
Kewirausahaan dan Inovasi Bisnis
Mata kuliah kewirausahaan mengajarkan bagaimana menjadi wirausahawan yang memiliki ide atau gagasan usaha menjadi suatu lapangan usaha dan
dengan memahami situasi dan kondisi yang terjadi disekitar dapat mencetak wirausahawan yang sukses dan dapat menciptakan lapangan kerja bagi
orang lain. Mata kuliah tersebut juga merupakan implementasi dari berbagai teori yang diajarkan dalam kewirausahaan sehingga mahasiswa diharapkan
dapat menjadi wirausahawan baru yang memiliki ide dan implementasi mengenai lapangan usaha baru yang dapat memajukan perekonomian pribadi,
perusahaan, agama, dan negara.

Pengantar Antropologi Sosial
Mata kuliah ini membahas tentang konsep antropologi sosial yang mencakup tentang manusia dalam hubungan antar manusia maupun dengan lingkungan begitu pula dengan kaitannya dengan ilmu lain, pranata sosial dalam masyarakat, kebudayaan serta kepribadian, peradaban, dinamika masyarakat, akulturasi dan asimilasi, sistem kekerabatan serta sistem sosial indonesia.

Psikologi Sosial
Mata kuliah ini membahas tentang Psikologi Sosial yang mencakup tentang hubungan Psikologi dengan ilmu lain, hubungan antar kelompok, individu dalam kelompok, interaksi sosial, kepemimpinan, motif sosial, pengambilan keputusan, pengaruh sosial dan kontrol pribadi, pengertian psikologi sosial, persepsi sosial, perubahan sosial, prasangka sosial, public opinion, dan tingkah laku massa.

Administrasi dan Ekonomi Kreatif
Mata
kuliah Ekonomi Kreatif merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa S-1 Program
Studi Ilmu Adminitrasi Negara FISIP UIT.
Dalam Mata kuliah ini mahasiswa
mempelajari berbagai pengetahuan konsep dasar ekonomi kreatif, sejarah
perkembangan ekonomi kreatif, konsep kreativitas dan inovasi, konsep kota kreatif,
industry kreatif, dan daya saing ekonomi kreatif
dan industri kreatif.
Dalam mata kuliah
ini mahasiswa mendiskusikan pengembangan industry kreatif
dan potensi kota kreatif yang memiliki kontribusi IPTEK dan pengembangan budaya. Melalui kegiatan perkuliahan tatap muka/tatap maya dan tugas terstruktur yang berorientasi
student centre diharapkan mahasiswa memahami
konsep dasar ekonomi kreatif. pengembangan kota kreatif dan menyusun rancangan
bisnis kreatif. Penilaian proses yang dilaksanakan
saat proses pembelajaran berlangsung. Penilaian hasil belajar dilaksanakan pada
tengah semester dengan teknik tes tertulis dan akhir semester dengan menilai proposal
usaha produk kreatif. Nilai akhir mata kuliah ini menggunakan Penilaian Acuan Patokan.

KOMUNIKASI DAN ADVOKASI KEBIJAKAN
Mata kuliah ini mahasiswa akan belajar tentang bagaimana peranan komunikasi dalam proses mempengaruhi kebijakan maupun merubah kebijakan publik. Dalam mata kuliah ini pula mahasiswa akan belajar konsep dan mendalami bagaimana melakukan advokasi kebijakan publik dari mulai memilih Isu Advokasi, merancang sasaran, menyusun strategi advokasi, mengolah data dan mengemas informasi, menggalang pendukung dan membangun barisan gerakan, membentuk pendapat umum hingga memantau dan evaluasi program advokasi.

SISTEM EKONOMI INDONESIA
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang teori Sistem Ekonomi Indonesia. Mata kuliah Sistem Ekonomi Indonesia mengulas tentang histori perkembangan sistem perekonomian dan pembangunan ekonomi Indonesia. Melalui mata kuliah ini, peserta didik diharapkan mampu memahami sistem ekonomi Indonesia secara historical dan mengasah pemikiran kritis peserta didik dalam memahami kondisi ekonomi Indonesia.

Publik Speaking
Mata kuliah ini
diharapkan mahasiswa mampu mengetahui dan menguasai baik teori maupun praktek seni berbicara serta kemampuan
softskill mahasiswa dalam mengaplikasikan seni berbicara di depan public