujud dan aktiva tidak berwujud, akuntansi
untuk hutang lancar dan pelaporannya serta ekuitas.