Semester Genap 2021/2022

ILMU DASAR KEPERAWATAN 2
NILAM FITRIANI DAI -

ILMU DASAR KEPERAWATAN 2

 Nama Mata Kuliah   :   Ilmu Dasar Keperawatan II

Kode Mata Kuliah    :   IPN42601

Beban Studi               :   4 (T:2, P:1, PL:1)

Dosen                          :   -

1.      Nilam Fitriani Dai,S.Kep.Ns.,M.Kes

2.      Suwardi, S.Kep.Ns.,M.Kes

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang konsep patologi, patofisiologi, mikrobiologi dan parasitologi, serta farmakologi pada berbagai kondisi sebagai landasan dalam mempelajari ilmu-ilmu lanjutan/ keahlian.

 

Capaian Pembelajaran:

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran IDK II, bila diberi data kasus, mahasiswa mampu :

1.      Menjelaskan konsep patologi dan patofisiologi yang terjadi pada masalah yang diberikan.

2.      Menjelaskan perbedaan proses infeksi berbagai agen infeksius berdasarkan struktur, siklus hidup, dan mekanisme menyebabkan kerusakan sel pejamu.

3.      Menjelaskan konsep dasar farmakologi yang mendasari pemberian terapi sesuai dengan masalah yang diberikan.

4.      Menjelaskan konsep dasar penatalaksanaan spesimen dan pemeriksaan data penunjang lain sesuai dengan masalah yang diberikan

No

Capaian Pembelajaran

Pokok Bahasan

Metoda

1

Menjelaskan konsep patologi dan patofisiologi yang terjadi pada masalah yang diberikan.

1.      Konsep dasar patologi dan patofisiologi,

2.      Adaptasi, jejas, dan penuaan sel,

3.      Kelainan kongenital,

4.      Pertumbuhan sel dan diferensiasi,

5.      Respon radang

Collaborative Learning

Kuliah interaktif

 

 

2

Menjelaskan perbedaan proses infeksi berbagai agen infeksius berdasarkan struktur, siklus hidup, dan mekanisme menyebabkan kerusakan sel pejamu.

 

1.   Agen-agen infeksius: virus, bakteri, jamur, parasit, riketsia, dan clamidia,

2.   Faktor-faktor yang mempengaruhi transmisi agen-agen infeksius,

3.   Perbedaan proses infeksi berbagai agen infeksius,

4.   Kondisi yang melemahkan pertahanan pejamu melawan mikroorganisme,

5.   Infeksi oportunistik,

6.   Pengontrolan pertumbuhan mikroorganisme,

7.   Menurunkan jumlah mikroorganisme kontaminan & mencegah  transmisi

Collaborative Learning

Problem based learning

Kuliah interaktif

Question based learning

Discovery learning

 

 

3

Menjelaskan konsep dasar farmakologi yang mendasari pemberian terapi sesuai dengan masalah yang diberikan.

1.      Penggolongan obat-obatan,

2.      Farmakodinamika dan farmakokinetik

3.      Indikasi dan kontra indikasi obat,

4.      Efek / efek samping obat,

5.      Interaksi obat,

6.      Cara pemberian dan perhitungan dosis,

7.      Obat-obatan  tradisional,

8.      Toxicologi obat

Problem based learning

Kuliah interaktif

Question based learning

 

 

4

Menjelaskan konsep dasar penatalaksanaan specimen dan pemeriksaan data penunjang lain sesuai dengan masalah yang diberikan.

Peran perawat dalam pemeriksaan untuk data penunjang pasien :

1.   Pemeriksaan laboratorium (elektrolit, darah lengkap, kimia darah, dll)

2.   Fungsi hepar

3.   Fungsi ginjal

4.   Rontgen

5.   USG

6.   CT Scan

7.   MRI

8.   BNO

9.   dll

Problem based learning

Kuliah interaktif

Question based learning

Discovery learning

 

 

 

Daftar Rujukan Patologi dan Patofisiologi:

Bullock, B.A. (2000).   Focus on pathophisiology.  Philadelphia: JB.Lippincott

Copstead, L.C. and Banasik, J.L. (2000).   Pathophysiology : Biological and behaviour perspectives.   Philadelphia : W.B. Saunders Company.

Huether S.E. and McCance K.L. (2016) Understanding Pathophysiology. 6th edition. Mosby: Elsevier Inc.

Port, C.M. (2013).  Pathophysiology: Concepts of altered health status 9th ed.   Philadelphia : JB. Lippincott.

Pringgoutomo, S., Himawan, S. & Tjarta, A. (2002). Buku ajar patologi I (Umum). Jakarta: Sagung Seto

Rosdahl, C.B.(2011). Textbook of basic nursing. Philadelphia: Lippincott.

 

Daftar Rujukan Mikrobiologi & Parasitologi:

Burton, GRW. & Engelkirk, PG. (2004). Microbiology for the health sciences. 7th ed. Philadelphia: Lippincott William & Wilkins.

Gandahusada, S., Henrry D., Wita P. (2004). Parasitologi Kedokteran. Jakarta: Balai Penerbit FK-UI

Greenwood, D., Slack, RCB.,  Peutheren, J. (2002). Medical microbiology: a guide to microbial infections: pathogenesis, immunity, laboratory, diagnosis, and control. (edisi 16). New York: Churchill Livingstone.

Rosdahl, C.B.(2011). Textbook of basic nursing. Philadelphia: Lippincott.

 

 

Daftar Rujukan Farmakologi:

Aschenbrenner, DS. & Venable, S.J. (2012). Drug therapy in nursing. Philadelphia: Lippincott William & Wilkins

McCuistion L.E., Kee, J.L. and Hayes, E.R. (2014). Pharmacology: A Patient-Centered Nursing Process Approach. 8th ed. Saunders: Elsevier Inc.Pagana K.D.,

Oagana T.J. (2014). Mosby's Manual of Diagnostic and Laboratory Tests. 5th edition. Mosby: Elsevier Inc.

Prosser, S., Worster, B., MacGregor, J., et.al. (2010). Applied pharmacology: an Introduction to pathophysiology and drug management for nurses and health care professional. London: Mosby.

Rosdahl, C.B.(2011). Textbook of basic nursing. Philadelphia: Lippincott

 

Daftar Rujukan Penatalaksanaan Specimen dan Pemeriksaan Data Penunjang Lain:

T.J. (2014). Mosby's Manual of Diagnostic and Laboratory Tests. 5th edition. Mosby: Elsevier Inc.

Malarkey L.M., Mc. Morrow M.E. (2012). Saunders Nursing Guide to Laboratory and Diagnostic Tests. 2nd edition. Saunders: Elsevier Inc.

Rosdahl, C.B.(2011). Textbook of basic nursing. Philadelphia: Lippincott.

Sacher, R.A & Mc. Pherson, R.A. (2000). Widmann’s clinical interpretation of laboratory tests. Philadelphia: F.A. Davis Company.

Cavannaugh B.M. (2003).  Nurses’s manual of laboratory and diagnostic tests.   Philadelphia : F.A. Davis Company

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


KEPERAWATAN ANAK 1
NILAM FITRIANI DAI -

KEPERAWATAN ANAK 1

      Nama Mata Kuliah   :    Keperawatan Anak I

Kode Mata Kuliah      :    IK445

Beban Studi                :    4 SKS

Dosen Pengampuh      :    1. Nilam Fitriani Dai, S.Kep.Ns.,M.Kes

                                         2. Fadliyah,S.Kep.Ns.,M.Kes

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini adalah mata kuliah keahlian keperawatan yang berfokus kepada respon anak dan keluarganya pada setiap tahap perkembangan mulai lahir sampai akhir masa remaja baik dalam keadaan sehat ataupun sakit akut, di masyarakat ataupun dirawat di rumah sakit, serta intervensi keperawatannya baik yang bersifat mandiri maupun kolaboratif.

 

Mata kuliah ini juga  merupakan integrasi dan penerapan ilmu keperawatan dasar dan ilmu dasar keperawatan yang membantu mengantarkan mahasiswa untuk mendalami tentang bagaimana melakukan asuhan keperawatan profesional (holistik), memberikan pendidikan kesehatan, menjalankan fungsi advokasi bagi klien/keluarganya dengan menerapkan komunikasi efektif, serta membuat keputusan dengan mempertimbangkan aspek  legal dan etik.

 

Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep dengan pendekatan proses keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah serta mengembangkan sikap profesional (pengembangan soft sklills) melalui beberapa model belajar yang relevan.

 

Capaian Pembelajaran :

Bila diberi kasus, mahasiswa mampu:

1.      Melakukan simulasi asuhan keperawatan kepada anak sehat /keluarganya   dengan mengembangkan pola pikir kritis, logis dan etis, menggunakan komunikasi terapeutik dan memperhatikan aspek budaya, menghargai sumber-sumber etnik, agama atau faktor lain dari setiap pasien  yang unik

2.      Melakukan simulasi asuhan keperawatan kepada anak sakit akut, kronis/terminal serta keluarganya dengan mengembangkan pola pikir kritis, logis dan etis, menggunakan komunikasi terapeutik dan memperhatikan aspek budaya  dan menghargai sumber-sumber etnik, agama atau faktor lain dari setiap pasien  yang unik

3.      Mampu mendemonstrasikan intervensi keperawatan baik mandiri maupun kolaborasi pada sehat/sakit akut dengan menerapkan konsep ilmu dasar keperawatan dan ilmu keperawatan dasar sesuai SOP serta  menerapkan prinsip atrauma care, legal dan  etis.

4.      Mampu memberikan simulasi pendidikan kesehatan kepada anak/keluaga sebagai upaya pencegahan primer, sekunder dan tersier.

5.      Mampu menjalankan fungsi advokasi bagi anak/keluarga berbagai  yang mengalami  untuk mempertahankan hak klien agar dapat mengambil keputusan untuk dirinya

 

No

Capaian pembelajaran

Pokok Bahasan

Metoda

1

Mampu memahami konsep keperawatan anak dalam konteks keluarga

 

1. Perspektif keperawatan anak dalam konteks keluarga

2. Konsep tumbuh kembang anak  mulai neonatus-remaja, pengukuran dan permasalahannya: SDIDTK, denver, vineland, sex education, anticipatory guidance, toilet training

3. Konsep hospitalisasi

4. Konsep bermain

5. Konsep komunikasi pada anak

6. Konsep atraumatic care

7. Pemeriksaan fisik pada anak

8.  Konsep imunisasi

9. Pendekatan teori model keperawatan pada anak

 

Discovery learning (DL), Project Based learning (PjBL)

2

Mampu melakukan simulasi asuhan keperawatan kepada anak sakit akut, serta keluarganya dengan mengembangkan pola pikir kritis, logis dan etis, menggunakan komunikasi terapeutik dan memperhatikan aspek budaya  dan menghargai sumber-sumber etnik, agama atau faktor lain dari setiap pasien  yang unik

 

1.    Patofisiologi  dan asuhan keperawatan pada neonatal : prematuritasas, BBLR, RDS, asphyxia, Hiperbilirubinemia dan dampaknya terhadap pemenuhan kebutuhan dasar manusia (dalam konteks keluarga)

2.    Patofisiologi dan asuhan keperawatan  pada anak dengan Kelainan  Kongenital pada sistem  respirasi : bronkhomalasia, dan dampaknya terhadap pemenuhan kebutuhan dasar manusia (dalam konteks keluarga)

3.    Patofisiologi peradangan pada sistem  respirasi dan asuhan keperawatan anak:ISPA,  Pneumoni, asthma, TBC  dan dampaknya terhadap pemenuhan kebutuhan dasar manusia (dalam konteks keluarga)

4.    Patofisiologi peradangan pada sistem  digestive dan asuhan keperawatan anak: Diare, Typhoid Fever dan dampaknya terhadap pemenuhan kebutuhan dasar manusia (dalam konteks keluarga)

5.    Patofisiologi pada gangguan nutrisi  dan asuhan keperawatan anak: obesitas, KKP

6.    Patofisiologi Kelainan  pada sistem  endokrin dan asuhan keperawatan anak : Juvenile Diabetes dan dampaknya terhadap pemenuhan kebutuhan dasar manusia (dalam konteks keluarga)

7.    Patofisiologi dan asuhan keperawatan anak hidrocephalus, meningitis, kejang

Discovery learning (DL), Project Based learning (PjBL)

3

Mampu mendemonstrasikan intervensi keperawatan baik mandiri maupun kolaborasi pada sehat/sakit akut dengan menerapkan konsep ilmu dasar keperawatan dan ilmu keperawatan dasar sesuai SOP serta  menerapkan prinsip atrauma care, legal dan  etis.

 

Intervensi keperawatan pada bayi dan anak :

a.    Pemberian oksigen pada anak

b.    Nebulisasi

c.    Suctioning pada anak

d.   Pemasangan infus pada bayi dan anak

e.    Transfusi darah

f.     Pencegahan infeksi lingkungan pada BBL

g.    Phototherapy

h.    Exchange tranfusion

i.      Pemberian obat pada anak

j.      Terapi bermain

k.    Tapid sponge

Discovery Learning (DL) Demontrasi, PBL

4

Mampu memberikan simulasi pendidikan kesehatan kepada anak/keluaga sebagai upaya pencegahan primer, sekunder dan tersier.

 

1.      Llllodr. promotion pada infant- remaja

 

Case study, Small Group Discussion (SGD)

 

5

Mampu menjalankan fungsi advokasi bagi anak/keluarga berbagai  yang mengalami  untuk mempertahankan hak klien agar dapat mengambil keputusan untuk dirinya.

Pengkajian pada anak dg kekerasan (fisik, mental, dan seksual)

 

Prinsip atraumatic care

 

Case study, Small Group Discussion (SGD)

Discovery Learning (DL) Demontrasi, PjBL

6

Mampu melakukan kerjasama dengan sumber kesehatan yang ada di masyarakat, melakukan rujukan pasien, mendokumentasikan pengkajian MTBS dengan benar, mendemonstrasikan pengobatan MTBS , mendemonstrasikan pendidikan kesehatan pada anak dan keluarga

MTBS

Case study, demonstrasi, role play

 

Daftar Rujukan:

 

Burn, C.E., Dunn, A.M., Brady,M.A., Starr N.B., Blosser C.G. (2013). Pediatric Primary Care. 5th edition. Saunders: Elsevier Inc.

Ball, J.W., Bindler, R.C., and Cowen, K.J., (2010). Child Health Nursing. Partnering  with children and families (second edition). New Jersey, Pearson Education Ltd.

Hockenberry, M.J. & Wilson,D. (2013). Wong’s Essentials of Pediatric Nursing. 9th edition. Mosby: Elsevier Inc.

Hockenberry, M.J. & Wilson,D. (2014). Wong’s Nursing Care of Infant and Children. 10th edition. Mosby: Elsevier Inc.

Marcdante K.J., Kliegman R.M., Jenson H.B., Behrman R.E. , IDAI (2014) Nelson Ilmu Kesehatan Anak Esensial, Edisi Indonesia 6. Saunders: Elsevier (Singapore) Pte Ltd.

Mott, S.R. et,al, (1990). Nursing Care of Children and Families. Redwood city : Addison Wesley.

Pillitteri, A., (1999). Maternal & Child Health Nursing : Care of The Childbearing & Childrearing Family. Third Edition. Philadelphia : J.B. Lippincott.

Pott, NL. and Mandleco, BL., (2002). Pediatric Nursing : Caring for Children and Their Families. United State : Thomson  Learning.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


SISTEM REPRODUKSI
NILAM FITRIANI DAI -

SISTEM REPRODUKSI

      Nama Mata Kuliah   :    SISTEM REPRODUKSI

Kode Mata Kuliah      :    5ITKK602

Beban Studi                :    5 SKS

Prasyarat                     :    -

Deskripsi Mata Kuliah:

Mata kuliah ini membahas tentang upaya meningkatkan kesehatan reproduksi perempuan usia subur, ibu hamil, melahirkan, nifas, diantara dua masa kehamilan dan bayi baru lahir fisiologis  dengan penekanan pada upaya preventif dan promotif yang menggunakan pendekatan proses keperawatan dengan memperhatikan aspek legal dan etis ditatanan klinik maupun komunitas.

 

Capaian Pembelajaran:

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran keperawatan maternitas, bila diberi data/kasus mahasiswa mampu :

1.      Melakukan asuhan keperawatan  wanita usia subur (usia reproduksi), pasangan usia subur, wanita dalam masa childbearing (hamil, melahirkan, dan setelah melahirkan) dan bayinya sampai usia 28 hari, keluarga dengan wanita pada masa childbearingdengan memperhatikan aspek legal dan etis.

2.      Melakukan simulasi pendidikan kesehatan pada wanita usia subur (usia reproduksi), pasangan usia subur, wanita dalam masa childbearing (hamil, melahirkan, dan setelah melahirkan) dan bayinya sampai usia 28 hari, keluarga dengan wanita pada masa childbearingdengan memperhatikan aspek legal dan etis.

3.      Mengintegrasikan hasil penelitian yang berhubungandengan wanita usia subur (usia reproduksi), pasangan usia subur, wanita dalam masa childbearing (hamil, melahirkan, dan setelah melahirkan) dan bayinya sampai usia 28 hari, keluarga dengan wanita pada masa childbearingdengan memperhatikan aspek legal dan etis.

4.      Melakukan simulasi pengelolaan asuhan keperawatan padawanita usia subur (usia reproduksi), pasangan usia subur, wanita dalam masa childbearing (hamil, melahirkan, dan setelah melahirkan) dan bayinya sampai usia 28 hari, keluarga dengan wanita pada masa childbearingdengan memperhatikan aspek legal dan etis.

5.      Mendemonstrasikan intervensi keperawatan pada wanita usia subur (usia reproduksi), pasangan usia subur, wanita dalam masa childbearing (hamil, melahirkan, dan setelah melahirkan) dan bayinya sampai usia 28 hari, keluarga dengan wanita pada masa childbearingdengan memperhatikan aspek legal dan etis.

 

 


No.

Capaian Pembelajaran

Pokok Bahasan

Metoda

1

Melakukan asuhan keperawatan wanita usia subur (usia reproduksi), pasangan usia subur, wanita dalam masa childbearing (hamil, melahirkan, dan setelah melahirkan) dan bayinya sampai usia 28 hari, keluarga dengan wanita pada masa childbearingdengan memperhatikan aspek legal dan etis.

 

1.      Lingkup Kesehatan Perempuan

a.       Anatomi dan Fisiologi Reproduksi

1)      Sistem reproduksi perempuan

2)      Respon seksual

b.      Kehamilan

1)      Kehamilan, konsepsi, dan perkembangan janin

2)      Anatomi dan Fisiologi Kehamilan

3)      Nutrisi Ibu dan Janin

4)      Asuhan keperawatan pada ibu hamil

c.       Persalinan

1)      Faktor esensial dan proses persalinan

2)      Manajemen nyeri

3)      Pengkajian janin

4)      Asuhan keperawatan intranatal

d.      Post partum

1)      Fisiologi post partum

2)      Asuhan keperawatan pada post partum

3)      Home visite

e.       Remaja

1)      Seksualitas pada remaja

2)      Kehamilan pada remaja

3)      Menjadi orang tua pada masa remaja

f.       Prinsip-prinsip etika keperawatan : otonomi, beneficience, justice, non maleficience, moral right, nilai dan norma masyarakatNursing advocacy

2.      Asuhan Keperawatan Sistem Reproduksi

a.    PengkajianSistem Reproduksi

b.    Diagnosa keperawatan pada gangguan Sistem Reproduksi

c.    Perencanaan/implementasi/evaluasi keperawatan pada gangguan Sistem Reproduksi

d.   Dokumentasi asuhan keperawatan

 

Mini Lecture, Case Study, Small Group Discussion, Project Based Learning (PjBL), Skills Laboratory


 2

Melakukan simulasi pendidikan kesehatan pada wanita usia subur (usia reproduksi), pasangan usia subur, wanita dalam masa childbearing (hamil, melahirkan, dan setelah melahirkan) dan bayinya sampai usia 28 hari, keluarga dengan wanita pada masa childbearing serta masalah-masalah yang berhubungan dengan seksualitas dan reproduksi dengan memperhatikan aspek legal dan etis.

1.      Pengkajian dan Promosi Kesehatan Wanita

2.      Upaya-upaya pencegahan primer, sekunder, dan tersier pada sistem reproduksi

a.       Exercise

b.      Kegel exercise

c.       Nutrisi

d.      Manajemen stress

Mini Lecture, Case Study, Small Group Discussion, Project Based Learning (PjBL), Skills Laboratory

3

Mengintegrasikan hasil peneitian yang berhubungan  wanita usia subur (usia reproduksi), pasangan usia subur, wanita dalam masa childbearing (hamil, melahirkan, dan setelah melahirkan) dan bayinya sampai usia 28 hari, keluarga dengan wanita pada masa childbearing serta masalah-masalah yang berhubungan dengan seksualitas dan reproduksi dengan memperhatikan aspek legal dan etis.

1.  Trend dan Issue Keperawatan maternitas: Family centered maternity care

2.  Evidence based practice dalam keperawatan maternitas

 

Telaah Jurnal, Case Study, Small Group Discussion

4

Melakukan simulasi pengelolaan asuhan keperawatan pada  wanita usia subur (usia reproduksi), pasangan usia subur, wanita dalam masa childbearing (hamil, melahirkan, dan setelah melahirkan) dan bayinya sampai usia 28 hari, keluarga dengan wanita pada masa childbearing serta masalah-masalah yang berhubungan dengan seksualitas dan reproduksi dengan memperhatikan aspek legal dan etis

Manajemen kasus pada Sistem Reproduksi (klasifikasi kasus sistem reproduksi dan prioritas masalah sistem reproduksi)

Case Study, Small Group Discussion

5

Mendemonstrasikan intervensi keperawatan pada wanita usia subur (usia reproduksi), pasangan usia subur, wanita dalam masa childbearing (hamil, melahirkan, dan setelah melahirkan) dan bayinya sampai usia 28 hari, keluarga dengan wanita pada masa childbearing serta masalah-masalah yang berhubungan dengan seksualitas dan reproduksi dengan memperhatikan aspek legal dan etis.

 

1.      Manuver Leopold dan penghitungan denyut jantung janin

2.      Mengukur tinggi fundus uteri kehamilan

3.      Menentukan usia kehamilan

4.      Melakukan periksa dalam

5.      Menolong partus normal, meliputi :

a.    Melakukan observasi kemajuan persalinan (partograf)

b.    Melakukan observasi kontraksi

c.    Manajemen nyeri persalinan

d.   Melakukan amniotomi

e.    Melakukan episiotomi

f.     Menolong kelahiran bayi

g.    Membersihkan jalan nafas bayi segera setelah lahir

h.    Menghitung nilai Apgar bayi

i.      Melahirkan plasenta dan memeriksa kelengkapannya

j.      Mencegah perdarahan pada kala IV

k.    Menjahit luka episiotomi (perineorafi)

l.      Memfasilitasi bonding & attachment (inisiasi dini)

6.      Memasang CTG (cardiotocography)

7.      Melakukan pemeriksaan umum nifas

8.      Teknik menyusu

9.      Melakukan perawatan perineal

10.  Manajemen laktasi

11.  Memandikan bayi baru lahir dan merawat tali pusat

12.  Memberikan perawatan bayi sehari-hari

13.  Memberikan edukasi kesehatan

14.  Melakukan konseling keluarga

15.  Senam hamil dan nifas

Skill Laboratory

 

Daftar Rujukan:

 

Green C.J. (2012). Maternal Newborn Nursing Care Plans. Second edition. Malloy.Inc

Hanretty K.P., Santoso B.I., Muliawan E. (2014) Ilustrasi Obstetri. Edisi Bahasa Indonesia 7. Churchill Livingstone: Elsevier (Singapore) Pte.Ltd.

Klossner, J.,(2006), Introductory Maternity Nursing, Lippincott Williams & Wilkins

Lowdermilk, D.L., Perry, S.E., Cashion, M.C. (2013). Keperawatan Maternitas (2-vol set). Edisi Bahasa Indonesia 8. Mosby: Elsevier (Singapore) Pte Ltd.

Perry S.E., Hockenberry M.J., Lowdermilk D.L., Wilson D. (2014). Maternal Child  Nursing Care. 5th edition. Mosby: Elsevier Inc.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Keperawatan Medikal Bedah II
ASTUTI S. Kep., Ns., M. Kes

Keperawatan Medikal Bedah II

Penerapan ilmu dan tekhno;logi keperawatan dalam pemenuhan kebutuhan klien dewasa dengan gangguan sistem endokrin, imunologi, pencernaan dan perkemihan. Pemberian asuhan keperawatan pada kasus sistem endokrin, imunologi, pencernaan dan perkemihan berdasarkan proses keperawatan dengan mengaplikasikan ilmu biomedik seperti biologi, histologi,
biokimia,anatomi, fisiologi, patofisiologi, ilmu keperawatan medikal bedah, ilmu penyakit dalam, farmakologi,nutrisi, bedah dan rehabilitasi. Gangguan system tersebut meliputi gangguan peradangan, kelainan degenerative, keganasan dan trauma, yang termasuk
 dalam 10 kasus terbesar baik lokal, regional, nasional dan internasional. Lingkup bahasan mulai dari pengkajian sampai dengan evaluasi asuhan terhadap klien. Intervensi keperawatan meliputi terapi Modalitas Keperawatan pada berbagai kondisi termasuk terapi komplementer.

astuti., S.Kep,.Ns., M. Kes
ASTUTI S. Kep., Ns., M. Kes

astuti., S.Kep,.Ns., M. Kes

Mata kuliah ini membahas tentang upaya meningkatkan kesehatan reproduksi perempuan usia subur, ibu hamil, melahirkan, nifas, diantara dua masa kehamilan dalam kondisi berisiko dan masalah-masalah yang berhubungan dengan gangguan sistem reproduksi dengan penekanan pada upaya preventif dan promotif yang menggunkan pendekatan proses keperawatan serta memperhatikan aspek legal dan etis ditatanan klinik maupun komunitas.