
TEORI KOMUNIKASI
Mata kuliah Teori Komunikasi ini membahas mengenai teori-teori dalam
kajian komunikasi. Teori ini dibahas
berdasarkan tingkatan dalam Tindakan komnikasi, yakni teori komunikasi dalam
lingkup komunikasi intrapribadi, antar pribadi, kelompok, organisasi komunikasi
massa, new media, serta komunikasi antar budaya.

Marketing Communication
Secara umum, mata kuliah ini membahas tentang komunikasi pemasaran. Materi-materi yang akan dibahas dalam mata kuliah ini diantaranya adalah konsep dasar konsep dasar komunikasi pemasaran, teori dasar komunikasi pemasaran, perilaku konsumen, komunikasi pemasaran terpadu beserta unsur-unsurnya, proses perencanaan promosi, word of mouth dalam pemasaran, serta konsep baru dalam komunikasi pemasaran ( green marketing & e-marketing).

Ekonomi Media
Mahasiswa mampu memahami pengelolaan media
secara ekonomi, atau usaha (bisnis) media secara ekonomis dalam memenuhi kebutuhan
dan keinginan (konsumsi) untuk mencari laba juga memberi pengetahuan bagaimana
kombinasi dan sinergi dari teori dan aplikasi ekonomi pada bisnis media.
CApaian Pembelajaran
1. Mahasiswa mengetahui konsep dasar Ekonomi media
2. Mahasiswa mengetahui dan memahami bagaimana ekonomi media pada masrakat
3. Mahasiswa memahami Kegiatan ekonomi media
4. Mahasiswa mengetahui ruang lingkup media
5. Mahasiswa mengetahui dan memahami Pasar ekonomi media konvernsional dan digital
6. Mahasiswa mengetahui dan memahami persaingan dunia media
7. Mahasiswa mengetahui dan memahami kepemilikikan media dalam dunia bisnis media
8. Mahasiswa memahami teknologi dalam ekonomi media
9. Mahasiswa mengetahui industri media konvensional dan digital
Komunikasi Politik IKOM
Mata kuliah ini
memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang segala
sesuatu dalam komunikasi politik mulai dari pola unsur dan penggunaan media
dalam politik, serta dapat mengetahuui langkah-langkah strategis penggunaan
media dalam menyampaikan pesan politik
CP 1. Mahasiswa memahami Komunikasi Politik
CP 2. mahasiswa mengetahui dan memahami fungsi dan proses Komunikasi politik
CP 3. Mahasiswa memahami Pola Komunikasi Politik
CP 4. mahasiswa mengetahui dan memahami Saluran komunikasi politik
CP 5. mahasiswa mengetahui dan memahami Peran media dalam komunikasi politik
CP 6. Mahasiswa memahami dan mengetahui Media dalam Politik
CP 7. Mahasiswa memahami dan mengetahui teori-teori yang dapat di gunakan dalam komunikasi politik

Dasar-Dasar Humas / PR
Mata kuliah ini memberikan
pengetahuan kepada mahasiswa tentang segala
sesuatu dalam peran , fungsi dan cara humas dan PR berkerja di era digital melalui
konteks kelimuan Komunikasi, baik secara teoritis maupun praktis. Mata kuliah Pengantar
Humas dan PR diharapkan dapat menjawab tantangan pengembangan industri,
sehingga secara futuristik mampu memenuhi kebutuhan terkait pengembangan suatu
perusahaan baik secara nasional maupun global.

Produksi Multi Media RPL
deskripsi
Mata Kuliah ini berisikan mengenai cara Proses Produksi Penyiaran dalam bentuk team kerja di sebuah media siaran radio dan Televisi yang menyangkut proses teknik Penyiaran (multi media)
CP 1 : Menguasai keilmuan Komunikasi, Mampu berpikir kreatif & inovatif, Mampu bekerjasama dengan Tim multidisiplin, Memiliki etika & tanggungjawab profesi.
CP 2 : Menguasai Mata kuliah ini memberikan pengetahuan mengenai Proses kerja Teknik Multimedia Digital dalam pemberitaan Tv dan radio
CP 3 Luaran : Hasil Akhir Mata Kuliah Ini mahasiswa mampu mempublish siaran berita Tv maupun Radio baik dalam bentuk naskah,dubber, mengedit video berita siap siar dalam bentuK Multimedia digital

Produksi Multi Media
deskripsi
Mata Kuliah ini berisikan mengenai cara Proses Produksi Penyiaran dalam bentuk team kerja di sebuah media siaran radio dan Televisi yang menyangkut proses teknik Penyiaran (multi media)
CP 1 : Menguasai keilmuan Komunikasi, Mampu berpikir kreatif & inovatif, Mampu bekerjasama dengan Tim multidisiplin, Memiliki etika & tanggungjawab profesi.
CP 2 : Menguasai Mata kuliah ini memberikan pengetahuan mengenai Proses kerja Teknik Multimedia Digital dalam pemberitaan Tv dan radio
CP 3 Luaran : Hasil Akhir Mata Kuliah Ini mahasiswa mampu mempublish siaran berita Tv maupun Radio baik dalam bentuk naskah,dubber, mengedit video berita siap siar dalam bentuK Multimedia digital

Manajemen Bisnis Multimedia
CPL : Menguasai keilmuan Komunikasi, Mampu berpikir kreatif & inovatif, Mampu mensimulasikan proses manajemen bisnis media digital komunikasi melalui berbagai platform Multimedia
sub CPL : Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai teori, Proses manajemen bisnis serta pengelolaan perusahaan media komunikasi digital multimedia diberbagai multi platform
Deskrpsi Singkat : Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk memiliki kesiapan dalam mengelola manajemen bisnis media komunikasi digital , dengan didasari isu-isu praktis berkaitan dangan bisnis dibidang media, serta bagaimana mengelola perusahaan media pada mutli platform dalam industri media komunikasi digital.
Luaran mK : mahasiswa diharapkan dapat mensimulasikan cara kerja Manajemen Bisnis Multimedia dalam sebuah perusahaan media Digital di berbagai MultiPlatform

Kewirausahaan RPL
CPL : Menguasai keilmuan Komunikasi, Mampu berpikir kreatif & inovatif, Mampu menciptakan produk dan menjual produk menggunakan media digital komunikasi
sub CPL : Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai teori, Proses awal perencanaan usaha melalui bidang ilmu komunikasi serta menguasai digital komunikasi.
deskripsi singkat Mk : Mata Kuliah ini berisikan mengenai cara Proses Perencanaan usaha hingga cara mempublikasi dan merancang penjualan menggunakan digital komunikasi.
luaran : Mahasiswa mampu menghasilkan perencanaan dan produk umkm dan mempublikasi/ mengiklankan sendiri produk menggunakan digital komunikasi

Enterpreneur Digital/Kewirausahaan
Deskripsi singkat Mk : Mata Kuliah ini berisikan mengenai cara Proses Perencanaan usaha hingga cara mempublikasi dan merancang penjualan menggunakan digital komunikasi.
luaran : Mahasiswa mampu menghasilkan perencanaan dan produk umkm dan mempublikasi/ mengiklankan sendiri produk menggunakan digital komunikasi
CPL : Menguasai keilmuan Komunikasi, Mampu berpikir kreatif & inovatif, Mampu menciptakan produk dan menjual produk menggunakan media digital komunikasi
sub CPL : Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai teori, Proses awal perencanaan usaha melalui bidang ilmu komunikasi serta menguasai digital komunikasi.