
Perilaku Organisasi
Mata kuliah ini membahas kerangka konseptual perilaku konsumen dan berbagai isu yang relevan dalam proses pengambilan keputusan konsumen secara terpadu. Selanjutnya dibahas faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian mulai dari faktor eksternal seperti budaya, kelas sosial, dan kelompok referensi. Serta dari faktor internal seperti sikap, kepribadian, gaya hidup, persepsi, dan motivasi. |

Pendidikan Kewarganegaraan
Kewarganegaraan (Kwn) pada dasarnya membahas tentang ke-Indonesiaan yakni: menjadi warga negara yang berkepribadian Indonesia, membangun rasa kebangsaan dan mencintai tanah air Indonesia, dengan demikian akan dapat menjadi warga negara yang baik dan terdidik ( Smart and good citizen) dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara yang demokratis
Civics (Kwn) basically discusses Indonesianness, namely: becoming a citizen with an Indonesian personality, building a sense of nationality
and loving the Indonesian homeland, thereby becoming a good and educated citizen (Smart and good citizen) in people's lives, a
democratic nation and state

Pengantar Ekonomi Mikro
Mata kuliah ekonomi mikro ini diberikan kepada mahasiswa untuk memahami tentang ekonomi yang berkaitan dengan ekonomi mikro
topik yang dibahas meliputi definisi ilmu ekonomi, permintaan dan penawaran, perilaku konsumen, teori perilaku konsumen, teori
produksi, biaya produksi produksi, keuntungan perusahaan, pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar monopolistik, pasar
oligopoli, serta perputaran mesin perekonomian yang berlangsung dalam masyarakat.

MANAJEMEN PEMASARAN
Deskripsi Mata Kuliah Manajemen Pemasaran:
Pengetahuan mendalam dan pemahaman komprehensif tentang
proses pemasaran, analisis lingkungan pemasaran, pasar konsumen dan perilaku konsumen, pasar bisnis dan perilaku pembelian bisnis, desain dan strategi bauran pemasaran, produk, jasa dan merek, pengembangan produk dan siklus hidup produk, etika dan tanggungjawab sosial

Sistem Informasi Manajemen
mata kuliah sistem informasi manajemen ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang pemanfaatan sistem dalam perusahaan/organisasi di era global,infrastruktur teknologi informasi, aplikasi sistem informasi perusahaan/organisasi, membangun dan mengelola sistem.

PENGANTAR MANAJEMEN
Deskripsi Mata Kuliah:
Mata kuliah ini membahas konsep-konsep manajemen yang kompleks, dinamis selalu mengalami perubahan dan bersifat global. Pembahasan ditekankan pada pendekatan fungsional atau proses terhadap studi manajemen. Materi pembahasan mencakup semua fungsi dan kegiatan penting manajemen, fungsi-fungsi tersebut mencakup perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (leading), dan pengendalian (controlling), yang memberikan kerangka (framework) untuk menganalisis dan memahami sifat dasar pekerjaan dan keberhasilan manajerial, serta informasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja fungsi-fungsi manajerial dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif

MANAJEMEN BANK SYARIAH
I. Diskrpsi matakuliah
Mata kuliah manajemen perbankan syariah membahas konsep tata kelola operasional dan aplikasi manajemen perbankan untuk menganalisa dan memecahkan masalah-masalah kondisi manajemen perbankan syariah.
Matakuliah manajemen perbankan syariah menjelaskan sejarah dan perkembangan bank syariah, struktur organisasi bank syariah, peran dewan pengawas syariah (DPS) dan dewan syariah nasional majelis ulama indonesia (DSN-MUI), assets dan liabilities management perbankan syariah, mahasiswa di harapkan mampu meningkatkan pemahaman tentang manajemen perbankan syariah, istilah-istilah yang biasa digunakan dalam perbankan syariah dan dapat mengembangkan dan menganalisa konsep-konsep manajemen didalam perbankan syariah baik secara ilmu maupun aplikasinya.

MANAJEMEN KOPERASI DAN UMKM
Dalam mata kuliah manajemen koperasi dan UMKM di berikan kepada mahasiswa untuk bisa memahami, menganalisi hal-hal yang berkaitan dengan koperasi dan umkm yang ada di sekitaran lingkungannya. Pada mata kuliah ini ada beberapa topik atau pokok bahan yang akan dikaji meliputi: manajemen koperasi, organisasi koperasi, kinerja koperasi, manajemen pengawasan koperasi, manajemen permodalan dan SHU koperasi, manajemen pelayanan koperasi, partisifasi anggota koperasi, kewirakoperasian, karakteristik dan kontribusi UMKM, pengelolaan persedian dalam proses produksi, manajemen mutu umkm serta pengelolaan permodalan usaha umkm, manajemen pemasaran umkm, manajemen SDM koperasi dan UMKM dan kebijakan pemerintah dalam pengembangan koperasi dan umkm.

ILMU ALAMIAH DASAR
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar menjadi peletak dasar-dasar Ilmu Pengetahuan Alam sehingga mahasiswa memiliki wawasan yang luas dan matang tentang metode ilmiah dan ilmu pengetahuan secara umum

Manajemen Koperasi dan UMKM
Mata kuliah Manajemen Usaha Kecil dan Koperasi dirancang untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa agar dapat memahami konsep Usaha Kecil dan Koperasi serta perannya dalam mendukung perekonomian Indonesia. Materi yang disampaikan diantaranya memfokuskan pemahaman terhadap koperasi dan kedudukannya dalam pasar berbagai jenis pasar. Membahas tentang pengertian dan batasan usaha kecil dan koperasi, kontribusi.

Sistem Pengendalian Manajemen
Setelah menyelesaikan matakuliah ini mahasiswa dapat memahami Sistem Pengendalian Manajemen baik dari segi struktur maupun proses pengendalian manajemen. Dari segi struktur pembahasan ditekankan pada pusat pertanggung jawaban dan pengukuran kinerja, perilaku manusia dalam organisasi dan harga transfer. Sedangkan dari segi proses pembahasan ditekankan pada strategi perusahaan, pertanggungjawaban pusat pendapatan dan biaya, pertanggungjawaban Pusat laba dan Proses Pengendalian Manajemen. Adapun pokok bahasannya meliputi : Karakteristik SPM, Lingkungan pengendalian, Proses pengendalian, dan Variasi dalam pengendalian Manajemen.

Manajemen Resiko
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar mengenai konsep yang berkaitan dengan Manajemen Resiko, Macam – macam resiko, cara mengalihkan resiko, Mengidentifikasi resiko, pengukuran resiko serta cara mengendalikan resiko dalam kegiatan bisnis pada khususnya, sejak pendirian perusahaan, pengelolaan, pengembangan dan menghindaril resiko pasar, serta permasalahannya.

Manajemen Investasi & Pasar Modal
- Mata kuliah ini akan lebih banyak membahas mengenai investasi pada jenis aset finansial khususnya sekuritas (surat berharga) yang bisa diperdagangkan di pasar modal, seperti saham, obligasi, reksadana serta surat berharga derivatif lainnya (opsi dan future).
- Mahasiswa juga akan di bekali dengan pemahaman mengenai konsep dasar dari manajemen investasi, ruang lingkup pasar keuangan, return dan resiko dari investasi serta dasar-dasar pengambilan keputusan dari seorang individu ataupun perusahaan dalam membentuk portofolio investasi yang efesien dan optimal.
- Model-model keseimbangan seperti Capital Asset Pricing Model (CAPM) dan Arbitrage Pricing Theory (APT), juga akan diberikan kepada mahasiswa yang tujuannya untuk memberikan pemahaman dasar tentang bagaimana para investor meminimalisir risiko investasinya di masa yang akan datang.

P. AKUNTANSI II
Mata kuliah ini menjelaskan tentang pos-pos penting dalam laporan keuangan, prinsip dalam pengendalian intern, pelaporan dan
analisis atas persediaan, pengendalian intern atas kas dan prinsip-prinsip kas,
akuntansi atas piutang, akuntansi aktiva berwujud dan aktiva tidak berwujud, akuntansi
untuk hutang lancar dan pelaporannya serta ekuitas.

DASAR-DASAR PEMASARAN
Deskripsi Mata Kuliah:
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang Pengertian, Konsep Dasar Pemasaran, Lingkungan Pemasaran, Strategi Pemasaran, Mengidentifikasi Segmen Pasar dan Pasar Sasaran, Pasar dan Perilaku Pasar Konsumen, Pengembangan dan Siklus Hidup Produk, Desain Produk, Saluran Distribusi, Komunikasi Pemasaran, Program Promosi, Kepuasan Pelanggan, Pemasaran Elektronik, Pemasaran Internasional (global) dan Bauran Pemasaran Bisnis

MANAJEMEN PERBANKAN
Dalam perkuliahan ini dibahas pengertian bank, fungsi dan peranan bank dalam perekonomian, peranan dan
fungsi BI, konsep-konsep manajemen bank, terutama pada jenis bank konvensional, yang meliputi manajemen
aktiva-pasiva, manajemen keuangan bank, manajemen pemasaran bank dan manajemen risiko bank beserta
pengelolaan perbankan secara operasional dan aplikatif

Sistem Informasi Manajemen

Pengantar Aplikasi Komputer
Mata kuliah ini mengkaji serta memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai konsep dasar dalam aplikasi komputer. Dimana pembahasan meliputi: pengenalan perangkat keras dan perangkat lunak pada komputer, Konfigurasi & sistem komputer, Interkonektivitas didalam jaringan computer, melakukan perhitungan dan membuat grafik pada lembar kerja (worksheet), penyusunan materi presentasi, serta melakukan kegiatan secara online (internet) dalam dunia kerja dan pendidikan pada khususnya.

PERILAKU KEORGANISASIAN
Tantangan utama yang dihadapi oleh setiap pimpinan organisasi baik organisasi pemerintah maupun organisasi swasta adalah persoalan-persoalan dalam organisasi yang cenderung semakin kompleks sejalan dengan berbagai karakter dan perilaku manusia berlanjut menjadi . Oleh sebab itu seorang pimpinan sangat dituntut peranannya untuk bagaimana memahami perilaku organisasi. Perilaku organisasi hakikatnya berdasarkan pada ilmu perilaku itu sendiri yang dikembangkan dengan pusat perhatiannya pada tingkah laku manusia dalam suatu organisasi. Kerangka dasar bidang pengetahuan ini didukung paling sedikit dua komponen, yakni individu-individu yang berperilaku dan organisasi formal sebagai wadah dari perilaku tersebut. Mata Kuliah ini menyajikan tentang pengantar, sejarah dan latar belakang perilaku organisasi, kedudukan manusia dalam organisasi, prilaku individu dalam organisasi, prilaku kelompok dalam organisasi, persepsi dan komunikasi, kepemimipinan dan kekuasaan, nilai, sikap dan kepuasan kerja, motivasi dalam organisasi, budaya organisasi, dan perubahan serta pengembangan organisasi.